Curug Mandala Panaruban Subang (Air Terjun Bertingkat yang Bikin Gak Mau Pulang)

Curug Mandala Panaruban Subang

Curug Mandala adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Subang, tepatnya di kampung Panaruban. Curug Mandala ini memiliki keunikan yaitu pemandangan alamnya yang hijau dan indah. Dan ditempat ini pula kamu bisa membuka tenda untuk kegiatan berkemah. Keindahan dari Curug Mandala ini ditambah oleh hadirnya perkebunan teh yang menghampar luas dan hijau.

Terkait dengan penamaan air terjun ini masih belum ada informasi yang jelas dan sumber yang dapat dipercaya sebagai suatu kebenaran. Namun beberapa informasi yang beredar di masyarakat khususnya para sesepuh Panaruban, Subang. Dikabarkan bahwa dulu ada seorang patih dari kerajaan di tanah pasundan yang bernama Patih Mandala. Dikabarkan ia bertapa dan โ€œmoksaโ€ (mati dengan cara menghilang tanpa meninggalkan jejak/jasad menuju nirwana) ditempat ini. Dengan kisah tersebutlah, maka air terjun ini dinamakan Curug Mandala.

IMG_20170813_084018

IMG_20170813_083234

Air Terjun Bertingkat yang Bikin Gak Mau Pulang

Selain memiliki keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan, Curug Mandala ini memiliki banyak keunikan yaitu memiliki aliran air terjun yang bertingkat. Yang dinamakan Curug Mandala adalah aliran air terjun yang paling tinggi menjulang dan berada dilantai paling bawah. Namun diatas Curug Mandala ini terdapat beberapa undakan aliran air yang terjun yang lebih kecil, dan bila dilihat dari atas menggunakan drone, maka akan terlihat seperti lantai yang memiliki undakan tangga.

IMG_20170813_084043

Fasilitas Curug Mandala Panaruban Subang

Curug Mandala kini sudah menjadi wisata andalan yang berada di kampong Panaruban, Subang yang dikelola secara resmi oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII milik pemerintah Indonesia dan bekerjasama langsung dengan pemuda Karang Taruna Panaruban, Subang. Karena telah dikelola secara resmi, maka fasilitas umum pun sudah tersedia dengan cukup baik ditempat ini, mulai dari lahan parkir kendaraan roda dua, toilet, mushola, serta beberapa taman dan saung bambu untuk beristirahat. Selain itu akses tangga dari pintu masuk menuju lokasi Curug Mandala sudah tersedia, jadi kamu tidak takut terpeleset karena jalanan yang licin saat musim hujan tiba.

IMG_20170813_085021

IMG_20170813_084717

Tiket Masuk Curug Mandala Panaruban Subang

Cukup murah meriah untuk bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Wisata Alam Curug Mandala Panaruban ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah/orang, serta biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 2.000 rupiah/kendaraan.

Lokasi/Alamat Curug Mandala Panaruban Subang

Secara administratif, Curug Mandala ini berlokasi di kampong Panaruban, Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Mandala Panaruban Subang

Untuk bisa sampai ke Curug Ciastana ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu karena letaknya yang sangat terpencil ditengah perkebunan teh. Kendaraan roda empat hanya mampu mengantar sampai pertigaan jalan raya yang masih beraspal. Selanjutnya adalah hanya bisa dilakukan dengan kendaraan roda dua atau dengan berjalanan kaki.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua pun harus berhati-hati, karena jalan yang dilalaui cukup sempit dan berbatu. Patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju Subang, dan pertigaan menuju Curug Mandala ini berada di sebalah kiri sebuah tugu sebelum Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Curug Mandala yang bertingkat dan kekinian ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

5 thoughts on “Curug Mandala Panaruban Subang (Air Terjun Bertingkat yang Bikin Gak Mau Pulang)

Add yours

  1. Beberapa bulan lalu pernah kesini kang, tapi saya cuma sampe curug yang paling tinggi. Tinggal turun doang, trekking sekitar 10 menit.

    Curugnya memang bagus, tapi akses kesininya yang PR banget hahahaha.

    Btw saya juga ada blog di Heriand.com ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: