Museum Preanger (Museum Yang Didedikasikan Untuk Arsitek Belanda Charles Prosper Wolff Schoemaker)

Museum Preanger

Berbeda dengan museum lain yang umumnya memiliki bangunan tersendiri, Museum Preanger ini justru berada di dalam sebuah hotel bintang lima yaitu Prama Grand Preanger. Museum ini hanya memiliki dua ruangan, oleh karena itu tempat ini tidak begitu luas. Namun demikian museum ini memiliki nilai sejarah tinggi karena banyak menyimpan cerita mengenai pembangunan Hotel Preanger dimasa lalu. Didalam museum ini banyak menyimpan benda-benda kuno seperti gramophone, alat pembuat kopi klasik, proyektor pemutar film jaman dulu, lift kuno sampai miniatur desain sebuah gedung.

Pada beberapa pigura yang ditempel di dinding ruangan museum ini diceritakan mengenai sejarah pembangunan hotel ini lengkap dengan gambarnya. Dijelaskan bahwa sebelum menjadi hotel seperti sekarang ini, dulunya hotel ini hanyalah sebuah toko yang menyediakan berbagai keperluan perkebunan. Mengingat banyaknya para planters (pengelola perkebunan) yang berhasil dengan usahanya di tahun 1884-an maka toko ini dibuka untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun karena bangkrut maka toko ini beralih fungsi menjadi sebuah hotel yang bernama Hotel Preanger dan dibangun oleh seorang pengusaha Belanda bernama W.H.C. Van Deeterkom pada tahun 1897. Hotel ini juga sempat mengalami modifikasi dan perubahan nama beberapa kali seperti pada tahun 1920 yang berubah menjadi Hotel Grand Preanger. Kemudian Pada tahun 1929 seorang arsitek terkemuka berkebangsaan Belanda yang dibantu oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno memodifikasi bangunan ini sehingga semakin memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi. Hingga pada tahun 2014 sampai sekarang hotel ini diceritakan kembali berganti nama menjadi Hotel Prama Grand Preanger.

Selain beberapa artikel yang menceritakan sejarah pembangunan hotel ini, terdapat juga sebuah infografis dengan gambar seorang komedian legendaris Charlie Chaplin yang rupanya sempat menginap dihotel ini. Tidak hanya itu, seorang tokoh penerbangan wanita asal Amerika Amelia Earhearth juga diceritakan pernah berkunjung ke Bandung dan menginap di hotel ini.

Museum Yang Didedikasikan Untuk Arsitek Belanda Charles Prosper Wolff Schoemaker

Seperti kita tahu bahwa Bandung memiliki banyak bangunan bersejarah dengan desain bangunannya yang khas dan unik. Seperti misalnya Villa Isola, Bethel Church, Cathedral Bandung, Gedung Merdeka, Teropong Bintang Bosscha dan tentunya Hotel Prama Grand Preanger. Bangunan-bangunan tersebut merupakan hasil karya seorang arsitek terkemuka Charles Prosper Wolff Schoemaker yang berkebangsaan Belanda yang lahir di Banyu Biru Jawa Timur. Beliau merupakan dosen dan rektor dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB) yang sekaligus menjadi guru besar dari Presiden RI pertama kita Ir. Soekarno.

Museum ini juga sebenarnya dibuat sebagai dedikasi pada Charles Prosper Wolff Schoemaker, kala itu Schoemaker banyak berperan dalam pembangunan Bandung dengan mendirikan gedung-gedung bergaya khas art deco. Hingga kini beberapa bangunan hasil karya Schomaker masih bisa kita lihat dan mempelajari sejarahnya.

Fasilitas Museum Preanger

Dikarenakan museum ini berada pada lantai dasar Hotel Prama Grand Preanger, maka secara fasilitas sudah cukup memadai. Terdapat sarana umum seperti toilet dan mushola yang bisa digunakan bagi pengunjung museum. Untuk bisa mendatangi museum ini, kamu cukup bertanya pada receptionis hotel kemudian petugas hotel tersebut akan mengantarkanmu ke ruangan yang dimaksud.

Harga Tiket Masuk Museum Preanger

Untuk dapat mengunjungi tempat ini kamu hanya perlu membayar biaya sejumlah 5.000 rupiah saja, dan tiket masuk tersebut bisa kamu tukar dengan segelas welcome drink berupa secangkir wedang secang khas Preanger yang sudah menjadi signature sejak dulu.

Lokasi/Alamat Museum Preanger

Secara administratif, Museum Preanger ini terletak di lantai dasar Hotel Prama Grand Preanger yang berada di Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.

Rute Menuju Museum Preanger

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Museum Preanger ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Museum Preanger yang Didedikasikan Untuk Artisek Belanda Charles Prosper Wolff Schoemaker ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: