Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan (Danau di Tengah Kebun Teh yang Sunyi)

Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan

Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan adalah sebuah danau alami yang terbentuk oleh proses alam yang berlokasi di Perkebunan Teh Pasir Malang, Pangalengan. Dan Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan ini berada tak jauh dari pusat Pabrik Teh PTPN VIII yang sudah beroperasi sejak tahun 1889, saat itu perkebunan tersebut dirintis oleh K.A.R. Bosscha.

IMG_20170723_145412

IMG_20170723_142644

 

Meskipun danau ini memiliki ukuran yang kecil dan jauh bila dibandingkan dengan Situ Cileunca yang berlokasi tak jauh dari keberadaan Situ Ninah/Situ Datar Baru, tapi tempat ini memiliki keunikan yaitu tempatnya yang sejuk dan berada tepat di tengah perkebunan teh Pasir Malang yang menjadikannya sangat sejuk dan asri.

IMG_20170723_145416

Danau di Tengah Kebun Teh yang Sunyi

Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang berfungsi untuk pengairan perkebunan, namun kini Danau Pasir Malang ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat memancing dan sebagai sumber air untuk keperluan mencuci baju warga sekitar. Saat sore hari, di danau ini banyak berkumpul bapak-bapak dan pemuda pria yang menghabiskan waktu sore mereka untuk berburu ikan yang hidup secara alami di danau ini.

IMG_20170723_145116

IMG_20170723_144952

Fasilitas Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan

Meskipun terletak tak jauh dari perkampungan warga dan pusat Pabrik Teh PTPN VIII tak menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata unggulan di kawasan Pasir Malang. Hal itu terlihat dari minimnya fasilitas umum yang ada ditempat ini. Di kawasan Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang hanya terdapat sebuah toilet umum sederhana yang bisa digunakan. Dan bahkan untuk lahan parkir kendaraan saja ditempat ini masih belum tersedia.

Tiket Masuk Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan

Karena Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang ini belum dikelola secara resmi sebagai tempat wisata umum, maka belum diberlakukan sistem retribusi tiket untuk pengunjung alias masih gratis.

Lokasi/Alamat Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan

Secara administratif, Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang ini berlokasi di Desa Margaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang Pangalengan

Untuk bisa sampai ke Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba menuju lokasi perkebunan teh, jalanan yang akan dilalui akan semakin kecil, dan kendaraan yang bisa lewat hanya kendaraan roda dua saja. Jadi untuk kamu yang menggunakan mobil, bisa memarkirkan kendaraan ditempat yang cukup luas dan aman, selanjutnya perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejuah 500 meter.

Untuk bisa tiba di Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pangalengan tepatnya Perkebunan Teh Pasir Malang milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Dari pertigaan Perkebunan Teh Pasir Malang lanjutkan perjalanan menuju kebun teh yang menghampar luas sejauh 2 Km.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Situ Ninah/Situ Datar Baru Pasir Malang yang masih sangat anti mainstream dan sunyi ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: