Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang (Benteng Belanda Futuristik di Tempat Tertinggi dengan Pemandangan Super Epik)

Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang

Jika kamu menyukai wisata sejarah khususnya yang berbau dengan masa kolonialisme Belanda, mengunjungi kota Bandung adalah sebuah pilihan yang tepat. Di seantero penjuru kota ini banyak bertebaran bangunan monumental yang bersejarah dan masih terawat hingga kini. Tak hanya ditengah kota Bandung saja, tapi bangunan bersejarah juga banyak tersebar di beberapa daerah sekitar Bandung. Seperti kawasan Padalarang yang dahulu merupakan jalur hilir mudik kereta api hingga kini. Tak heran jika di kawasan ini terdapat bangunan benteng dan bunker yang dahulu digunakan sebagai tempat pengintaian.

Salah satu benteng dan bunker yang masih bisa dilihat hingga kini di kawasan Padalarang, Kabupate Bandung Barat adalah Benteng Tangkil. Benteng Tangkil merupakan salah satu benteng dan sekaligus bunker yang dibangun oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1912-1918. Hanya sedikit catatan sejarah mengenai pembangunan benteng dan bungker ini, namun masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Benteng Tangkil, hal itu karena pada era 80-90an di kawasan Benteng Tangkil ini banyak ditumbuhi oleh tanaman melinjo, atau yang dalam bahasa sunda berarti “tangkil”.

 

 

Benteng Belanda Futuristik di Tempat Tertinggi dengan Pemandangan Super Epik

Benteng Tangkil ini dipercaya dibangun dibawah pimpinan Tuan Bengkok dan Tuan Jackson yang saat itu merupakan pimpinan militer pemerintah Belanda yang menguasai kawasan Bandung Barat. Sama seperti kebanyakan benteng dan bungker lainnya yang dibangun diatas bukit atau gunung, letak dari Benteng Tengkil ini juga sama yaitu dibangun diatas sebuah bukit. Hal itu dimaksudkan agar lebih leluasa dalam aktifitas pemantauan, karena dari ketinggian inilah mampu melihat secara jelas pesawat tempur yang datang, dan sekaligus melihat aktifitas kota yang ada dibawahnya.

Benteng Tangkil ini memiliki ukuran sekitar 2,5 m x 3 m dengan ruangan yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Selain memiliki bangunan utama dengan ukuran yang panjang, Benteng Tangkil ini juga dilengkapi oleh benteng dan bunker dengan bentuk yang sama namun berukuran lebih kecil dan dibangun mengelililingi bangunan utama. Apabila dilihat tata letak pembangunan Benteng Tangkil ini dibuat melingkar seperti Gedung Pentagon yang ada di Amerika Serikat.

Berbeda dengan benteng dan bunker lainnya yang ada di kawasan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Benteng Tangkil ini memiliki pemandangan super menawan dan epik, dari tempat ini kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat dengan sangat jelas. Dari tempat ini kamu bisa melihat barisan pegunungan yang mengitari Bandung Barat dan juga pemandangan kota dari puncak gunung. Meskipun berada di puncak gunung, lokasi Benteng Tangkil ini juga sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan, dan tak perlu mendaki selama berjam-jam.

Apabila zaman dahulu Benteng Tangkil ini digunakan sebagai basis pertahanan dan pemantauan, berbeda dengan masa kini yang berubah fungsi menjadi objek wisata sejarah. Meskipun Benteng Tangkil ini telah didaftarkan sebagai situs sejarah, namun sayang hingga saat ini belum dikelola secara resmi baik itu oleh pihak pemerintah, aparat desa, maupun swasta. Hal tersebut terlihat dari lahan di area benteng ini yang dijadikan sebagai perkebunan warga.

 

Fasilitas Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang

Meskipun Benteng Tangkil ini adalah peninggalan sejarah, tapi sampai sekarang bangunan dan area kawasan benteng dan bunker ini masih belum dikelola secara resmi dan dijadikan objek wisata sejarah di Bandung Barat khususnya kawasan Padalarang. Maka dari itu belum ada fasilitas apa pun untuk pengunjung yang datang, bahkan sekedar penunjuk jalan menuju lokasi pun belum tersedia.

Harga Tiket Masuk Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang

Untuk dapat mengunjungi Benteng Tangkil, kamu tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Keterangan : Perubahan harga tiket Benteng Tangkil ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang

Secara administratif, Benteng Tangkil ini berlokasi di Desa Mekarjaya, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40556.

Rute Menuju Benteng Tangkil Cikalong Wetan Padalarang

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Benteng Tangkil yang berada tak jauh dari akses jalan raya utama Cikalong Wetan Padalarang ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berwisata sejarah ke Benteng Tangkil ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: