Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung (Gedung Bersejarah Penyebar Berita Proklamasi)

Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung

Gedung De Driekleur atau yang memiliki nama lain gedung tiga warna ini adalah merupakan sebuah gedung bersejarah yang termasuk kedalam Bandung Heritage. Gedung yang kini dipakai oleh Bank BTPN ini termasuk diantara 99 bangunan cagar budaya di kota Bandung menurut Perda No. 19 tahun 2009, selain itu gedung ini juga terdaftar pada Hasil Inventarisasi Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung (Bandung Heritage) Tahun 1997.

Dibangun pada tahun 1938 dan didesain oleh arsitektur kenamaan Albert Frederik Albers asal Belanda, bangunan ini memiliki aliran Nieuw Bouwen, yaitu gaya arsitektur yang hits di Hindia Belanda pada sekitar akhir tahun 1930-an. Ciri khas dari gaya arsitektur ini adalah dengan menonjolkan garis-garis stream line dan lebih mengutamakan kesederhanaan tanpa banyak ornamen dekoratif pada gedungnya.

Gedung Bersejarah Penyebar Berita Proklamasi

Tak hanya indah, gedung De Driekleur ini juga menyimpan cerita sejarah yang besar. Pada saat masa pendudukan Jepang di Indonesia, gedung ini digunakan sebagai Kantor Berita Domei. Namun, pada tahun 1945 saat proklamasi berhasil dikumandangkan gedung ini berhasil diambil alih oleh para pejuang dan digunakan untuk menyebarkan berita proklamasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tak hanya menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, siaran dari kantor ini pun mampu merebak ke seluruh dunia.

Sebelum digunakan oleh Bank BTPN, gedung ini sempat beberapa kali berpindah kepemilikan. Pada tahun 1950-1970 gedung ini sempat dipakai sebagai villa dan rumah tinggal. Setelah itu sempat pula digunakan sebagai markas BRIMOB, pada tahun 1970 beberapa bank swasta pun sempat menggunakan gedung ini. Hingga akhirnya pada tahun 2000 Bank BTPN mengambil alih gedung De Driekleur ini hingga sekarang.

Fasilitas Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung

Karena Gedung De Driekleur ini bukanlah sebuah museum dan kini menjadi gedung Bank BTPN serta tak dibuka untuk umum, maka tidak tersedia fasilitas apa pun untuk para pengunjungnya. Namun, jika kamu ingin mengunjungi tempat ini bisa melihat keindahan gedung dari kejauhan. Apabila ingin masuk dan berkunjung untuk melihat ruangan dalam, maka harus mengajukan surat resmi terlebih dahulu, atau harus memiliki keperluan dengan Bank BTPN.

Harga Tiket Masuk Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung

Karena Gedung De Driekleur atau Villa Tiga Warna ini bukanlah sebuah museum atau tempat wisata, maka belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung alias gratis.

Lokasi/Alamat Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung

Secara administratif, Gedung De Driekleur yang kini menjadi gedung Bank BTPN ini berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 1, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

Rute Menuju Gedung De Driekleur / Villa Tiga Warna Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gedung De Driekleur yang kini menjadi gedung Bank BTPN ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Gedung De Driekleur atau yang memiliki nama lain Gedung Tiga Warna ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful travelinsg!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: