Curug Siliwangi Gunung Puntang (Air Terjun Megah yang Diselimuti Hal Ghaib dan Mistis)

Curug Siliwangi Gunung Puntang

Bandung dan sekitarnya memang tak pernah habis dalam menyuguhkan pesonanya yang sangat indah. Beberapa daerah disekitar Bandung yang memiliki topografi tanah berbukit dan berjajar pegunungan membuatnya banyak menyimpan wisata alam yang tergolong masih alami dan anti mainstream. Salah satunya adalah Curug Siliwangi yang berada di area kawasan Taman Wisata Alam Gunung Puntang.

Curug Siliwangi bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat kota Bandung. Meskipun berada di area Gunung Puntang, keberadaan dari air terjun ini ternyata tak banyak yang mengetahuinya. Akses jalan yang sulit dan minimnya plang petunjuk jalan adalah penyebab dari air terjun ini masih terbilang asri dan juga anti mainstream.

Untuk bisa melihat keindahan Curug Siliwangi juga terbilang cukup ekstrim, kamu akan diajak untuk trekking sejauh kurang lebih 5 km dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam sekali jalan. Namun, rasa lelah yang dirasakan akan terbayar setelah melihat keindahan dari Curug Siliwangi ini. Air terjun ini memiliki tinggi air sekitar 150 meter dengan ketinggian sebesar 1700 meter diatas permukaan laut (mdpl). Karena letaknya yang berada jauh didalam hutan, Curug Siliwangi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang. Namun, air terjun ini tak direkomendasikan untuk kamu yang ingin membawa anak kecil karena medan yang sulit dan beberapa kali harus melewati aliran sungai.

Air Terjun Megah yang Diselimuti Hal Ghaib dan Mistis

Selain memiliki pesona kemegahan yang dihadirkan oleh tingginya air yang terjun dari Curug Siliwangi, air terjun ini memiliki keindahan lain yaitu asrinya alam sekitar yang masih alami tanpa banyak campur tangan dan aktifitas manusia. Dan yang paling menyenangkan adalah airnya yang dingin dan sangat jernih. Saking jernihnya, air yang mengalir dari Curug Siliwangi ini bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Dan sebagian masyarakat sekitar Gunung Puntang pun memercayai bahwa air dari Curug Siliwangi memiliki khasiat seperti pengobatan, awet muda, hingga sebagai syarat untuk keperluan sesajen atau ritual magis lainnya.

Cerita mulut ke mulut mengenai Curug Siliwangi ini cukup terkenal di sebagian masyarakat Sunda, khususnya yang tinggal di daerah Banjaran dan sekitarnya. Dipercaya tempat ini merupakan salah satu petilasan dari Prabu Siliwangi, yang tak lain dan bukan adalah Maharaja dari Kerajaan Pajajaran. Dikisahkan bahwa sang Prabu pernah beristirahat di tempat ini dan menyimpan pedang di salah satu batu yang ada di Curug Siliwangi. Hingga kini batu tersebut pun dinamai sebagai Batu Pedang. Dan penamaan dari Curug Siliwangi pun diambil dari nama Prabu Siliwangi.

Selain dipercaya memiliki khasiat yang beragam, Curug Siliwangi juga dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki nilai kesakralan yang tinggi. Bagi mereka yang percaya Curug Siliwangi memiliki tuah yang sangat keramat dan dijaga langsung oleh sang Prabu. Hal itu terlihat dari beberapa orang yang sengaja datang ke tempat ini untuk melakuan ritual seperti tapa brata dan kegiatan spiritual lainnya. Beberapa cerita mengenai mitos keberadaan curug ini banyak tersebar salah satunya adalah “kerajaan ghaib” yang berada di dekat Curug Siliwangi, masyarakat percaya bahwa kerajaan ghaib tersebut adalah salah satu pasukan ghaib yang dipimpin langsung oleh Prabu Siliwangi.

Ada mitos lain yang menyelimuti tempat Curug Siliwangi. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Curug Siliwangi sebelumnya harus meluruskan niat, dan tak boleh memiliki niat buruk ketika berjalan menuju air terjun ini. Apabila memiliki niat yang buruk, maka tak akan menemukan jalan yang benar dan bahkan akan tersesat menuju hutan yang terdalam. Dan ketika sampai di lokasi air terjun yang harus dilakukan pertama kali adalah menatapnya dan tak boleh membelakangi atau berjalan mundur. Ketika proses menatap untuk pertama kali tersebut telah dilakukan, kamu boleh membelakanginya untuk berfoto dan kegiatan lainnya.

Fasilitas Curug Siliwangi Gunung Puntang

Saat ini Curug Siliwangi yang berada di area kawasan Taman Wisata Alam Gunung Puntang telah dikelola oleh pemerintah dibawah naungan Perhutani Bandung Selatan. Fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung pun sudah cukup lengkap, seperti area camping ground, lahan parkir kendaraan yang luas, masjid, toilet di beberapa titik, hingga deretan warung yang menjual makanan dan minuman yang beragam.

Harga Tiket Masuk Curug Siliwangi Gunung Puntang

Untuk bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Curug Siliwangi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 20.000 rupiah/orang.

Lokasi/Alamat Curug Siliwangi Gunung Puntang

Curug Siliwangi ini berlokasi di Kawasan Gunung Puntang, Desa Campakamulya, Kec. Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40375.

Rute Menuju Curug Siliwangi Gunung Puntang

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Curug Siliwangi yang lokasinya berada di dalam area Gunung Puntang ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan explore ke Curug Siliwangi yang megah dan memiliki mitos ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

2 respons untuk ‘Curug Siliwangi Gunung Puntang (Air Terjun Megah yang Diselimuti Hal Ghaib dan Mistis)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: