Gedung Nedhandel NV (Jejak Perusahaan Dagang Pengganti VOC)

Gedung Nedhandel NV

Gedung bergaya neo klasik ini dibangun pada tahun 1912 oleh dua orang arsitek kenamaan berkebangsaan Belanda yang bernama Hulswit Vermen dan Edward Cuypers, bahkan menurut kabar yang beredar bahwa material bangunan gedung ini turut didatangkan langsung dari tanah Eropa. Pada awalnya kantor ini dibangun sebagai kantor Nederlandsche Handel Maatchappij (NHM) NV yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan. Pada zamannya dahulu, perusahaan ini memberikan sokongan penting pada bidang perekonomian di Hindia Belanda.

Telah banyak perusahaan yang mendapatkan dukungan ekonomi dalam pendirian usahanya salah satunya adalah Jan Reerink yang merupakan perusahaan penggilingan beras di Cirebon yang ingin membuat pengeboran minyak di kawasan Cibodas Gunung Ciremai di pada tahun 1871,  walaupun akhirnya tidak sepenuhnya terlaksana dikarenakan dukungan dana dari NHM terhenti di tahun 1876.

Memasuki tahun 1960 gedung ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia yang kemudian namanya berubah menjadi Bank Expor-Impor (Exim). Selanjutnya di tahun 1999 bank ini melakukan merger dengan Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) yang kemudian melahirkan satu bank baru yang bernama Bank Mandiri. Kini gedung ini termasuk kedalam salah satu cagar budaya yang dilindungi pemerintah kota dan sekarang digunakan sebagai kantor Region Credit Operation Bank Mandiri.

Jejak Perusahaan Dagang Pengganti VOC

Pada pertengahan abad ke-18 setelah persekutuan dagang Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) bangkrut yang diakibatkan beberapa faktor seperti korupsi yang merajalela dan dilakukan pegawainya, banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk peperangan, banyaknya gaji karyawan yang harus dibayar karena kekuasaan yang luas, hingga bertambahnya saingan dagang di Asia dan sebagainya. Untuk menggantikannya, atas prakarsa Raja Wilem I dari Belanda pada tahun 1824 didirikanlah sebuah perusahaan baru bernama Nederlandsche Handel Maatchappij (NHM) yang bertujuan mempromosikan dan mengembangkan perdagangan, pengiriman dan pertanian. Perusahaan ini kemudian berkembang ke seluruh dunia seperti Amerika, Asia Kecil, Tiongkok, India, Persia, Jazirah Arab dan juga termasuk Hindia Belanda sebagai negara yang saat itu menjadi fokus dalam perkembangan perusahaannya.

Setelah berhasil membuka perwakilannya di Batavia dengan nama Factorij Nederlandsche Handel Maatsehappij atau yang sering disebut sebagai Factorij atau Kompeni Kecil. Perusahaan ini turut mengembangkan jaringannya di berbagai kota lainnya seperti Palembang, Banjarmasin, Banda dan Bandung. Kegiatan utamanya yaitu melakukan pengiriman, pengapalan dan juga penjualan barang-barang ke Hindia Belanda. Di samping itu, perusahaan ini juga turut membantu pemerintah Hindia Belanda melakukan pengiriman uang ke Tiongkok, Australia, dan India.

Di Bandung jejak dari perusahaan tersebut masih dapat kita temui pada Gedung Nedhandel NV yang terletak di jalan Asia Afrika. Keberadaan gedung tersebut menjadi bukti bahwa Bandung pada masa itu telah difasilitasi akan kemudahan di bidang keuangan.

Fasilitas Gedung Nedhandel NV

Gedung Nedhandel NV ini sebenarnya merupakan kantor Bank Mandiri. Oleh karena itu tempat ini tidak dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Namun demikian kita masih bisa menikmati keelokan bangunan dari luar gedung. Bagian dalam gedungnya masih bernuansa heritage dan masih mempertahankan keaslian bentuk bangunannya. Beberapa bukti sejarah mengenai gedung ini sangatlah sedikit, bahkan sumber lain menyebutkan arsip seperti blueprint gedung ini juga tidak ditemukan.

Harga Tiket Masuk Gedung Nedhandel NV

Untuk dapat mengunjungi tempat ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk dan cukup memarkirkan kendaraanmu di sekitar alun-alun Bandung. Hanya saja tempat ini tidak dibuka untuk umum layaknya sebuah museum sehingga hanya bisa dinikmati dari bagian luar gedung saja. Berikut adalah biaya yang harus dikeluarkan, antara lain:

Parkir roda dua : Rp. 2.000/motor

Parkir roda empat : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Gedung Nedhandel NV

Secara administratif, Gedung Nedhandel NV ini terletak di Jl. Asia Afrika No.61, Braga, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251.

Rute Menuju Gedung Nedhandel NV

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gedung Nedhandel NV ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Gedung Nedhandel NV yang pernah menjadi saksi sejarah akan perkembangan dunia perbankan dimasa lalu ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

2 respons untuk ‘Gedung Nedhandel NV (Jejak Perusahaan Dagang Pengganti VOC)

Add yours

  1. Lagi review area asia afrika ya? Ditunggu kang untuk yang gedung ocbc nisp (lupa namanya), savoy homann, dan bangunan kosong di sebelah mesjid (dibawahnya jadi toko/kedai)

    1. Iya nih mas, sebetulnya ini foto lama yg baru di upload skrg. Fotonya diambil hr minggu pagi sblm jam 6 saat jalanan msh sangat lengang. Yg samping masjid itu gedung Swarha ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: