Curug Tunan Katumiri (Air Terjun Kembar yang Menawan di Subang)

Curug Tunan Katumiri

Jika kamu bosan berwisata di kawasan Lembang, kawasan Subang yang bertetanggan langsung dengan Lembang ini bisa jadi salah satu alternatif wisata yang terdekat. Berjarak hanya beberapa kilometer dari Lembang, kabupaten Subang banyak menyimpan tempat wisata alam yang tergolong masih anti mainstream. Salah satunya adalah Curug Tunan Katumiri.

Berlokasi di Kampung Dangdeur, Desa Sanca, Kecamatan Ciater, Curug Tunan Katumiri ini menawarkan pesona alam Subang yang eksotis dan indah. Sebelum tiba di curug, kamu akan melewati pematang sawah yang terhampar hijau seperti permadani yang sedang dibentangkan. Selain itu pemandangan dari perkebunan nanas khas Subang menambah keindahan alam di sekitar curug ini.

Air Terjun Kembar yang Menawan di Subang

Curug Tunan Katumiri ini memiliki nama yang diambil dari serapan bahasa Sunda, “curug” yang berarti air terjun, “tunan” yang berarti undakan, dan “katumiri” yang berarti pelangi. Jadi, apabila digabungkan akan memiliki arti sebagai air terjun berundak dengan sebuah pelangi. Penamaan itu didasarkan atas topografi dari air terjun ini yang memiliki dua undakan air terjun, selain itu untuk menuju air terjun ini harus menuruni bukit terlebih dahulu.

Dan jika kamu beruntung dan datang pada saat yang tepat, maka kamu akan melihat guratan busur pelangi yang membentang di air terjun ini. Hal itu disebabkan oleh adanya pembiasan cahaya. Cahaya matahari yang melewati hembusan air dari curug akan dibiaskan melewatinya. Proses pembiasan ini yang kemudian memisahkan cahaya putih menjadi spektrum warna pelangi seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Karena keunikan dari bentuk air terjun ini yang berundak dan sering terlihat busur pelangi, maka masyarakat pun menyebut air terjun ini sebagai Curug Tunan Katumiri.

Keunikan lainnya yang paling mencolok dari Curug Tunan Katumiri ini adalah bentuknya yang kembar. Curug ini seolah seperti berpasangan, dan berbeda dengan air terjun lainnya yang kebanyakan hanya memiliki satu terjunan air. Apabila dilihat secara seksama, curug ini sekilas terlihat mirip dengan Curug Cinulang yang ada di Cicalengka, atau Curug Panganten yang ada di Pangalengan, Kabupaten Bandung karena sama-sama memiliki dua terjunan air yang sangat mirip dan kembar.

Fasilitas Curug Tunan Katumiri

Meskipun sudah dikelola secara swadaya oleh masyarakat, Curug Tunan Katumiri ini belum memiliki fasilitas umum apa pun yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya. Bahkan untuk sekedar memarkirkan kendaraan pun harus ikut ke rumah warga yang terdekat dari Curug Tunan Katumiri.

Harga Tiket Masuk Curug Tunan Katumiri

Belum ada biaya tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung alias gratis untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang disuguhkan oleh Curug Tunan Katumiri ini.

Lokasi/Alamat Curug Tunan Katumiri

Curug Tunan Katumiri ini berlokasi di Kampung Dangdeur, Desa Sanca, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281.

Rute Menuju Curug Tunan Katumiri

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Curug Tunan Katumiri yang lokasinya dekat dengan pemandian air panas Ciater ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan explore ke Curug Tunan Katumiri yang memiliki dua aliran air terjun ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: