Abattoir Cimahi (Rumah Jagal Peninggalan Belanda Yang Bersejarah)

Abattoir Cimahi

Cimahi merupakan kota yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Di sepanjang jalan kotanya akan banyak ditemui bengunan-bangunan tua bergaya arsitektur Belanda. Bangunan-bangunan tersebut menjadi saksi perjuangan zaman kolonial Hindia Belanda dulu. Kesan yang berbau militer sangat kental disini, hal tersebut diperlihatkan melalui banyaknya gedung-gedung yang dijadikan markas besar angkatan bersenjata, rumah dinas para TNI, rumah sakit militer dan bangunan-bangunan sejenis lainnya.

Beberapa gedung di kota ini masih berdiri kokoh, dirawat dan dialih fungsikan. Namun terdapat juga bangunan tua yang sudah lapuk dan tidak terawat padahal memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu bangunan peninggalan Belanda yang kurang mendapatkan perawatan adalah Abattoir atau rumah pejagalan hewan yang terletak di Jl. Sukimun, Baros. Bangunan ini telah berdiri sekitar 100 tahun yang lalu. Pada zamannya dulu bangunan ini berdiri kokoh dengan gaya art deco dan menjadi bukti akan pemerintahan Hindia Belanda yang terencana dalam mengelola kebutuhan para tentaranya.

Namun kini bangunan tersebut telah lapuk dimakan usia, temboknya dilumuri lumut dengan cat yang luntur dan beberapa ornamennya yang telah hancur sehingga jejak art deco tidak lagi terlihat pada bangunan ini. Bagian dalam dari bangunan ini juga menjadi tempat tinggal beberapa keluarga.

Rumah Jagal Peninggalan Belanda Yang Bersejarah

Kata abattoir berasal dari bahasa Perancis yang artinya rumah jagal. Di tempat ini hewan ternak dipotong dan diolah menjadi daging untuk kebutuhan pangan. Hewan yang biasanya diolah di Abattoir biasanya adalah sapi, kambing, babi dna unggas. Begitu juga dengan abattoir yang terletak di Jl. Sukimun, Baros yang dulunya mengimpor sapi-sapi asal Australia dan dikirim dengan menggunakan kereta dari Batavia. Letaknya yang berdekatan dengan rel kereta memudahkan sapi-sapi tersebut untuk dibawa langsung kerumah pejagalan ini, sehingga kereta tidak perlu berhenti di Stasiun Cimahi terlebih dahulu untuk kemudian menggiring sapi-sapi tersebut ke tempat ini.

Daging sapi olahan tersebut dijadikan pasokan kebutuhan makanan bagi tentara Hindia Belanda. Diberitakan dalam surat kabar harian yang berbahasa Belanda pada 11 Januari 1913 bahwa akan didirikannya rumah jagal di Cimahi dan dibangun oleh Perusahaan pengimpor sapi dan bawang putih bernama Jenne & Co. Mengingat pentingnya kebutuhan pasokan makanan untuk para anggota militer pada saat itu maka dirasa perlu adanya tempat pemotongan ternak yang praktis, sangat efektif, lebih higienis, dan lebih etis.

Sebagian besar kebutuhan kalori dari para tentara ini didistribusikan ke barak-barak KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Barak-barak tersebut diantaranya adalah Kampement 4e dan 9e (yang sekarang menjadi Pusdikhub dan Pusdikbekang) merupakan markas utama tentara KNIL. Selain Bergartilleri (Yon armed 4), Depot Militaire Artillerie (Pusdik Armded), dan Genitropen (pusdik Pengmilum). Dalam pembangunannya abattoir ini menghabiskan dana sekitar 35.000 gulden atau setara dengan 289 juta rupiah pada zamannya dulu. Hingga kini bangunan ini masih bisa dikunjungi walaupun dalam keadaan yang sudah sangat memprihatinkan.

Fasilitas Abattoir Cimahi

Secara fasilitas, tempat ini sebenarnya bukanlah objek wisata yang dibuka untuk umum. Oleh karena itu belum memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet umum, mushola dan warung. Namun bagi siapa saja yang ingin mengunjungi tempat ini bisa memarkirkan kendaraannya di bagian depan bangunan.

Harga Tiket Masuk Abattoir Cimahi

Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa mengunjungi tempat bersejarah ini dikarenakan tidak ada tiket masuk alias gratis.

Lokasi/Alamat Abattoir Cimahi

Secara administratif, abattoir ini berlokasi di Jl. Sukimun, RT.003/RW.004, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521.

Rute Menuju Abattoir Cimahi

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Abattoir Cimahi yang bersejarah ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk menikmati wisata heritage di Abattoir Cimahi yang menjadi saksi perjuangan di zaman Hindia Belanda ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: