Benteng Gedong Dalapan (Jejak Tentara Belanda Saat Menginvasi Bandung Barat)

Benteng Gedong Dalapan

Indonesia tak hanya kaya akan kekayaan alam dan warisan budayanya, tapi Indonesia juga memiliki warisan sejarah yang sudah semestinya kita rawat hingga anak cucu kita nanti. Hal itu karena di Indonesia banyak tersimpan bangunan dan sisa perjuangan saat melawan penjajah dulu. Salah satu bangunan saksi bisu akan kedatangan bangsa Belanda di Indonesia masih terekam di bangunan bekas benteng peninggalan Belanda, tepatnya berlokasi di Kabupaten Bandung Barat yang bernama Benteng Gedong Dalapan.

Benteng Gedong Dalapan adalah sebuah bangunan berbentuk benteng dan bunker yang dibangun oleh pemerintah Belanda sekitar tahun 1912 dan selesai pada tahun 1918. Menurut catatan yang ada benteng dan bunker ini berhasil dibangun dibawah pimpinan bernama Tuan Bengkok dan Tuan Jackson. Pada awalnya pembangunan dari benteng dan bunker ini adalah sebagai basis pertahanan, tempat penyimpanan senjata, tempat mengeksekusi musuh, hingga tempat pengintaian.

Belum ada catatan sejarah yang menyebutkan secara pasti nama dari bangunan benteng dan bunker ini, namun masyarakat sekitar menyebut bangunan ini sebagai Benteng Gedong Dalapan, hal itu didasarkan karena benteng dan bunker ini memiliki ruangan dan pintu utama yang berjumlah delapan, serta dilengkapi oleh 16 buah jendela.

Jejak Tentara Belanda Saat Menginvasi Bandung Barat

Benteng dan bunker yang berada di Perbukitan Pasir Gagak ini dibangun pada lahan seluas 20 hektare dengan bagian utama bangunan memanjang dari selatan ke utara dan menghadap ke arah timur. Untuk ukuran sendiri, Benteng Gedong Dalapan ini memiliki ruangan berbentuk persegi yang masing-masing berukuran sekitar 2,5 m x 3 m. Dengan letaknya yang berada tepat di puncak bukit, menjadikan letak dari benteng dan bunker ini sangat strategis dalam mengintai keberadaan musuh, terutama pesawat tempur yang sedang melintas dikawasan Bandung Barat. Selain itu keberadaan dari Benteng Gedong Dalapan ini tertutup dan terlindungi oleh tanaman, menjadikan benteng dan bunker ini mampu berkamuflasi dengan lingkungan disekitarnya.

Selain terdapat bangunan utama benteng yang memanjang dengan delapan pintunya, benteng dan bunker ini juga memiliki bangunan yang serupa namun berukuran lebih kecil yang berjumlah tiga dan mengelilingi bangunan utama. Dan pada area depan benteng terdapat sebuah bangunan dengan ukuran memanjang yang menyerupai seperti gerbang masuk area Benteng Gedong Dalapan.

Pasca kekalahan tentara Belanda, area benteng dan bunker ini sempat dikuasai oleh pihak tentara Nippon atau Jepang. Barulah setelah beberapa tahun kemudian area ini berhasil dikuasai oleh tentara Indonesia. Namun sebelum berhasil direbut, benteng dan bunker ini sempat dirusak oleh tentara Indonesia. Hal itu sengaja dilakukan agar tempat ini tak kembali dikuasai oleh penjajah yang mencoba menginvasi kembali area Bandung Barat.

Bangunan Benteng Gedong Dalapan saat ini berada pada daerah kekuasaan militer TNI Kabupaten Bandung Barat. Namun sangat disayangkan keberadaannya seakan tak terurus dan semakin rusak karena ditelan oleh zaman. Hampir seluruh area dari Benteng Gedong Dalapan ini dijadikan area perkebunan warga yang ditanami oleh komoditi perkebunan seperti jagung, singkong, kacang tanah dan sayuran lainnya. Selain itu benteng dan bunker ini semakin rusak akibat aktivitas vandalisme dan penjarahan terhadap besi-besi tua dan para pemburu harta karun yang mempercayai bahwa benteng dan bunker ini menyimpan harta milik pemerintah Belanda.

Fasilitas Benteng Gedong Dalapan

Meskipun Benteng Gedong Dalapan ini adalah peninggalan sejarah, tapi sampai saat sekarang bangunan dan area kawasan benteng dan bunker ini masih belum dikelola secara resmi dan dijadikan objek wisata sejarah di Bandung Barat. Maka dari itu belum ada fasilitas apa pun untuk pengunjung yang datang, bahkan sekedar penunjuk jalan menuju lokasi pun belum tersedia.

Harga Tiket Masuk Benteng Gedong Dalapan

Untuk dapat mengunjungi Benteng Gedong Dalapan, kamu tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Keterangan : Perubahan harga tiket Benteng Gedong Dalapan ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Benteng Gedong Dalapan

Secara administratif, Benteng Gedong Dalapan ini berlokasi di Perbukitan Pasir Gagak, RT. 02 RW 03, Desa Karanganyar, Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute Menuju Benteng Gedong Dalapan

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Benteng Gedong Dalapan yang berada dekat sekali dengan Waduk Saguling ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berwisata sejarah ke Benteng Gedong Dalapan ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: