Monumen Pastor Taman Maluku Bandung (Kisah Teladan Dari Pastor yang Tak Pernah Datang ke Bandung)

Monumen Pastor Taman Maluku Bandung

Bandung saat ini terkenal sebagai salah satu kota favorit di Indonesia untuk berwisata, banyaknya tempat wisata baru membuat wisatawan dari luar Bandung untuk terus datang mengunjungi kota kembang ini. Tak hanya area wisata saja yang diperbaharui, area publik seperti taman kota pun ikut diremajakan agar menambah keindahan kota. Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai walikotanya turut membenahi tatanan pertamanan yang ada di Kota Bandung, hal itu terlihat dari banyaknya taman kota tematik yang hadir di Bandung.

Salah satu taman yang indah di Bandung dan menyimpan cerita sejarah adalah Taman Maluku Bandung. Taman Maluku Bandung adalah sebuah taman kota yang berlokasi di Jalan Citarum, dibangun pada masa era kolonialisme Belanda menjadikan taman ini sebagai salah satu taman kota tertua yang ada di Bandung. Yang membuat taman ini unik adalah terdapatnya sebuah monumen seorang pastor bernama Henricus Christian Verbraak, pria kebangsaan Belanda itu dilahirkan pada tanggal 28 Maret 1835.

Kisah Teladan Dari Pastor yang Tak Pernah Datang ke Bandung

Alasan utama dari pembangunan monument Pastor H.C. Verbraak adalah karena keteladanannya dalam mengabdi menjadi pastor saat masa Perang Dunia. Bercita-cita sebagai pedagang Verbraak memulai karirnya sebagai pastor pada tahun 1862. Setelah latihan sebagai pastor, akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang misionaris. Tugas pertamanya saat itu adalah di Padang pada tahun 1872.

Setelah beberapa lama mengabdi di Padang, ia kemudian diutus untuk pergi ke Aceh. Di Aceh ia mengabdi terhitung mulai tanggal 29 Juni 1984 hingga 23 Mei 1907. Tak hanya di Bandung saja yang terdapat patung Pastor H.C. Verbraak, namun di Simpang Pante Pirak dan Peunayong dekat gerejanya saat itu pun turut dibangun monumen yang hampir sama. Simpang itu kini dikenal sebagai Simpang Lima, namun sayang patung itu kini sudah tak ada lagi.

Keteladanan dari Verbraak yang paling membekas di hati masyarakat adalah kebaikannya dalam membantu korban perang, ia turut serta mengangkut korban luka dan meninggal, ia menunggu semua korban masuk kedalam rumah sakit dan kemudian menghibur mereka. Karena keteladanan itulah pemerintah Hindia Belanda menganugerahkan kepadanya gelar Ridder in de Orde van den Nederlandsche Leeuw (Ksatria dalam orde Singa Belanda).

Sementara itu, di Bandung, lembaga The Dutch East Indian Army mengumpulkan dana untuk mendirikan patung Pastor Verbraak pada tanggal 27 Januari 1922 yang dirancang oleh seniman Belanda bernama G.J.W. Rueb. Dan dipilihlah Taman Maluku sebagai tempat untuk mendirikan patung Pastor Verbraak, alasan itu karena Taman Maluku saat itu terkenal sebagai taman yang indah, saking indahnya taman ini dijuluki “Paradisi in Sole Paradisus Terrestris” (tanah surga di bawah cahaya matahari).

Fasilitas Monumen Pastor Taman Maluku Bandung

Meskipun Monumen Pastor yang ada di Taman Maluku ini merupakan tempat bersejarah yang dibuka untuk umum, tapi di Taman Maluku ini belum terdapat fasilitas umum seperti toilet atau pun mushola.

Harga Tiket Masuk Monumen Pastor Taman Maluku Bandung

Karena Monumen Pastor yang ada di Taman Maluku ini merupakan sebuah area publik, maka tidak ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung yang datang alias gratis.

Lokasi/Alamat Monumen Pastor Taman Maluku Bandung

Secara administratif, Monumen Pastor Taman Maluku ini berlokasi di Jl. Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Rute Menuju Monumen Pastor Taman Maluku Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Monumen Pastor yang berada di Taman Maluku ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Taman Maluku yang terdapat monumen pastor yang memiliki cerita sejarah ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: