Curug Dewa Pangalengan (Air Terjun Tersembunyi di Belakang Pembangkit Listrik)

Curug Dewa Pangalengan

Curug Dewa adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Pangalengan. Air terjun ini sudah sejak lama terkenal dikalangan warga Pangalengan. Namun sayang, kini pesonanya semakin terkalahkan dengan beberapa tempat wisata baru yang ada di Pangalengan. Adanya beberapa air terjun yang baru ditemukan seperti Curug Panganten, Curug Mega dan Curug Cemewew semakin mengaburkan pesona dari air terjun yang satu ini.

Tak ada yang mengetahui secara pasti mengapa air terjun ini dinamai sebagai Curug Dewa. Curug Dewa ini berada tepat dibawah hutan kaki Gunung Tilu Pangalengan. Air yang mengalir dari air terjun ini berasal dari Situ Cileunca yang mengalir melalui Sungai Palayangan.

Tak jauh dari Curug Dewa ini, kamu bisa melihat keindahan air terjun Curug Ceret yang berada tepat dipinggir jalan dan bersebelahan dengan Curug Dewa ini. Dinamakan Curug Ceret karena letaknya yang berada dipinggir jalan dan kerap kali menyiprati para pengguna jalan yang sedang lewat. Untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Ceret ini secara maksimal, kamu harus datang ketempat ini saat musim hujan, atau saat curah hujan sedang tinggi.

IMG_20170704_161813

IMG_20170704_161853

Air Terjun Tersembunyi di Belakang Pembangkit Listrik

Curug Dewa ini berada tepat dibelakang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Plengan Pangalengan. Dan karena letaknya tersebut, maka Curug Dewa ini dikelola oleh Indonesia Power PLTA Plengan. Untuk bisa tiba di Curug Mega, kamu hanya perlu masuk dari pintu masuk PLTA Plengan. Dan air terjun ini berada tepat dibelakang kantor utama PLTA Plengan.

Tak hanya keindahan beberapa air terjun yang ada dikawasan PLTA Plengan ini yang bisa kamu eksplor untuk dijadikan lokasi berfoto. Di kawasan PLTA Plengan ini terdapat sebuah pipa raksasa sebagai aliran air yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Pipa tersebut juga unik dan bisa dijadikan spot berfoto yang anti mainstream.

IMG_20170704_161946

Fasilitas Curug Dewa Pangalengan

Meskipun Curug Dewa ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan tak terlalu tinggi. Tapi Curug Dewa ini sudah memiliki beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir kendaraan bermotor, toilet dan beberapa kursi bambu yang bisa dijadikan tempat duduk dan beristirahat sambil menikmati kesejukan alam sekitar.

Tiket Masuk Curug Dewa Pangalengan

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Curug Dewa, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 3.000 rupiah/orang. Dan biaya parkir kendaraan sebesar 2.000 rupiah/motor dan 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi/Alamat Curug Dewa Pangalengan

Secara administratif, Curug Dewa ini berlokasi di Jalan Raya Pangalenagn. Desa Pulosari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Dewa Pangalengan

Untuk bisa sampai ke Curug Dewa ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba dan menuju pertigaan jalan menuju Curug Dewa, jalanan akan semakin sempit dan hanya cukup untuk satu mobil. Jadi disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa mengunjungi Curug Dewa ini.

Untuk bisa tiba di Curug Dewa, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pangalengan tepatnya menuju PLTA Plengan Pangalengan. Dari pertigaan tersebut lanjutkan perjalanan sekitar 5 Km melewati jalanan yang berkelok.

IMG_20170704_171343

Tak perlu khawatir tidak menemukan air terjun ini. Warga sekitar PLTA Plengan juga sudah banyak yang mengetahui dari keberadaan Curug Dewa ini. Setelah sampai di depan pintu masuk PLTA Plengan, kamu hanya perlu meminta izin kepada petugas keamanan/Satpam untuk mengunjungi Curug Dewa. Dengan baik hati ia akan menunjukkan jalannya kepada kamu.

IMG_20170704_164001

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Dewa yang unik ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: