Masjid Al-Imtizaj (Salah Satu Masjid di Bandung Yang Penuh Dengan Sentuhan Nuansa Tionghoa)

Masjid Al-Imtizaj

Pada tahun 2010 silam seiring dengan banyaknya komunitas etnis Tionghoa Muslim yang tinggal di kota Bandung seperti Persatuan Islam Tionghoa Islam (PITI), Keluarga Persaudaraan Islam (KPI), dan Yayasan Ukhuwah Mualaf Indonesia (YUMI). Maka atas kehendak Gubernur Jawa Barat, Nuriana dibangunlah sebuah masjid yang bergaya arsitektur khas Tionghoa yang bernama Al-Imtizaj. Nama Al-Imtizaj sendiri dapat berarti pembauran dan dalam bahasa mandarin ronghe. Salah satu alasan dibangunnya masjid ini juga karena didorong oleh beberapa komunitas muslim Tionghoa tersebut yang kemudian melebur dalam satu organisasi Ikatan Persaudaraan Tionghoa Islam (IPTI). Selain itu keberadaan masjid ini juga untuk mewadahi para mualaf dari etnis Tionghoa.

Dengan dibangunnya masjid ini diharapkan tidak ada lagi perbedaan etnis yang membatasi kebebasan beragama walaupun pada kenyataannya pembauran tersebut belum sepenuhnya terlaksana mengingat beberapa kendala yang seringkali dialami oleh warga Tionghoa seperti menjadi mualaf secara sembunyi-sembunyi. Namun demikian kegiatan keagamaan yang diikuti oleh warga Tionghoa muslim ini masih sering dilaksanakan. Hingga kini DKM Al-Imtizaj juga masih melayani permintaan warga Tionghoa yang ingin menjadi mualaf.

Salah Satu Masjid di Bandung Yang Penuh Dengan Sentuhan Nuansa Tionghoa

Walaupun masjid ini bukan satu-satunya masjid yang bergaya arsitektur Tionghoa di Bandung karena di jalan Tamblong juga terdapat masjid dengan desain yang serupa yaitu Masjid Lautze. Namun Masjid Al-Imtizaj sendiri juga memiliki beberapa keunikan seperti memiliki gapura berwarna merah dan kuning lengkap dengan lampu lampion khas Tionghoa, namun pada bagian atap gapura tersebut terdapat sebuah kubah. Dalam budaya Tionghoa warna merah dan kuning dipercaya sebagai lambang kemakmuran. Selain itu ada juga cawan emas yang berfungsi sebagai tempat wudhu.

Masjid Al-Imtizaj ini mampu menampung jamaah hingga 200 orang. Untuk laki-laki yang hendak menunaikan ibadah disediakan shaf di lantai 1, sedangkan bagi kaum perempuan bisa menempati bagian lantai 2 masjid. Letak masjid ini berada di pusat kota yang dekat dengan perkantoran dan pusat perbelanjaan, sehingga banyak sekali dikunjungi oleh kaum muslimin yang hendak beribadah.

Fasilitas Masjid Al-Imtizaj

Dikarenakan tempat ini merupakan sarana peribadatan umum bagi kaum muslim, maka bagi kaum muslimin yang penasaran atau hendak beribadah dengan merasakan sentuhan Tionghoa dapat memarkirkan kendaraannya di sekitaran masjid ini. Tidak hanya bagian luarnya saja yang memiliki desain arsitektur Tionghoa, namun pada bagian dalam masjidnya juga kita dapat melihat mimbar, dinding dan hiasan kaligrafi yang bergaya khas Tionghoa.

Harga Tiket Masuk Masjid Al-Imtizaj

Untuk dapat mengunjungi tempat ini kamu kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Kamu bisa menikmati keindahan masjid ini sambil mempelajari sejarahnya. Kamu hanya akan diperkenankan untuk membayar biaya parkir dengan rincian harga sebagai berikut:

Parkir roda dua : Rp. 2.000/motor

Parkir roda empat : Rp. 5.000/mobil

Perubahan harga tiket parkir ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Lokasi/Alamat Masjid Al-Imtizaj

Secara administratif, Masjid Al-Imtizaj ini terletak di Jl. ABC No.8, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Rute Menuju Masjid Al-Imtizaj

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Masjid Al-Imtizaj ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Masjid Al-Imtizaj yang penuh dengan sentuhan khas Tionghoa ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: