Gedung Polrestabes Bandung (Eks Kweekschool, Sekolah Prestise untuk Jadi Guru)

Gedung Polrestabes Bandung

Dulu saat masih kecil suka ditanya enggak apa cita-citamu? Pasti sebagian orang menjawab ingin jadi dokter, guru, polisi, tentara, atau bidan. Bersyukurlah kita yang hidup di zaman ini bisa mewujudkan itu semua dengan mudah melalui jalur pendidikan. Beda halnya bila kita hidup di zaman kolonialisme Belanda yang saat itu sulit untuk mengenyam pendidikan. Walaupun sulit, namun ada beberapa kaum yang beruntung mendapat pendidikan. Dan Bandung salah satu kota besar saat itu banyak terdapat sekolah khusus, salah satunya adalah bagi mereka yang ingin menjadi guru.

Bila kamu berjalan lurus dari arah Jalan Merdeka, maka di sebelah kiri kamu akan menemukan bangunan monumental khas Belanda yang kini menjadi markas dari Polrestabes Bandung. Tak banyak yang mengetahui bahwa dulunya bangunan itu adalah bekas sebuah sekolah elit yang di khususkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang guru, dahulu sekolah itu bernama Kweekschool.

Eks Kweekschool, Sekolah Prestise untuk Jadi Guru

Selesai dibangun pada tahun 1866, tujuan awal dibangunnya Kweekschool adalah guna memenuhi kebutuhan guru yang kala itu dirasa masih minim. Berbeda dengan OSVIA yang diidentikan sebagai sekolah raja dan priyayi. Kweekschool yang meskipun bangunannya megah ini justru cenderung “pribumi”. Tak ada syarat apa pun untuk bisa bersekolah disini, bahkan kalangan rendah pun bisa masuk ke Kweekschool, syarat yang utama adalah harus berusia diatas 14 tahun.

Meskipun banyak dimasuki oleh kalangan rendah, Kweekschool yang memiliki metode belajar sekolah asrama atau boardingschool ini memiliki prestise yang tinggi di masyarakat. Tak tanggung-tanggung, bagi lulusan Kweekschool ia mampu mendapat gelar mantra guru serta mendapat hak untuk menggunakan payung, tombak, tikar dan kotak sirih (yang saat itu digunakan untuk menunjukkan status strata sosial). Sama seperti era saat ini, menjadi guru saat itu pun mendapat gaji dari pemerintah Hindia Belanda, dan ukurannya pun bisa dibilang sangat besar bila dibandingkan dengan gaji pribumi lainnya.

Karena menariknya keuntungan yang didapat apabila menjadi lulusan Kweekschool, sekolah ini sempat menjadi pembludakan calon pendaftar. Akhirnya pada tahun 1871 pemerintah Hindia Belanda saat itu memutuskan untuk menggunakan ujian seleksi masuk bagi mereka yang ingin bersekolah di Kweekschool. Tak hanya mendapat untung setelah lulus dari Kweekschool, saat bersekolah pun para siswa mendapat sejumlah beasiswa seperti uang saku sejumlah f.12 – f.15, biaya pakaian dan makanan, hingga uang perjalanan pun ditanggung oleh pemerintah. Mata pelajaran yang diajarkan di Kweekschool ini antara lain adalah Bahasa Melayu, Bahasa Sunda, berhitung, menulis, sejarah, ilmu bumi, ilmu ukur, ilmu alam, menggambar, bernyanyi, hingga ilmu pedagogik. Salah satu tokoh kenamaan Indonesia yang berhasil masuk ke Kweekschool ini adalah Sang Maestro lagu anak-anak, Saridjah Niung atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Soed.

Fasilitas Gedung Polrestabes Bandung

Meskipun gedung eks Kweekschool memiliki nilai historis yang tinggi, gedung ini tidak dibuka untuk umum, maka tidak ada fasilitas umum layaknya sebuah museum. Gedung eks Kweekschool sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai kantor polisi dari Polretabes Bandung.

Harga Tiket Masuk Gedung Polrestabes Bandung

Karena Gedung Polrestabes ini bukanlah sebuah museum, maka belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Namun jika kamu hanya ingin melakukan swafoto, kamu bisa meminta izin terlebih dahulu kepada Polisi yang menjaga di pos penjagaan. Selain itu, kamu juga bisa berfoto didepan monumen knalpot dan plat kendaraan yang merupakan hasil sitaan akibat menggunakan knalpot dan plat kendaraan yang tidak standar.

Lokasi/Alamat Gedung Polrestabes Bandung

Secara administratif, Gedung Polrestabes ini berlokasi di Jl. Merdeka No. 18-21, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Rute Menuju Gedung Polrestabes Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gedung Polrestabes yang dahulu digunakan sebagai Kweekschool ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Gedung Polrestabes yang ikonik ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: