Danau Malabar Kertamanah Pangalengan (Danau Buatan yang Bikin Hati Tenang)

Danau Malabar Kertamanah Pangalengan

Danau Malabar adalah sebuah danau buatan yang berlokasi di Kertamanah, Pangalengan. Namun Danau Malabar ini berada jauh diatas sebuah bukit, dan berada dekat dengan perkebunan kopi dan sayur milik salah seorang warga Kertamanah yang juga pemilik Kopi Malabar.

Meskipun danau ini memiliki ukuran yang kecil dan jauh bila dibandingkan dengan Situ Cileunca yang ada di Pangalengan atau Situ Patenggang yang ada di Ciwidey, tapi tempat ini memiliki keunikan yaitu tempatnya yang sejuk dan sangat tersembunyi. Untuk bisa sampai ditempat ini, kamu melewati jalanan perkebunan dengan jalan menanjak dan berbatu.

DCIM101MEDIA

DCIM101MEDIA

Danau Buatan yang Bikin Hati Tenang

Danau Malabar ini adalah danau buatan yang pembuatan awalnya adalah untuk pengairan perkebunan, namun kini Danau Malabar akan dijadikan sebuah tempat wisata alam terpadu yang mengedepankan keindahan dan kedekatan dengan alam. Dan danau ini cocok untuk dijadikan tempat camping, gathering kantor/komunitas, reuni dan acara lainnya.

DCIM101MEDIA

Selain tempatnya yang tersembunyi dan masih anti mainstream. Ditempat ini juga terdapat sebuah rumah pohon yang tak terlalu tinggi dan bisa dijadikan tempat untuk berteduh dan mengobrol bersama beberapa teman, sahabat dan keluarga saat mengunjungi tempat ini. Dijamin suasana yang hening ditempat ini bisa membuat hatimu tenang dan damai.

IMG_20170704_131013

Fasilitas Danau Malabar Kertamanah Pangalengan

Meskipun tempat ini milik seseorang dan akan dikelola menjadi sebuah tempat wisata baru yang ada di Kertamanah, Pangalengan. Tapi tempat ini masih sangat minim fasilitas. Ditempat ini belum ada fasilitas umum seperti mushola, toilet dan lahan parkir untuk kendaraan motor/mobil. Hal itu karena Danau Malabar ini masih dalam rintisan tempat wisata. Akses jalan pun masih baru tahap pengerjaan, dari yang semula jalanan tanah merah, kini sudah diberi batu agar tidak licin dan selip.

Tiket Masuk Danau Malabar Kertamanah Pangalengan

Karena masih dalam tahap rintisan tempat wisata, kamu belum dikenakan biaya tiket masuk. Namun, nanti saat semua fasilitas dan akses jalan sudah siap, maka akan diberlakukan system tiket kepada pengunjung.

Lokasi/Alamat Danau Malabar Kertamanah Pangalengan

Secara administratif, Danau Malabar ini berlokasi di Desa Marhamulya, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Danau Malabar Kertamanah Pangalengan

Untuk bisa sampai ke Danau Malabar ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba menuju lokasi perkebunan kopi yang terdapat plang dan penjagaan pos, jalanan yang akan dilalui akan semakin sulit, karena jalanan semakin menanjak dan berbatu. Kendaraan yang paling cocok untuk melewati jalanan ini adalah kendaraan motor/mobil trail, namun sayang kendaraan jenis ini sama sekali tidak diizinkan untuk masuk.

Untuk bisa tiba di Danau Malabar, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pangalengan tepatnya Perkebunan Teh Kertamanah milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Dari pertigaan Perkebunan Teh Kertamanah ambil jalur kanan menuju kebun teh yang menghampar luas.

Lanjutkan perjalanan sekitar 4 km hingga menemukan sebuah pertigaan yang menunjukkan arah dari Danau Malabar. Pertigaan tersebut ditandai oleh adanya sebuah warung kecil. Dari pertigaan tersebut, perjalanan masih berlanjut sekitar 4 Km. Arahkanlah kendaraan kamu hingga mentok menemukan sebuah rumah yang dibelakangnya terdapat perkebunan kopi.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Danau Malabar yang masih sangat anti mainstream dan tersembunyi ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: