Museum Pos (Tempat Yang Wajib Dikunjungi Filateli Saat Berlibur ke Bandung)

Museum Pos

Berbicara mengenai tempat wisata di Bandung memang tidak akan ada habisnya. Apalagi bagi para wisatawan yang sangat haus akan liburan dan menjadikan kota kembang ini sebagi tujuan wisata. Namun jangan lupa juga bahwa selain terkenal dengan wisata alam, kuliner dan belanja, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di Bandung agar lebih akrab dengan Paris Van Java ini. Salah satu tempat bersejarah yang ada di pusat kota Bandung adalah Museum Pos yang terletak di jalan Cilaki no. 73 atau tepatnya berada di sebelah timur Gedung Sate dan satu kawasan dengan Taman Pusaka Bunga Kandaga Puspa.

Museum ini dibangun oleh dua orang arsitek bernama J. Berger dan Leutdsgebouwdienst yang kemudian dibuka pada tahun 1931. Awalnya museum ini bernama Museum Pos, Telegraf dan Telepon (PTT). Saat itu sebagian besar benda yang dipamerkan di museum ini adalah perangko. Pada masa peralihan kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda ke Jepang, museum ini juga kurang mendapatkan perhatian dari pihak pemerintah pengelola sehingga benda-benda pos yang ada di dalamnya kurang terawat dengan baik. Bahkan museum ini juga sempat terbengkalai.

Memasuki tahun 1980 setelah Perang Dunia ke-II berakhir dan museum ini telah lama terbengkalai, pihak pemerintah akhirnya berusaha memperbaiki fasilitas museum dan menambah koleksi benda-benda bersejarah sebagai inventaris. Museum ini akhirnya diresmikan oleh Achmad Tahir yaitu Menparpostel pada tanggal 27 September 1983 yang bertepatan dengan Hari Bhakti Postel ke-30. Hingga kini museum ini telah memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah yang dipamerkan dari masa ke masa mulai dari masa Kompeni dan Bataafsche Republiek (1707-1803), masa pemerintahan Daendels (1808-1811), masa pemerintahan Inggris (1811-1816), masa pemerintahan Hindia Belanda (1866-1942), masa Jepang (1942-1945) dan masa Kemerdekaan.

Museum ini juga menceritakan perjalanan Pos Indonesia yang telah beberapa kali berganti nama sekurang-kurangnya lima kali sejak masa kemerdekaan. Dimulai dari Jawatan PTT (1945-1961), lalu jadi PN Postel (1962-1965), PN Pos dan Giro (1965-1978), Perum Pos dan Giro (1978-1995,) dan pada tahun 1995 jadi PT Pos Indonesia (Persero).

Tempat Yang Wajib Dikunjungi Filateli Saat Berlibur ke Bandung

Bagi kamu yang gemar mengkoleksi perangko, maka Museum Pos yang satu ini adalah tempat wajib yang harus dikunjungi. Didalamnya dipamerkan ribuan perangko yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Tidak hanya itu bahkan timbangan yang dulu pernah dijadikan sebagai alat untuk mengukur berat surat yang akan dikimkan juga dipajang disini. Benda lain yang dipamerkan juga diantaranya adalah sepeda motor berwarna oren yang digunakan petugas pos untuk mengirimkan surat, baju seragam petugas pos yang berganti dari masa ke masa.

Hingga dipamerkannya surat emas yang dulu seringkali digunakan sebagai alat komunikasi para raja-raja nusantara kepada para komandan/jendral Belanda. Umur dari surat-surat emas trsebut diperkirakan telah mencapai lebih dari seratus tahun. Hampir semua surat yang dipamerkan memang ditujukan kepada Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stamford Bingley Raffles.

Fasilitas Museum Pos

Secara fasilitas museum ini sudah memiliki sarana yang lengkap dan canggih seperti Gadget Win Audio Tour Guide yang merupakan perangkat berupa tombol-tombol angka yang bisa ditekan oleh pengunjung dan memberikan informasi secara audio berdasarkan nomor objek pamernya. Alat ini akan bercerita dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu fasilitas umum seperti toilet umum dan mushola juga sudah disediakan ditempat ini.

Harga Tiket Masuk Museum Pos

Untuk dapat mengunjungi tempat ini kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pemerintah kota Bandung tidak memungut biaya apapun bagi siapapun yang ingin berkunjung ke tempat ini. Oleh karena itu tempat ini bisa di jadikan salahsatu tujuan wisata sejarah dan kita dapat memanfaatkan sebaik-baiknya.

Perubahan harga tiket parkir Museum Pos ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Lokasi/Alamat Museum Pos

Secara administratif, Museum Pos ini terletak di Jalan Cilaki No 73, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Rute Menuju Museum Pos

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Museum Pos ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Museum Pos yang menjadi tempat wajib untuk  dikunjungi filateli saat berlibur ke Bandung ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: