Pantai Aan, Tempat Wisata di Lombok yang Hadirkan Hewan Unik

antara

sumber: Antara

Tempat wisata di Lombok menyimpan banyak sekali pantai yang mengagumkan, termasuk salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini memiliki garis pantai yang hanya dua kilometer saja. Namun, pantai ini menghadirkan sejumlah keunikan, termasuk salah satunya hewan unik.

Penasaran dengan keunikan pantai ini?

Aktivitas di Pantai Aan Lombok

Dikelilingi oleh bukit-bukit, pantai ini bisa kamu nikmati dengan menaiki bukit tersebut, yang paling ikonik Bukit Marese namanya. Namun, tentu saja, tidak akan lengkap kalau hanya dari atas bukit saja. Sediakan waktu untuk benar-benar “mantai” di kawasan ini. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, antara lain snorkelling, berenang atau sekadar bersantai.

Bersantai semakin nikmat karena sudah tersedia beberapa payung di pinggiran pantai. Payung tersebut menggunakan atap jerami yang ditopang oleh kayu. Sembari bersantai, kamu bisa menikmati kelapa muda yang menyegarkan. Oh ya, di sana juga sudah tersedia beberapa restoran yang berdiri di deretan pinggiran pantai.

superadv

sumber:superadventure.co.id

Yang Unik dari Pantai Aan

Nah, ini dia yang unik dari Pantai Aan. Hewan yang dinamakan sebagai “nyale”, yaitu jenis cacing laut yang bakal muncul di waktu tertentu. Sebenarnya bukan hanya di Lombok saja sih, tetapi cacing ini juga ada di Sumbawa dan Maluku. Geli? Eits, justru harusnya ini bakal jadi hal menantang yang pastinya jarang ada di tempat lainnya.

Kalau kamu ingin menikmati Pantai Aan dengan lebih semarak, datanglah pada bulan Februari. Ada acara spesial dinamakan Ritual Bau Nyale. Ritual tersebut ada hubungannya dengan mitos masyarakat sekitar mengenai Putri Mandalika. Putri tersebut melompat dari ketinggian bukit karena ingin menghindari pangeran yang ingin melamarnya. Kemudian, mitos tersebut memercayai kalau putri tersebut berubah menjadi “nyale”, atau cacing laut. Cacing laut tersebut kini sering dijadikan bahan masakan setempat. Jika kamu berani, cobalah kuliner khas Lombok ini.

wisatalah

sumber:wisatalah.com

Lokasi dan Rute Pantai Aan

Untuk mencapai lokasi Pantai Aan, kamu bisa berangkat dari Kota Mataram. Selanjutnya, kamu akan menempuh sekitar 75 kilometer mencapai Pantai Kuta Lombok. Kemudian, lanjutkan perjalanan sekitar 3 kilometer mencapai lokasi Pantai Aan.

Rutenya adalah sebagai berikut: Mataram, Cakranegara, Kediri, Praya, kemudian ke Batunyale, Sengkol, Rambitan, Sade dan Kuta kemudian sampai ke lokasi Pantai Aan. Untuk mencapai Pantai Aan, disarankan untuk sewa mobil atau motor saja. Ini karena kendaraan umum di sana masih sangat minim dan cukup merepotkan.

Tidak cuma Pantai Aan, di sekitaran lokasi tersebut, kamu juga bisa kunjungi beberapa pantai lainnya. Beberapa pantai tersebut, antara lain Pantai Seger, Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta Lombok.

Beberapa Tips Berwisaata ke Lokasi Pantai Aan

Adapun beberapa hal yang harus kamu ingat saat akan berkunjung ke sana, antara lain:

  • Berangkat pagi hari agar punya cukup waktu berkunjung ke pantai-pantai lainnya. Kecuali jika kamu ingin menginap di sana.
  • Bawa uang tunai karena kamu tidak akan temukan ATM di sana. Daripada nanti tidak punya uang, mending bawa dalam jumlah lebih banyak, ya.
  • Bawa baju ganti kalau ingin bermain air di sekitaran pantai. Apalagi Pantai Aan memang cocok digunakan sebagai tempat berenang.
  • Disarankan untuk kenakan sepatu jika ingin menaiki perbukitan di sekitar Pantai Aan.

Untuk hotel terdekat di sekitar Pantai Aan, antara lain adalah Bumbangku Beach Cottage dan Novotel Lombok Hotel. Bila ingin berpetualang mengunjungi semua tempat menarik di Lombok, boleh contek Itinerary berikut ini. Sudah siap untuk berkunjung ke tempat wisata di Lombok satu ini?

 

Iklan

2 respons untuk ‘Pantai Aan, Tempat Wisata di Lombok yang Hadirkan Hewan Unik

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: