Gedung Landmark Braga Bandung (Saksi Bisu Toko Buku Van Dorp yang Sohor)

Gedung Landmark Braga Bandung

Sejak zaman pendudukan Hindia Belanda di Indonesia, Bandung merupakan salah satu kota besar yang menjadi salah satu pusat pemerintahan yang sohor. Hal itu terbukti dengan dibangunnya pusat pemerintahan, pertahanan, hingga pusat perbelanjaan dan tempat hiburan pun banyak bertebaran di Bandung. Hingga saat ini sisa bangunan itu masih bisa terlihat dan bisa dinikmati hingga saat ini. Salah satu gedung cantik zaman Belanda yang hingga kini masih berdiri kokoh adalah Gedung Landmark Braga.

Gedung Landmark yang berdiri di Jalan Braga ini adalah hasil karya dari seorang Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker. Arsitek yang lahir pada tahun 1882 ini juga merupakan guru dari Soekarno saat kuliah di ITB saat itu. Banyaknya gedung dan bangunan hasil karya Schomaker ini membuat Bandung berjuluk “Kota Schoemaker”. Selain mendesain Gedung Landmark Braga, ia juga mendesain bangunan lainnya seperti Gereja Bethel, Gereja Katedral St. Petrus yang berada di Jalan Merdeka, Masjid Cipaganti, Bioskop Majestic, Hotel Preanger, Societeit Concordia (Gedung Merdeka), Gedung PLN, hingga Villa Isola.

Saksi Bisu Toko Buku Van Dorp yang Sohor

Menurut catatan sejarah yang ada, Gedung Landmark ini dibangun pada tahun 1922 dengan gaya arsitektur art deco yang pada saat itu sedang hits dan kekinian. Awal pembangunan gedung ini dimaksudkan sebagai toko buku dan percetakan yang bernama Van Dorp. Konon kabarnya, toko buku Van Dorp ini meraup keuntungan yang sangat fantastis, hingga ia mampu membangun lebih dari 50 villa yang tersebar di Kota Bandung. Namun, kejayaan dari toko buku ini tak berlangsung lama dan mulai mengalami kemunduran pada era 60-an. Akhirnya pada tahun 1970-an, Toko Buku Van Dorp gulung tikar dan beralih fungsi menjadi bioskop yang bernama Bioskop Pop.

Setali tiga uang dengan Toko Buku Van Dorp, Bioskop Pop ini pun ikut gulung tikar dan beralih menjadi gedung serba guna bernama Landmark Convention Center hingga saat ini. Untuk kamu yang menyukai wisata sejarah dan berkeliling di Bandung, tak ada salahnya untuk melihat dan mengunjungi gedung bersejarah satu ini. Salah satu keunikan dari Gedung Landmark selain desainnya yang art deco adalah adanya ornament ukiran candi dan Batara Kala yang sengaja disisipkan oleh Schoemaker sebagai ciri dari budaya Indonesia.

Fasilitas Gedung Landmark Braga Bandung

Karena Gedung Landmark ini bukanlah sebuah museum atau tempat wisata yang dibuka untuk umum, maka tidak tersedia fasilitas apa pun untuk para pengunjungnya. Namun, jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, bisa melihat keindahan gedung dari kejauhan. Apabila ingin masuk dan berkunjung untuk melihat ruangan dalam, maka harus mengajukan surat resmi terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Gedung Landmark Braga Bandung

Karena Gedung Landmark ini bukanlah sebuah museum atau tempat wisata, maka belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung alias gratis.

Lokasi/Alamat Gedung Landmark Braga Bandung

Secara administratif, Gedung Landmark ini berlokasi di Jl. Braga No. 129, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Rute Menuju Gedung Landmark Braga Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gedung Landmark Braga yang memiliki desain arsitektur art deco yang indah ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Gedung Landmark Braga yang memiliki desain art deco dan terdapat ukiran Batara Kala ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: