Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas (Puncak Tertinggi Rancaupas, Tempat Asik Untuk Berburu Sunset)

Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas

Ingin liburan di Bandung tapi bosan untuk menginap di hotel atau apartemen? Pernahkah mencoba untuk memilih camping dan membuka kemah sendiri?. Jika ingin mencoba hal tersebut, maka kamu bisa memilih Kampung Cai Rancaupas yang ada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Ditempat ini kamu bisa merasakan sensasi berkemah di hutan namun dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni.

Ditempat ini kamu tak perlu khawatir akan tempat yang sempit, toilet yang terbatas dan jauh kemana-mana. Karena di area Kampung Cai Rancaupas ini semua sudah tersedia mulai dari toilet yang banyak, warung yang menjual makanan dan minuman, hingga café kopi pun sudah tersedia. Selain terkenal dengan penangkaran rusanya yang instagramable, Kampung Cai Rancaupas juga ternyata memiliki spot puncak gunungnya yang belum banyak orang tahu, namanya adalah Cadas Panjang.

Berada pada ketinggian sekitar 2066 meter diatas permukaan laut, untuk bisa mencapai lokasi ini kamu perlu berjalan kaki dan sedikit mendaki selama kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat kemah Kampung Cai Rancaupas. Tapi rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan indahnya pemdangan alam di Cadas Panjang ini.

Puncak Tertinggi Rancaupas, Tempat Asik Untuk Berburu Sunset

Tak banyak yang mengetahui bahwa Rancaupas memiliki puncak tertinggi yang bernama Cadas Panjang. Tempat ini berasal dari dua suku kata yaitu cadas dan panjang, cadas yang berarti lapisan tanah yang keras atau batu yang terjadi dari padatan pasir atau tanah. Jadi apabila diartikan secara harfiah Cadas Panjang adalah suatu tempat dimana terdapat dataran yang berupa batu yang keras. Dan sesuai namanya pula, Cadas Panjang ini memiliki kontur puncak gunung yang berupa batu yang keras dan memanjang.

Ditempat ini kamu bisa melihat pemandangan kawasan Ciwidey dan Rancabali sejauh 360 derajat. Dan dari tempat ini pula kamu bisa melihat gagahnya bekas letuhan Gunung Patuha yang kini menyisakan cekungan Ciwidey, selain itu dari kejauhan kamu bisa melihat indahnya romantisme dari Situ Patengan. Dan kini kawasan Cadas Panjang semakin cantik dengan adanya jembatan bambu yang cocok banget untuk keperluan feeds instagram.

Selain bisa melihat keindahan pemandangan barisan gunung yang menghiasi kawasan Ciwidey dari atas puncak, selama menyusuri jalan setapak menuju Cadas Panjang kamu akan ditemani oleh rimbunnya tumbuhan alami khas pegunungan. Dan yang paling unik adalah ditempat ini pula kamu bisa menemukan tumbuhan pemakan serangga yang langka bernama kantung semar. Karena kawasan ini merupakan tempat vegetasi alami dari tanaman kantung semar, anggrek dan tanaman hutan tropis lainnya.

Fasilitas Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas

Saat ini Cadas Panjang yang berada di area kawasan Kampung Cai Rancaupas telah dikelola oleh pemerintah dibawah naungan Perhutani Bandung Selatan. Fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung pun sudah cukup lengkap, seperti area camping ground, lahan parkir kendaraan yang luas, masjid, toilet di beberapa titik, hingga deretan warung yang menjual makanan dan minuman yang beragam. Sedangkan fasilitas umum yang berada di kawasan Cadas Panjang hanyalah area jembatan bambu dan sebuah toilet sederhana yang dekat dengan puncak Cadas Panjang.

Harga Tiket Masuk Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari Cadas Panjang, kamu hanya perlu merogoh kocek tiket masuk Kampung Cai Rancaupas sebesar 20.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang perlu dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 5.000 rupiah/motor dan 10.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Lokasi/Alamat Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas

Cadas Panjang ini berlokasi di kawasan Kampung Cai Rancaupas, Jl. Raya Ciwidey – Patengan Km. 11, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973.

Rute Menuju Cadas Panjang Kampung Cai Rancaupas

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Cadas Panjang yang lokasinya berada di dalam area Kampung Cai Rancaupas ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan explore ke Cadas Panjang yang indah dan sekaligus menemui tanaman langka kantung semar?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: