Hotel Wilhelmina Bandung (Hotel Tua dan Bersejarah di Jalan Braga yang Penuh Cerita)

Hotel Wilhelmina Bandung

Hotel Wilhelmina adalah satu bangunan hotel yang hingga kini masih berdiri di Bandung, berdiri di detak jantung Jalan Braga bangunan tua ini kini menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah kota Bandung. Meskipun tak sebesar Hotel Savoy Homann, tapi pesona Hotel Wilhelmina ini sangat disukai oleh beberapa para petinggi militer atau pun kaum bangsawan Eropa kala itu. Alasan utama dari Hotel Wilhelmina ini favorit bagi para pelancong dari Batavia yang singgah ke Bandung adalah letaknya yang dekat dengan pusat fashion Braga.

Selain Hotel Wilhelmina ini menjadi favorit bagi para pelancong atau orang-orang yang transit dari Batavia, Hotel Wilhelmina ini juga sering dipakai oleh para tentara pasukan Belanda yang tergabung dalam Tentara Sekutu pada Perang Dunia II. Hal itu terlihat dari beberapa foto yang menunjukan adanya kunjungan bersejarah dari Lord Louis Mountbatten, kakek Pangeran Charles Putra Mahkota Kerajaan Inggris saat mengunjungi pasukan Belanda tersebut di Hotel Wilhelmina Bandung pada tanggal 25 Maret 1946.

Hotel Tua dan Bersejarah di Jalan Braga yang Penuh Cerita

Belum ada catatan sejarah yang menjelaskan secara rinci mengapa hotel ini dinamai sebagai Hotel Wilhelmina, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa nama Wilhelmina disematkan pada hotel ini sebagai rasa kagum dan juga menghormati ratu mereka, yaitu Ratu Wilhelmina yang memiliki peran andil dan menginspirasi bagi gerakan perlawanan rakyat Belanda dan juga sebagai pemimpin utama pemerintahan Belanda di pengasingan.

Hotel Wilhelmina merupakah salah satu hotel tertua yang pernah berdiri di Bandung, dibangun pada tahun 1919 hotel ini sempat beberapa kali ganti nama. Nama Wilhelmina hanya bertahan hingga tahun 1940, yang kemudian berganti menjadi Hotel Des Pays Bas. Akhirnya pada masa era kemerdekaan Indonesia, hotel ini pun berganti nama menjadi Hotel Bristol pada tahun 1950. Namun, nama tersebut tak berlangsung lama, enam tahun kemudian tepatnya pada tahun 1956 hotel ini kembali berganti nama menjadi Hotel Braga. Dan puncaknya pada tahun 2014 hotel ini diambil alih kepemilikannya dan berubah menjadi Ibis Style Bandung Braga.

Fasilitas Hotel Wilhelmina Bandung

Karena Hotel Wilhelmina ini bukanlah sebuah museum melainkan sebuah hotel yang terbuka untuk siapa saja yang ingin menginap, maka fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Saat ini Hotel Wilhelmina telah berubah menjadi hotel bintang empat dengan nama Hotel Ibis Style Bandung Braga. Otomatis fasilitas pun sangat lengkap khas hotel berbintang empat pada umumnya, seperti berbagai tipe kamar hotel, café, resto, kolam renang, spa, dan tempat olahraga gym.

Harga Tiket Masuk Hotel Wilhelmina Bandung

Karena Hotel Wilhelmina ini bukanlah sebuah museum melainkan sebuah hotel, maka untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada kamu hanya perlu pesan kamar hotelnya saja. Tapi, untuk kamu yang ingin melihat keindahan gedungnya bisa melihat dari luar secara gratis.

Lokasi/Alamat Hotel Wilhelmina Bandung

Secara administratif, Hotel Wilhelmina ini berlokasi di Jl. Braga No. 8, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Rute Menuju Hotel Wilhelmina Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Hotel Wilhelmina yang kini telah berubah menjadi Hotel Ibis Style Bandung Braga ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan menginap di Hotel Wilhelmina yang menjadi salah satu bangunan cagar budaya dan merupakan hotel tertua di Bandung ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful travelinsg!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: