Museum Bumi Manusia (Rumah Saksi Bisu Annelies dan Minke)

Museum Bumi Manusia

Sejak diresmikannya pada tanggal 13 Agustus 2019, museum ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan rumah yang dijadikan lokasi syuting film Bumi Manusia. Menurut sutradara film tersebut, museum ini juga dibangun sebagai monumen peringatan untuk orang-orang yang mencintai karya Pramoedya Ananta Toer. Setiap orang yang memasuki tempat ini hanya dibatas 10 pengunjung saja dan itupun hanya diberi waktu 30 menit untuk berkeliling mengeksplorasi museum.

Museum ini masih berisi barang-barang layaknya properti yang ada di film Bumi Manusia mulai dari ranjang tidur, pajangan di meja, lampu gantung, koper tua sampai gerobak delman yang terpajang di halaman depan museum.

Rumah Saksi Bisu Annelies dan Minke

Melalui karyanya Hanung Bramantyo berusaha mengenang dan menghidupkan kembali karya sastra Pramoedya Ananta Toer. Sosok-sosok yang berperan di dalam film ini merupakan gambaran dari tokoh yang dimaksudkan Pram dalam novelnya yang kemudian diangkat kedalam sebuah adegan film. Dalam film ini tergambar jelas bagaimana perjuangan seorang anak muda cendekia yang mempejuangkan cintanya walaupun berbagai rintangan menghalanginya.

Di rumah ini Annelies dan Minke bertemu dan menjalani kisah suka duka rumah tangga mereka yang akhirnya berujung dilematis. Perbedaan golongan kerap kali menjadi alasan bagi pasangan ini untuk terpisah. Suatu kisah sedih dibalut nuansa klasik yang sangat relevan dengan kehidupan dimasa itu.

Fasilitas Museum Bumi Manusia

Tempat wisata ini juga dilengkapi tempat parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang luas, warung-warung disekitaran tempat parkir, toilet umum, mushola, dan bagi pengunjung yang lelah saat berjalan-jalan ditempat ini bisa beristirahat sejenak disebuah cafe kecil yang tersebar di area Studio Alam Gamplong.

Harga Tiket Masuk Museum Bumi Manusia

Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi museum ini tidak perlu khawatir untuk membayar mahal karena harga tiket masuk Museum Bumi Manusia ini hanya akan dikenakan harga Rp 10.000 saja per 30 menit.

Setiap harinya tempat ini akan dibuka  mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00.

Parkir roda dua : Rp. 2.000/motor

Parkir empat : Rp. 5.000/mobil

Keterangan : Perubahan harga tiket masuk Museum Bumi Manusia dapat berubah sewaktu-waktu.

Lokasi/Alamat Museum Bumi Manusia

Secara administratif, Museum Bumi Manusia ini terletak di kawasan objek wisata Studio Alam Gamplong yang tepatnya berada di Dusun Gamplong 1, Desa Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Dukuh, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563.

Rute Menuju Museum Bumi Manusia

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Museum Bumi Manusia ini karena sudah bisa kamu jumpai di google maps sebagai arah petunjuk jalan. Untuk mengunjungi tempat ini bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Sudahkah kamu liburan kesini? Jangan lupa mampir ke Museum Bumi Manusia ini jika kamu liburan di Jogja, ajak teman dan keluarga untuk menikmati keindahan tempat-tempat instagramable di kota pelajar ini.

Happy Wonderful Traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: