Rumah Belanda di Cimahi (Tua, Historis dan Instagenic)

Rumah Belanda di Cimahi

Indonesia yang pernah dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad begitu menyisakan pengalaman pahit yang teramat dalam. Sisa peninggalan kolonialisme itu masih bisa kita lihat secara jelas di penjuru kota di Indonesia. Salah satunya adalah Kota Cimahi yang bersebelahan dengan Kota Bandung yang dahulu pernah menjadi basis pertahanan tentara Hindia Belanda. Di kota ini terdapat bangunan-bangunan sejarah khas peninggalan Belanda, mulai dari benteng pertahanan, kantor, hingga pemukiman yang masih terjaga hingga kini.

Umumnya bangunan rumah Belanda yang ada di Indonesia memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan rumah masa kini, namun ada beberapa ciri khas yang membedakannya yaitu mulai dari desain yang terinspirasi dari nuansa klasik Eropa. Hal itu terlihat dari bentuk bangunannya yang simetris berbentuk segi empat, segi lima atau pun segi enam, dengan arah pintu masuk yang berada di bagian tengah atau tepi kanan fasad. Serta kebanyakan bangunan Belanda cenderung menggunakan cat berwarna putih sebagai eksterior yang dominan.

Tua, Historis dan Instagenic

Karena usia dari hampir bangunan peninggalan Belanda telah mencapai lebih dari 50 tahun, dan bahkan ada yang sampai ratusan tahun. Tak heran jika sebagian bangunan tersebut dijadikan sebuah cagar budaya yang tak boleh dirusak, dibongkar, bahkan ada yang sampai tidak boleh dicat dengan warna lain selain warna aslinya. Walaupun sudah tua, namun hal itulah yang membuat bangunan peninggalan Belanda di Indonesia, khususnya yang berada di Cimahi memiliki nilai historis yang tinggi.

Tak sedikit dari bangunan Belanda yang di Cimahi memiliki keunikan tersendiri, hal itu terlihar dari adanya beberapa orang yang menjadikan bangunan khususnya rumah Belanda menjadi latar sebuah foto untuk beberapa kepentingan seperti pre-wedding, video clip, foto majalah, hingga foto angkatan kelas dengan tema retro atau klasik. Jadi, jika kamu berencana untuk berburu foto dengan nuansa jadul khas colonial, tak ada salahnya untuk mengunjungi dan berkeliling di kawasan Cimahi yang banyak bertebaran bangunan dan rumah peninggalan Belanda yang sangat instagenic.

Fasilitas Rumah Belanda di Cimahi

Meskipun beberapa rumah di kawasan Cimahi memiliki nilai historis yang tinggi, rumah-rumah ini tidak dibuka untuk umum layaknya sebuah museum. Beberapa rumah yang ada sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai hunian, dan beberapa diantaranya dibiarkan kosong tak berpenghuni.

Harga Tiket Masuk Rumah Belanda di Cimahi

Karena rumah-rumah Belanda yang ada di Cimahi ini bukanlah sebuah museum, maka belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung, tapi untuk kamu yang sekedar ingin melihat keindahannya bisa melihat dari luar pagar atau meminta izin kepada pemilik rumah untuk sekedar melakukan swafoto.

Lokasi/Alamat Rumah Belanda di Cimahi

Secara administratif, Rumah Belanda yang ada pada artikel ini berlokasi di Jl. Sukimun, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521.

Rute Menuju Rumah Belanda di Cimahi

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari rumah Belanda yang ditulis dalam artikel ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi rumah Belanda yang tersebar di kawasan Cimahi dan instagenic ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: