Tamansari Water Castle Yogyakarta (Tempat Mandinya Permaisuri dan Putri-Putri Raja)

Tamansari Water Castle Jogja

Jogja merupakan salahsatu kota di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tersendiri karena adat budayanya. Di musim liburan, kota ini seringkali menjadi destinasi utama untuk didatangi oleh pelajar yang hendak melakukan study tour maupun liburan keluarga. Tidak hanya wisatawan asing tapi banyak pula wisatawan lokal yang berkunjung kekota ini untuk kesekian kalinya.

Bangunann iconic bersejarah yang menjadi tujuan wisata di Jogja salah satunya adalah Tamansari Water Castle. Selain bagus untuk dijadikan tempat swafoto tempat ini juga memiliki banyak cerita menarik dijamannya dulu.

Dibangun pada tahun 1758-1765/9 oleh Sultan Hamengku Buwono (HB I) yang berfungsi sebagai taman (the Fragrant Garden). Bangunan ini memiliki luas 10 hektare dan memiliki 57 bangunan yang berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Diantara beberapa bangunan yang ada di area ini, ada satu tempat unik dan seringkali dijadikan spot untuk berfoto karena bentuk bangunannya yang indah. Tempat ini dinamakan Umbul Pasiraman atau ada juga yang menyebutnya Umbul Binangun, bangunan ini merupakan kolam pemandian bagi Sultan, permaisuri, para istri (garwo ampil), serta para putri-putri raja. Kompleks ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Untuk sampai ke dalam tempat ini disediakan dua buah gerbang, satu di sisi timur dan satunya di sisi barat. Di dalam gerbang ini terdapat jenjang yang menurun. Di kompleks Umbul Pasiraman terdapat tiga buah kolam yang dihiasi dengan mata air yang berbentuk jamur. Di sekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Selain kolam juga terdapat bangunan di sisi utara dan di tengah sebelah selatan.

Tempat Mandinya Permaisuri dan Putri-Putri Raja

Didalam komplek area kolam Tamansari ini terdapat dua buah kolam (Umbul Muncar & Blumbung Kuras) yang berdampingan dan disebelah selatannya ada menara yang menghubungkan dua kolam ini dengan satu kolam khusus yang hanya menjadi tempat mandinya Sultan dan permaisurinya saja. Konon menurut cerita yang beredar bahwa menara yang memisahkan kolam merupakan tempat yang seringkali digunakan Sultan untuk melihat istri dan puterinya yang sedang mandi.

Fasilitas Tamansari Water Castle

Bangunan yang terletak ditengah-tengah pemukiman warga ini memiliki fasilitas umum yang diantaranya lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda empat dan roda dua, toilet umum, mushola, dan juga terdapat beberapa kantin untuk kamu yang kelelahan saat berkeliling dan berfoto ditempat ini.

Harga Tiket Masuk Tamansari Water Castle

Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, kamu tidak perlu menguras kantong dalam-dalam karena harga tiket masuk yang harus dibayar masih terbilang murah. Hanya dngan membayar Rp 5.000 saja kamu

Setiap harinya tempat ini akan dibukanΒ  mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 15.00.

Lokasi/Alamat Tamansari Watercastle Jogja

Secara administratif, Tamansari Water Castle Jogja ini berlokasi di Jl. Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Rute Menuju Tamansari Water Castle Jogja

Tak sulit untuk menemukan lokasi dari Tamansari Water Castle ini karena terletak di pusat kota Jogja. Untuk mengunjungi tempat ini bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Sudahkah kamu liburan kesini? Jangan lupa mampir ke Tamansari Water Castle ini jika kamu liburan di Jogja, ajak teman dan keluarga untuk menikmati keindahan tempat-tempat bersejarah di kota pelajar ini.

Happy Wonderful Traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: