Museum Teh Gedong Buleud Subang (Mengenang Preanger Planters Melalui Museum Teh Gedong Buleud)

Museum Teh Gedong Buleud Subang

Telah sejak lama kita mendengar tokoh-tokoh preanger planters seperti Boscha, Kerkhoven, Holle dan van Hucht yang berhasil merubah hutan-hutan liar di tanah Sunda ini menjadi sebuah perkebunan teh yang rapi dan tertata. Kehadiran mereka berhasil merubah lahan tak terjamah di tatar Sunda menjadi ladang emas hijau. Kemajuan industri di bidang agraris yang pesat kala itu khusunya perkebunan teh menjadikan banyak dibangunnya pabrik-pabrik dan kantor administrasi untuk keperluan industri tersebut.

Salah satu perkebunan teh yang pernah dikelola oleh para preanger planters tersebut adalah kebun teh Ciater yang terbentang luas hingga Bukanagara, Subang. Diantara luasnya hamparan kebun teh tersebut kamu akan menemukan sebuah pabrik teh tua yang masih beroperasi hingga kini. Selain itu sekitar dua kilometer dari pabrik tersebut terdapat juga sebuah bangunan bernama Gedong Buleud yang merupakan museum pengelolaan teh. Didalamnya terpajang duplikat foto, diorama, lukisan, pakaian pemetik teh, replika pakaian administratur perkebunan zaman Belanda, keranjang pemetik teh dan capingnya, serta berbagai peralatan kerja perkebunan lainnya.

Menurut salah seorang penjaga bangunan tersebut, bangunan berusia ratusan tahun itu pernah difungsikan sebagai rumah dinas dan ditempati orang berkebangsaan Belanda bernama Bosscha. Ia juga menuturkan bahwa jauh sebelum Bosscha berpindah ke Pangalengan, dia telah lebih dahulu menempati gedung ini.  Namun ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa bangunan ini milik P and T (Pamanukan dan Tjiasem) Land yang merupakan perusahaan perkebunan milik para pengusaha asal Eropa di Subang. Kini perkebunan, pabrik teh dan Gedong Buleud ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII.

Mengenang Preanger Planters Melalui Museum Teh Gedong Buleud

Untuk mengisi waktu liburanmu selama berkunjung ke kota nanas ini tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu sejenak dengan mengunjungi Museum Teh Gedong Buleud ini sambil mempelajari sejarahnya. Dalam buku berjudul Kisah Para Priangan Planters karya Suganda, dijelaskan bahwa berkembangnya perkebunan teh di tanah Priangan ini tak lepas dari jasa jerih payah dinasti The Hunderian yang melahirkan Holle, Kerkhoven, dan Bosscha. Kerja keras ketiga saudara yang saling berkerabat ini hingga menjadi pengusaha perkebunan yang disebut Preanger Planters dan menjadi cikal bakal industri teh di Indonesia.

Seperti barang-barang yang terpajang dalam museum ini yang merupakan bukti fisik akan perkembangan bisnis teh dimasa itu. Cerita lain yang berkenaan dengan para preanger planters tersebut adalah mengenai sosok mereka yang merakyat dan rendah hati walaupun berasal dari keluarga konglomerat. Bahkan di salah satu ruangan dekat resepsionis pada gedung ini terdapat kata-kata mutiara dari tokoh yang dihormati di Indonesia, Douwes Dekker, “Men is zijn God opbergen meer meemabij” yang berarti “Di pegunungan, manusia akan lebih dekat dengan Tuhannya.” Dengan demikian memungkinkan sisi religius akan rasa syukur dan kebesaran Tuhan tetap mengalir kental dalam jiwa para preanger planters ini.

Fasilitas Museum Teh Gedong Buleud Subang

Gedong Buleud yang saat ini telah beralih fungsi menjadi museum bisa kapan saja kamu kunjungi, tapi untuk bisa masuk kedalamnya kamu harus memiliki janji dulu karena tidak setiap hari penjaga dari Museum Teh Gedong Buleud hadir ditempat ini. Namun demikian bagi siapa pun yang ingin melihat gedung ini dari dekat bisa memarkirkan kendaraannya dihalaman depannya yang cukup luas. Selain itu terdapat juga toilet umum dan warung-warung warga di sekitar tempat ini.

Harga Tiket Masuk Museum Teh Gedong Buleud Subang

Untuk dapat mengunjungi Museum Teh Gedong Buleud ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis, kamu cukup membayar biaya parkir saja kepada petugas yang berjaga dengan rincian harga sebagai berikut:

Parkir roda dua : Rp. 2.000/motor

Parkir roda empat : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket Museum The Gedung Buleud ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Museum Teh Gedong Buleud Subang

Secara administratif, Museum Teh Gedong Buleud ini terletak di Jl. Palasar Dua – Babakan Gunung, Cisaat, Ciater, Cisaat, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281.

Rute Menuju Museum Teh Gedong Buleud Subang

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Museum Teh Gedong Buleud ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Museum Teh Gedong Buleud sambil mengenang para Preanger Planters yang dulu pernah berjasa dalam perkembangan kebun teh ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: