Kampung Bolang Cibuluh Subang (Desa Wisata Berbasis Alam yang Pas Untuk Berpetualang)

Kampung Bolang Cibuluh Subang

Indonesia yang kawasannya terbentang dari Sabang sampai Merauke memang kaya akan adat dan budayanya. Bila di Lombok ada Desa Adat Sade, lalu di Tasikmalaya ada Kampung Naga, maka di Subang juga ada Kamung Bolang Cibuluh. Sesuai dengan namanya, desa wisata yang unik satu ini berlokasi di Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang. Subang yang sejak dahulu terkenal dengan hasil perkebunannya berupa buah nanas ternyata menyimpan pesona adat budaya yang tersimpan di Desa Cibuluh.

Berjarak sekitar 30 km dari Kota Subang, desa wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat atau pun roda dua dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Sebagai sebuah desa wisata, selama perjalanan menuju desa wisata ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang asri khas pedesaan seperti hijaunya panorama alam pedesaan, ladang pesawahan, sungai yang mengalir dengan airnya yang jernih, air terjun, rimbunnya pepohonan di sekitar desa, hingga keramahan masyarakat desa yang siap menerima kedatanganmu. Selain itu Desa Cibuluh ini terkenal dengan budidaya ikan air tawarnya, sehingga kamu akan menemukan beberapa usaha peternakan ikan dengan kolam-kolamnya yang jernih.

 

Desa Wisata Berbasis Alam yang Pas Untuk Berpetualang

Kampung Bolang yang berada di Desa Cibuluh ini sangat pas untuk dijadikan tempat berlibur, khususnya bagi orangtua yang ingin memberikan pendidikan yang berhubungan dengan adat dan budaya Sunda. Selain itu di Kampung Bolang ini para wisatawan yang berkunjung akan diajak untuk terjun langsung dan merasakan sensasi bermain ala anak-anak desa yang semuanya berbasis alam, seperti permainan jajangkungan awi, kelom awi, momotoran awi, dan permainan kampung lainnya.

Selain fasilitas untuk anak-anak, Kampung Bolang ini juga menyediakan fasilitas edukasi untuk orang dewasa seperti menanam padi, mencangkul sawah hingga melihat langsung pembuatan makanan tradisional yang menjadi ciri khas dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Desa Cibuluh.

Selain wisata edukasinya yang menarik, ada hal lain yang lebih unik dari Kampung Bolang ini, yaitu terdapatnya sebuah bangunan berbentuk leuit. Leuit yang terkenal dalam budaya Sunda adalah sebuah tempat penyimpanan padi atau lumbung. Secara umum leuit yang ada di Sunda berbentuk rumah panggung yang dibuat dari kayu dengan dinding berupa bilik bamboo. Sama seperti sebuah rumah, leuit juga dilengkapi oleh sebuah pintu pada bagian depan yang berukuran kecil dan hanya muat dimasuki oleh satu orang saja.

Sebuah leuit biasanya dibangun terpisah dari rumah dan umumnya berada di halaman. Fungsi utama dari sebuah leuit adalah sebagai alat penyimpan padi agar tahan lama selama beberapa waktu, maka dari itu leuit dibangun sedemikian rupa agar tahan cuaca hujan dan panas. Sebagai kepemilikan individual, leuit juga berfungsi sebagai penanda status sosial seseorang di masyarakat. Semakin banyak leuit yang ia miliki, maka semakin tinggi pula status sosial yang dimiliki.

Selain bisa dimiliki oleh sebuah keluarga, status leuit juga bisa dimiliki oleh sebuah kampung. Secara sukarela dan gotong royong masing-masing keluarga menyimpan hasil sawah berupa padi kedalam leuit. Dan padi yang ada didalam leuit bisa digunakan oleh warga satu kampung tersebut baik itu untuk acara tertentu atau pun kepentingan yang mendesak seperti terjadi musim paceklik (musim kering), bencana alam, hingga kebutuhan acara desa dan ritual kampung.

Yang paling unik dari leuit yang berada di Kampung Bolang ini adalah umur dari leuit itu sendiri yang telah berumur lebih dari 100 tahun. Leuit tua yang bernama Leuit Bolang ini diperoleh Bapak Zaini Alif yang juga pendiri Kampung Bolang dari hasil pencariannya ke penjuru Subang. Leuit yang diperoleh oleh Bapak Zaini berasal dari perbatasan Kabupaten Subang dan Sumedang. Saat ditemukan leuit ini bentuknya sudah memprihatinkan dan berlumut. Ia pun merenovasi leuit tersebut dan kini berada di kawasan Kampung Bolang.

 

Fasilitas Kampung Bolang Cibuluh Subang

Sebagai sebuah desa wisata, Kampung Bolang Cibuluh Subang yang saat ini dikelola oleh perseorangan (swasta) telah memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya seperti lahan parkir kendaraan, toilet, mushola dan juga beberapa fasilitas umum lainnya seperti penginapan, lapang dan saung untuk pagelaran sebuah pertunjukan.

Harga Tiket Masuk Kampung Bolang Cibuluh Subang

Tak perlu merogoh dompet terlalu dalam untuk bisa menikmati keindahan alam dan edukasi adat budaya yang ada di Kampung Bolang Cibuluh Subang ini. Berikut adalah rincian tiket masuk Museum Gedung Sate:

Tiket masuk : Rp. 2.500/orang (untuk biaya kebersihan)

Parkir motor : Rp. 2.000/motor

Parkir mobil : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket masuk Kampung Bolang Cibuluh Subang dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Kampung Bolang Cibuluh Subang

Kampung Bolang Cibuluh Subang ini berlokasi di Desa Cibuluh, Kec. Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41284.

Rute Menuju Kampung Bolang Cibuluh Subang

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Kampung Bolang Cibuluh Subang yang berada di Desa Wisata Cibuluh ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Kampung Bolang Cibuluh Subang dan melihat leuit yang sudah berumur tua ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: