Gedung Indonesia Menggugat (Saksi Bisu Soekarno Diadili Hingga Lahirnya Sebuah Bangsa)

Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat merupakan gedung bersejarah yang kini menjadi ruang publik di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Gedung yang terletak tak jauh dari Balai Kota Bandung ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5. Menurut sejarah yang ada, tempat ini dibangun pada tahun 1907 dengan gaya arsitektur indische european style yang dimana merupakan salah satu hunian ekspatriat Belanda yang sudah mengalami renovasi karena kebakaran. Kemudian pada tahun 1917 pemerintah Belanda menjadikan tempat ini sebagai Landraad atau Pengadilan Pemerintahan Kolonial Belanda. Mulai saat itu gedung ini terkenal dengan nama Den Landraad Te Bandoeng.

Sebelum dicetuskan menjadi monumen gedung bersejarah pada tahun 1999 oleh Letjen (Purn) Mashudi, gedung ini sempat beralih fungsi beberapa kali. Pada periode 1947-1949, gedung ini sempat menjadi Kantor Palang Merah Indonesia, lalu berganti menjadi Kantor Urusan Keuangan Negara pada 1950-1970, selanjutnya menjadi Kantor Jawatan Meteorologi selama hampir tiga dekade.

Saksi Bisu Soekarno Diadili Hingga Lahirnya Sebuah Bangsa

Penamaan gedung ini berasal dari judul pembelaan saat sidang yang dibacakan oleh Soekarno pada tahun 1930 dengan judul Indonesia Menggugat (Indonesie Klaagt Aan), hal itu merupakan sebuah pembelaan sekaligus kegeraman pada penangkapannya. Peristiwa sidang tersebut sangat mengegerkan Belanda hingga akhirnya pembelaan Soekarno tersebut dijadikan nama untuk gedung ini hingga sekarang.

Tak hanya Soekarno yang sempat diadili di Landraad ini, tapi beberapa pejuang dan tokoh-tokoh penting pun turut diadili, mereka diantaranya adalah Maskoen, Gatot Mangkoepradja, Soepriadinata, Sastromolejono, dan Sartono. Yang paling terkenal saat diadili ditempat ini adalah Soekarno, saking panjangnya pledoi yang disampaikan oleh Soekarno, membutuhkan waktu hingga 2 hari untuk membacakannya yaitu pada tanggal 1-2 Desember 1930. Akhirnya pada tanggal 22 Desember 1930 Soekarno dan tiga kawannya dijatuhkan hukuman penjara selama 4 tahun 6 bulan di Penjara Sukamiskin.

Fasilitas Gedung Indonesia Menggugat

Dari segi fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Gedung Indonesia Menggugat, tempat ini bisa dibilang sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjungnya. Di area gedung ini sudah terdapat fasilitas umum seperti, lahan parkir kendaraan, toilet, mushola, dan kedai kopi yang berada tepat disebelah gedung ini.

Harga Tiket Masuk Gedung Indonesia Menggugat

Tak perlu biaya yang mahal untuk bisa mengunjungi dan melihat sisa sejarah di Gedung Indonesia Menggugat ini. Berikut adalah rincian tiket masuk Gedung Indonesia Menggugat:

Tiket masuk : Gratis

Parkir motor : Rp. 2.000/motor

Parkir mobil : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket masuk Gedung Indonesia Menggugat dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Gedung Indonesia Menggugat

Secara administratif, Gedung Indonesia Menggugat ini berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 5, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Rute Menuju Gedung Indonesia Menggugat

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gedung Indonesia Menggugat yang menjadi saksi bisu saat Soekarno diadili ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Gedung Indonesia Menggugat yang memiliki cerita sejarah bangsa ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: