Curug Sigay Gegerkalong (Air Terjun Tersembunyi di Permukiman Padat Penduduk)

Curug Sigay Gegerkalong

Curug Sigay adalah salah satu air terjun yang berada di Kota Bandung tepatnya berada di kawasan Gegerkalong yang terkenal dengan pesantren milik Aa Gym. Curug Sigay ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan mengalir dari Sungai Cibeureum. Dibawah Curug Sigay ini terdapat sebuah danau kecil, hasil dari tumpahan air terjun Curug Sigay. Air terjun yang berbatasan langsung antara Kota Bandung dan Kab. Bandung Barat ini terbentuk dari lava yang mendingin hasil letusan dahsyat Gunung Pra-Sunda (letusan Gunung Jayagiri, kakek Gunung Tangkuban Perahu).

Penamaan Curug Sigay diambil dari bahasa sunda, yaitu “sigay” yang berarti sebuah bambu panjang yang diantara bilah-bilahnya dibuat ceruk (titian untuk memanjat), sehingga bambu tersebut bisa dijadikan sebuah tangga. Sigay tersebut biasa dijadikan tangga oleh warga untuk mengambil kawung atau enau. Dan memang dahulu kawasan Gegerkalong khususnya Geger Arum dimana Curug Sigay ini berada memang sebuah hutan dan perkebunan warga yang belum banyak rumah seperti saat ini.

IMG_20170808_090116

IMG_20170808_085825

Air Terjun Tersembunyi di Permukiman Padat Penduduk

Sangat disayangkan Curug Sigay ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah, pengurus desa, pengurus Karang Taruna dan bahkan warganya sendiri. Kondisi terkini dari Curug Sigay ini sangat memprihatinkan, banyaknya sampah yang dibuang melalui aliran sungai serta kotornya air yang cenderung keruh menjadikan Curug Sigay ini menjadi terbengkalai. Hanya beberapa warga sekitar saja yang memanfaatkan Curug Sigay ini sebagai tempat memancing.

IMG_20170808_090602

Padahal selain bisa digunakan untuk tempat memancing, Curug Sigay ini mampu menjadi objek wisata alam utama yang berada di Kampung Geger Arum, dan bahkan jarang sekali ada air terjun ditengah permukiman padat penduduk. Bila saja semua aspek dari pengurus daerah, desa hingga pemuda Karang Taruna ingin bersama-sama bekerjasama, maka Curug Sigay ini mampu menjadi objek wisata andalan yang mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Lebih dari itu perekonomian dari desa Geger Arum mampu terangkat dan menjadi desa wisata di Kota Bandung. Dan hal itu akan diperkuat lagi karena diatas Curug Sigay ini juga terdapat air terjun lainnya yang lebih kecil dan dipinggir jalan.

IMG_20170808_090933

Fasilitas Curug Sigay Gegerkalong

Meskipun berada di tengah kota dan di perkampungan padat penduduk tak menjadikan Curug Sigay ini memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang hendak berkunjung, bahkan untuk lahan parkir kendaraan roda dua saja sangat sulit. Namun bagi kamu yang ingin berkunjung ketempat ini menggunakan kendaraan roda dua, kamu bisa memarkirkannya disebuah lapangan kecil yang tak jauh dari keberadaan Curug Sigay ini.

Tiket Masuk Curug Sigay Gegerkalong

Karena belum dikelola oleh pihak mana pun, maka tidak ada pungutan tiket masuk untuk pengunjung alias gratis. Dan untuk parkir pun kamu tidak perlu membayar, karena belum ada petugas parkir yang menjaganya.

Lokasi/Alamat Curug Sigay Gegerkalong

Secara administratif, Curug Sigay ini berlokasi tepat dibelakang kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), di Babakan Nagawir RT. 04 RW. 06, di Jalan Geger Arum Baru, Gegerkalong Girang, Desa Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sigay Gegerkalong

Untuk bisa sampai ke Curug Sigay bisa ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba dan menuju permukiman Geger Arum Baru, jalanan akan semakin sempit dan masuk ke dalam gang permukiman warga. Jadi disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua, atau lebih baik dengan berjalan kaki.

Untuk bisa tiba di Curug Sigay, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan kampus UPI Bandung atau Gegerkalong dimana terdapat pesantren Darut Tauhid milik Aa Gym. Dari Pesantren Darut Tauhid tersebut lanjutkan perjalanan sekitar 2 Km menuju kawasan Geger Arum Baru (tepat berada dibelakang kolam renang UPI).

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Sigay yang unik ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: