Hotel Surabaya Bandung (Salah Satu Hotel Tertua Saat Bandung Masih Sebuah Desa Kecil)

Hotel Surabaya Bandung

Hotel Surabaya yang saat ini menjadi Hotel Gino Feruci merupakan salah satu bangunan tua yang ada di Bandung. Usianya telah mencapai 1 abad lebih. Dibangun pada masa kolonialisme Belanda menjadikan bangunan tua ini sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah kota Bandung. Hotel Surabaya ini memiliki desain unik, yaitu terdapat ornament dua buah puncak pada atap bagian muka, sebuah menara di salah satu sudut bangunan, hingga kaca patri yang berwarna-warni pada jendelanya yang besar dan panjang.

Hotel Surabaya yang terdiri atas dua lantai ini memiliki 60 ruang kamar. Furniture yang digunakan saat itu didominasi oleh bahan dasar kayu jati yang memang terkenal akan kekokohan dan ketahanannya terhadap cuaca dan rayap. Furniture yang terbuat dari kayu tersebut antara lain pada penggunaan kursi, meja, lantai, hingga anak tangga yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua. Furniture lainnya yang masih asli hingga kini adalah lampu hias dengan kaca berwarna-warni yang memiliki khas tempo dulu.

Salah Satu Hotel Tertua Saat Bandung Masih Sebuah Desa Kecil

Dibangun sekitar tahun 1900 menjadikan Hotel Surabaya ini sebagai salah satu hotel tertua dan menjadi perintis perhotelan di sekitar Stasiun Bandung. Tak ada catatan sejarah yang jelas mengenai penamaan dari hotel ini. Konon dipercaya penamaan Surabaya pada hotel ini mengacu pada pemiliknya yang berasal dari Surabaya. Namun sumber lain menyebutkan bahwa penamaan Surabaya berasal dari era saat Bandung membuka jalur kereta api menuju Surabaya. Dan saat itu Bandung merupakan sebuah kota transit bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dari Batavia ke Surabaya. Dan melihat dari letaknya pun, hotel ini berada dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung. Selain bernama Hotel Surabaya, penginapan ini juga memiliki nama lain yaitu Hotel Express dan Hotel Tung Hua.

Beberapa sumber mengatakan bahwa orang yang membangun Hotel Surabaya ini adalah saudagar kaya raya keturunan China yang bermukim di Bandung. Hal itu diperkuat oleh adanya sebuah foto lama berwarna hitam putih yang menggambarkan sepasang suami isteri dengan 3 orang anaknya (2 orang perempuan dan 1 laki-laki). Dipercaya keluarga inilah yang menjadi pemilik dari Hotel Surabaya ini. Selain memiliki usaha penginapan, keluarga ini juga merintis penjualan kain batik di Pasar Baru.

Pada awal mula pembangunan, Hotel Surabaya ini dibangun karena pada sekitar tahun 1884 semakin meningkatnya akan kebutuhan kamar penginapan di Bandung. Hal itu karena terbukanya jalur baru perkereta apian di Bandung khususnya dari Batavia. Bandung yang kala itu masih merupakan sebuah desa kecil di dataran tinggi Parahyangan seolah terbuka bagi pendatang dan menjelma sebagai salah satu calon kota besar di Indonesia.

Fasilitas Hotel Surabaya Bandung

Karena Hotel Surabaya ini bukanlah sebuah museum melainkan sebuah hotel yang terbuka untuk siapa saja yang ingin menginap, maka fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Saat ini Hotel Surabaya telah berubah menjadi hotel bintang empat dengan nama Hotel Gino Feruci. Otomatis fasilitas pun sangat lengkap khas hotel berbintang pada umumnya, seperti berbagai tipe kamar hotel, café, resto, kolam renang, spa, dan tempat olahraga gym.

Harga Tiket Masuk Hotel Surabaya Bandung

Karena Hotel Surabaya ini bukanlah sebuah museum melainkan sebuah hotel, maka untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada kamu hanya perlu pesan kamar hotelnya saja. Tapi, untuk kamu yang ingin melihat keindahan gedungnya bisa melihat dari luar secara gratis.

Lokasi/Alamat Hotel Surabaya Bandung

Secara administratif, Hotel Surabaya ini berlokasi di Jl. Kebon Jati No. 40, Kebon Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181.

Rute Menuju Hotel Surabaya Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Hotel Surabaya yang menjadi salah satu hotel tertua di Bandung ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan menginap di Hotel Surabaya yang menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Bandung ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: