Studio Alam Gamplong (Tempat Syutingnya Film Bumi Manusia)

Studio Alam Gamplong

Jika di Amerika ada Hollywood maka Indonesia juga punya Studio Alam Gamplong, walaupun tidak seluas Hollywood karena hanya berdiri diatas lahan seluas 2.5 hektare. Studio buatan ini sengaja dibangun oleh sutradara film ternama Hanung Bramantyo pada Oktober 2017 sebagai tempat syuting beberapa film yang diantaranya adalah Sultan Agung: The Untold Love Story, Habibie Ainun 2 dan tak ketinggalan juga Bumi Manusia.

Ditempat ini masih diberdiri beberapa bangunan bekas syuting film-film tersebut lengkap dengan propertinya dan bisa kamu gunakan untuk berfoto ala-ala selebgram. Terdapat beberapa spot foto cantik yang bisa kamu abadikan momennya saat berkunjung bersama teman dan keluarga seperti gerbang keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, kawasan kampung Mataram, dan Kampung Pecinan masa lampau.

Tempat Syutingnya Film Bumi Manusia

Saat kamu mendatangi tempat wisata ini, akan terdapat bangunan yang dijadikan rumah seorang  pemilik perkebunan dan perusahaan susu “Mellema Melk” milik Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh. Bangunan yang khas dan unik ini akan senantiasa dijaga oleh seorang petugas tempat wisata yang menggunakan pakaian seperti tokoh Darsam dan Parjiah.

Ditempat ini kamu hanya diberi waktu 30 menit untuk mengeksplorasi area rumah dan sekitarnya. Untuk saat ini hanya area lantai 1 saja yang dapat dimasuki oleh pengunjung, dan untuk lantai 2 masih belum dibuka untuk umum.

Beberapa barang yang dijadikan sebagai properti dalam film Bumi Manusia ini masih tersimpan utuh dirumah ini seperti gerobak delman, koper kulit, mesik ketik tua, lampu gantung, dan perabotan makan. Untuk itu bagi pengunjung yang mendatangi tempat ini dihimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan agar tempat ini tetap terawat sampai kapanpun.

Fasilitas Studio Alam Gamplong

Tempat wisata ini juga dilengkapi tempat parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang luas, warung-warung disekitaran tempat parkir, toilet umum, mushola, dan bagi pengunjung yang lelah saat berjalan-jalan ditempat ini bisa beristirahat sejenak disebuah cafe kecil yang tersebar di area Studio Alam Gamplong.

Harga Tiket Masuk Studio Alam Gamplong

Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini tidak perlu khawatir untuk membayar mahal karena harga tiket masuk Studio Alam Gamplong ini hanya sewajarnya saja dan tidak dipatok harga tertentu, kecuali untuk beberapa wahana tertentu seperti kereta tua dan Museum Rumah Annelies akan dikenakan harga tambahan Rp 10.000 saja per 30 menit.

Setiap harinya tempat ini akan dibuka  mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00.

Lokasi/Alamat Studio Alam Gamplong

Secara administratif, Studio Alam Gamplong ini berlokasi di Dusun Gamplong 1, Desa Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Dukuh, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563.

Rute Menuju Studio Alam Gamplong

Untuk mendatangi lokasi ini tak sulit, dari titik 0 kilometer kamu bisa menuju arah barat lurus. Ikuti jalan utama hingga sampai di Wates. Dari Jalan wates KM 15 tepatnya di pertigaan Klangon belok ke kanan lurus hingga akhirnya menyeberangi jembatan rel kereta api kemudian belok kiri. Ikuti jalan tersebut hingga akhirnya melihat sebuah lapangan. Ambil jalan sebelah kiri kurang lebih 300 meter. Berikut adalah petunjuk arah dari google maps yang bisa kamu gunakan sebagai navigasi :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Studio Alam Gamplong yang instagenic dan kekinian ini?. Yuk jangan lupa untuk ajak teman atau keluarga kamu agar acara traveling yang kamu buat semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: