Curug Cisarua Cisewu Garut (Air Terjun Purba yang Penuh Cerita Sejarah)

Curug Cisarua Cisewu Garut

Air terjun yang unik ini bernama Curug Cisarua. Dinamakan Curug Cisarua karena air terjun ini berada di Kampung Cisarua. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Air yang mengalir dari atas tebing ini memiliki air yang sangat jernih walaupun saat musim hujan sekalipun.

Curug Cisarua ini merupakan salah satu air terjun anti mainstream yang ada di kawasan Cisewu Garut. Saat melakukan perjalanan menuju Pantai Rancabuaya via Cisewu, kamu akan melihat semburan air terjun ini yang terlihat dari kejuahan dari pinggir jalan.

Kebanyakan dari pelancong yang melakukan perjalanan merasa enggan untuk datang ketempat ini karena harus melewati pesawahan yang cukup luas dengan jalan setapak yang sangat kecil. Namun bagi kamu yang hobi traveling ke alam bebas, nampaknya kamu wajib datang ke Curug Cisarua ini karena air terjunnya yang sangat unik dan bikin sejuk mata serta pikiran.

IMG_20170628_170607

IMG_20170628_170800

Air Terjun Purba yang Penuh Cerita Sejarah

Curug Cisarua ini selain memiliki keunikan airnya yang jernih, juga memiliki pemandangan alam yang sangat hijau. Sebelum tiba ditempat ini, kamu harus berjalan menyusuri pesawahan yang terhampar hijau. Jika bosan dengan suasana perkotaan, berjalan diantara pematang sawah ini mampu membuat hati dan pikiran kamu kembali jernih dan damai.

Keunikan dari Curug Cisarua ini yang tak dimiliki oleh air terjun lainnya adalah terdapatnya dinding berbatu dengan kontur yang unik. Dinding batu tersebut memiliki kontur yang disebut columnar joint. Dan jika dilihat dari segi geografis, terbentuknya dinding batu tersebut sebagai akibat dari letusan sebuah gunung api yang terjadi pada ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Jadi bisa dibilang bahwa Curug Cisarua ini sudah ada sejak zaman prasejarah dulu. Tak sedikit pula para mahasiswa dan peneliti yang khusus meneliti batuan yang ada di Curug Cisarua ini. Konon disebutkan bahwa batu yang berada di dinding air terjun ini adalah batu tertua yang berada di kawasan Cisewu.

IMG_20170628_170411

Fasilitas Curug Cisarua Cisewu Garut

Karena tempat ini belum menjadi tempat wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah dan pengurus desa, maka fasilitas umum belum terdapat ditempat ini. Bahkan untuk lahan parkir kendaraan saja tidak tersedia. Kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu dipinggir jalan raya atau didekat rumah warga yang berjarak sekitar 200 m dari Curug Cisarua. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati dalam memarkirkan kendaraan kamu. Jangan sampai kendaraan kamu diambil orang, atau bahkan keserempet mobil/truk yang sedang lewat.

Tiket Masuk Curug Cisarua Cisewu Garut

Karena belum dikelola oleh pihak mana pun, maka tidak ada pungutan tiket masuk untuk pengunjung alias gratis. Biaya yang harus dikeluarkan adalah hanya biaya parkir kendaraan saja apabila ada petugas parkir yang menjaga kendaraan.

Lokasi/Alamat Curug Cisarua Cisewu Garut

Secara administratif, Curug Cisarua ini berlokasi di RT. 04. RW. 05. Kampung Cisarua, Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cisarua Cisewu Garut

Untuk bisa sampai ke Curug Cisarua ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Jalanan menuju lokasi ini sudah sangat baik dan lebar, namun di beberapa titik terdapat jalanan yang rusak dan berlubang.

Arah yang harus diambil pertama kali adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Cisewu Garut. Setelah berada di kawasan Cisewu harap memperlambat kendaraan karena belum adanya plang penunjuk arah untuk menuju Curug Cisarua. Namun patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju Kampung Cisarua, Desa Cisarua. Dan air terjun ini sudah bisa terlihat jelas keberadaannya dari pinggir jalan raya.

IMG_20170628_172618

IMG_20170628_172630

Karena belum terdaftarnya Curug Cisarua di google maps. Maka kamu hanya bisa mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Cisewu dimana Curug Cisarua ini berada. Namun perlu diingat bahwa Curug Cisarua ini berada cukup jauh dari pusat Kecamatan Cisewu.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Cisarua yang unik dan penuh sejarah ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: