Gereja Bethel Bandung (Gereja Tertua di Bandung dengan Gaya Art Deco)

Gereja Bethel Bandung

Gereja Bethel merupakan gereja yang terletak di persimpangan antara Jalan Braga, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Wastukencana. Pada masa awal pembangunannya, gereja ini asalnya adalah rumah ibadah dengan bentuk yang sederhana dan dibangun pada akhir 1800-an. Penyebaran Injil di Bandung saat itu diawali pada tahun 1856, dengan ditandai oleh hadirnya rumah-rumah ibadah di pusat keresidenan.

Ada hal unik yang membedakan gereja ini dengan gereja-gereja lainnya yang ada di Bandung, yaitu tidak terdapatnya salib di menara, melainkan hanya diisi oleh sebuah jam. Menara tersebut merupakan sebuah menara lonceng. Menurut catatan sejarah, lonceng tersebut berdentang pertama kali pada tangal 1 Maret 1925 tepat pada pukul 09.15 WIB.

Gereja Tertua di Bandung dengan Gaya Art Deco

Pada tahun 1916, pendeta keempat yang ditugaskan di Bandung, Ds JA Tydeman, menggagas agar dibangunnya sebuah gereja baru. Akhirnya pada tahun 1924 dibangunlah Gereja Bethel ini yang semula diberi nama De Nieuwe Kerk yang artinya Gereja Baru. Gereja bergaya arsitektur art deco ini merupakan hasil rancanan dari arsitek sohor zaman Hindia Belanda Ir. C.P. Wolff Schoemaker yang merupakan guru dari bapak bangsa Soekarno.Nama Bethel mulai digunakan pada tahun 1964 berdasarkan keputusan Sidang Pleno Majelis Jemaat GPIB Bandung.

Selain merancang Gereja Bethel, Schoemaker juga merancang Gereja Katedral St. Petrus yang berada di Jalan Merdeka. Selain itu banyak pula bangunan sohor lainnya yang ia rancang, seperti Masjid Cipaganti, Bioskop Majestic, Hotel Preanger, Societeit Concordia (Gedung Merdeka), Villa Isola dan Gedung PLN Bandung.

Fasilitas Gereja Bethel Bandung

Meskipun Gereja Bethel ini merupakan gedung bersejarah yang kini menjadi situs cagar budaya yang dilindungi, Gereja Bethel ini tidak dibuka untuk umum layaknya sebuah museum atau seperti Hagia Sophia di Turki. Gereja Bethel ini masih aktif digunakan sebagai sarana ibadah. Jadi yang bisa masuk hanyalah mereka yang berkepentingan atau yang ingin melakukan ibadah.

Harga Tiket Masuk Gereja Bethel Bandung

Karena Gereja Bethel ini bukanlah sebuah museum, maka belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung yang ingin melihat keindahan gereja dari luar alias gratis.

Lokasi/Alamat Gereja Bethel Bandung

Secara administratif, Gereja Bethel ini berlokasi di Jl. Wastukencana, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Rute Menuju Gereja Bethel Bandung

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Gereja Bethel yang di desain oleh Schoemaker ini. Untuk bisa ketempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Gereja Bethel yang merupakan gereja tertua di Bandung ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: