Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang (Miniatur Ranukombolo Semeru yang Asik Buat Menyendiri)

Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang

Danau Unik ini kini memiliki nama baru yaitu Danau Sunyaruri. Sunyaruri dalam bahasa Indonesia berarti “keheningan”. Dinamakan Danau Sunyaruri karena ditempat ini betul-betul hening dan sangat jauh dari kebisingan dan aktifitas manusia. Danau Sunyaruri ini berada ditengah-tengah perbukitan yang ditumbuhi oleh rerumputan yang tinggi, karena hal itu pula banyak yang tak mengira bahwa dibalik sebuah bukit terdapat sebuah danau yang unik ini. Sesuai dengan namanya, danau ini seringkali didatangi oleh warga sekitar yang ingin “ngadem” sambil mancing di danau ini untuk menikmati keheningan dari tempat ini.

Selain banyak netizen khususnya di instagram yang menyebut danau ini sebagai sebutan Danau Sunyaruri, tapi warga sekitar lebih akrab menyebut danau ini sebagai “Cekdam”. “Dam” memiliki arti sebuah danau. Dan danau inilah yang menjadi sumber air untuk mengairi perkebunan dan persawahan milik warga. Karena danau ini berada di daerah Pamulihan, maka warga menyebut tempat ini sebagai Cekdam Pamulihan.

IMG_20170615_103809

IMG_20170615_103824

Miniatur Ranukombolo Semeru yang Asik Buat Menyendiri

Danau Sunyaruri ini memiliki luas sebesar lapangan bola dan memiliki keunikan yaitu pemandangannya yang indah karena berada di tengah sebuah bukit. Dan karena letaknya tersebutlah banyak yang menyandingkan pesona dari Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini dengan Ranukombolo yang ada di Gunung Semeru. Dan tak sedikit pula yang menyebut tempat ini sebagai miniatur Ranukombolo di tanah Sumedang.

Selain tempatnya yang masih asri, hawa dan udara ditempat ini juga sangat sejuk. Jadi sangat cocok buat kamu yang ingin menyendiri dan mencari inspirasi, apalagi buat kamu yang ingin merasakan keheningan dan jauh dari hingar bingar perkotaan.

IMG_20170615_103049

 

IMG_20170615_103517

Fasilitas Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang

Karena tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata alam seperti yang ada di kawasan Sumedang, maka fasilitas umum belum terdapat ditempat ini. Bahkan untuk parkir kendaraan saja belum tersedia ditempat ini. Jika kamu membawa kendaraan maka kamu bisa memarkirkan kendaraan di depan rumah warga atau di pinggir jalan, karena selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki.

Tiket Masuk Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang

Karena tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata resmi yang belum dikelola oleh pihak pemerintah desa maupun pemerintah swasta, maka pengunjung yang datang ke Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini belum dikenakan sebuah tiket masuk alias masih gratis.

Lokasi/Alamat Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang

Secara administratif, Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini berlokasi di Desa Cimarias, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang

Untuk bisa sampai ke Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba dan menuju pertigaan jalan menuju Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan, jalanan akan semakin sempit dan hanya cukup untuk satu mobil. Jadi disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa mengunjungi Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini.

Karena masih sangat anti mainstream dan belum terdaftar di google maps, maka Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini cukup sulit ditemukan. Namun, tak perlu khawatir kamu bisa menemukan Desa Cimarias di google maps. Setelah tiba di Desa Cimarias kamu hanya perlu bertanya kepada warga sekitar yang notabene sudah pada tahu dari keberadaan Cekdam Pamulihan ini.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Danau Sunyaruri/Cekdam Pamulihan ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

One thought on “Danau Sunyaruri / Cekdam Pamulihan Sumedang (Miniatur Ranukombolo Semeru yang Asik Buat Menyendiri)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: