Museum Kota Bandung (Dari Kelompok Freemansory Hingga Sejarah Perkembangan Kota)

Museum Kota Bandung

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”, sepertinya kutipan yang diucapkan oleh Soekarno pada pidato Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agutus 1966 inilah yang menjadi dasar kota Bandung saat ini menambah wahana edukasi yang berbentuk museum. Diresmikan oleh walikota Bandung Oded M. Danial pada tanggal 31 Oktober 2018, Museum Kota Bandung hadir menjadi destinasi baru bagi masyarakat. Museum Kota Bandung diharapkan menjadi wisata sejarah mengenai sejarah berdirinya kota dan kabupaten Bandung, perkembangan seni, budaya, hingga teknologi.

Museum Kota Bandung dibangun sebagai usaha dalam melestarikan dan memperkenalkan sejarah dan budaya kota Bandung kepada masyarakat khususnya generasi millennial yang memiliki jiwa muda dan rasa ingin tahu yang tinggi. Cara pengemasan Museum Kota Bandung ini sedikit berbeda dengan museum yang ada, cara penyampaiannya lebih kekinian dan menggunakan teknologi yang tinggi.

Data-data yang terdapat di Museum Kota Bandung ini didapat dari perpustakaan nasional, arsip nasional, hingga arsip dari KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde), dan Colletive Tropenmuseum yang ada di Belanda. Data-data yang terkumpul tersebut berupa foto dan video yang kemudian dikemas secara informatif dan kekinian khas masa kini.

Dari Kelompok Freemansory Hingga Sejarah Perkembangan Kota

Berdiri diatas bangunan sisa peninggalan zaman kolonialisme Belanda yang dibangun pada tahun 1920, Museum Kota Bandung tak hanya menyimpan cerita-cerita sejarah. Tapi gedung tua ini juga memiliki ceritanya sendiri. Menurut catatan sejarah yang ada, gedung Museum Kota Bandung ini merupakan bekas Frabelschool (taman kanak-kanak) yang dahulu didirikan oleh kelompok Freemansory (Vrimerselarij) Bandung yang dahulu memiliki tempat perkumpulan bernama Loge Sint Jan yang berlokasi di Jalan Wastukencana, namun saat ini gedung tersebut telah tergantikan oleh bangunan yang baru yaitu Masjid Al-Ukhuwwah.

Museum Kota Bandung ini mengemas cerita sejarah dengan cara kekinian. Salah satunya adalah pemaparan walikota Bandung dari masa ke masa, mulai dari Bertus Coops sampai Oded M. Danial, yang diletakan di dinding sebelah selatan. Di seberang dinding tersebut terdapat pula tokoh-tokoh penting yang berkaitan dengan linikala sejarah Bandung seperti Soekarno, Dewi Sartika, Abdul Muis, Bosscha, Daendels, Gatot Mangkupraja, dan lain-lain.

Pada sisi dinding lainnya diceritakan pula mengenai sejarah perkembangan Kabupaten Bandung yang berkaitan dengan Kerajaan Mataram dan persitiwa pemindahan ibukota Kabupaten Bandung yang melibatkan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dan Bupati Wiranatakusumah II.

Fasilitas Museum Kota Bandung

Secara fasilitas, Museum Kota Bandung ini sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, diantaranya adalah adanya tempat parkir untuk kendaraan, mushola, toilet, hingga café kopi yang berada disamping gedung Museum Kota Bandung.

Harga Tiket Masuk Museum Kota Bandung

Tak perlu merogoh dompet terlalu dalam untuk bisa menikmati suguhan cerita sejarah yang ada di Museum Kota Bandung ini. Berikut adalah rincian tiket masuk Museum Kota Bandung:

Tiket masuk : Gratis

Parkir motor : Rp. 2.000/motor

Parkir mobil : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket masuk Museum Kota Bandung dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Museum Kota Bandung

Secara administratif, Museum Kota Bandung ini berlokasi di Jl. Aceh No. 47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Rute Menuju Museum Kota Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Museum Kota Bandung yang menampilkan cerita sejarah kota Bandung dari masa ke masa ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Museum Kota Bandung yang menampilkan cerita sejarah kota Bandung dari masa ke masa ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: