Tempat Traveling

Curug Ngebul Cianjur Selatan (Air Terjun Tersembunyi yang Bikin Lupa Pulang)

Curug Ngebul Cianjur Selatan

Curug Ngebul adalah salah satu air terjun yang berada di Cianjur Selatan, dan berada di perbatasan Kabupaten Bandung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit airnya yang deras. Dinamakan Curug Ngebul adalah karena saat air ini jatuh dari atas tebing menghasilkan hembusan dan uap air yang banyak seperti asap yang keluar dari hasil pembakaran. Dan dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti ngebul (bahasa sunda: mengepul).

IMG_20161127_123006

Spot terbaik dari Curug Ngebul ini tak hanya bisa dinikmati dari jarak dekat. Namun kamu bisa berjalan kaki ke sebuah bukit untuk melihat keindahan dari Curug Ngebul ini dari ketinggian. Terlihat sangat indah dan menawan.

IMG_20161127_135432

IMG_20161127_135300

Air Terjun Tersembunyi yang Bikin Lupa Pulang

Curug Ngebul yang berada di Cianjur Selatan ini hadir layaknya sebuah surga tersembunyi di tanah Pasundan. Tak hanya keindahan dari air terjunnya saja yang terlihat tinggi dan megah. Namun pemandangan alam sekitar dari air terjun ini sangat sayang untuk dilewatkan. Curug Ngebul ini berada di sebuah barisan tebing yang tinggi dan hijau. Pemandangan alam sekitar pun semakin cantik karena ditumbuhi oleh beberapa tanaman dan bunga hias yang berwarna-warni.

Tak jauh dari Curug Ngebul terdapat sebuah danau kecil yang airnya sangat jernih dan dingin. Aliran air dari Curug Ngebul kemudian mengalir pada sebuah sungai kecil. Jika kamu camping di Curug Ngebul ini, maka kamu bisa mandi dan mengambil air untuk keperluan masak dan minum di sungai ini.

IMG_20161127_120916_HDR

IMG_20161127_123015

 

Fasilitas Curug Ngebul Cianjur Selatan

Sama seperti saudaranya Curug Citambur, Curug Ngebul kini sudah dikelola secara resmi oleh PT. Perhutani milik pemerintah Indonesia. Maka fasilitas umum pun sudah mulai dibangun ditempat ini. Fasilitas umum yang bisa kita nikmati antara lain, lahan parkir yang luas (hanya untuk motor), beberapa warung yang menjual makanan dan minuman, saung/tempat istirahat, toilet dan mushola.

Selain fasilitas umum tersebut, ditempat ini juga tersedia lahan camping ground bagi kamu yang ingin merasakan camping di alam terbuka yang dekat dengan air terjun dan masih alami.

Tiket Masuk Curug Ngebul Cianjur Selatan

Untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Ngebul, kamu hanya dikenakan tiket masuk sebesar 7.500 rupiah/orang. Serta tiket parkir kendaraan motor sebesar 5.000 rupiah/motor. Gimana wisata yang murah meriah bukan?.

Lokasi/Alamat Curug Ngebul Cianjur Selatan

Secara administratif, Curug Ngebul ini berlokasi di Desa Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 43266.

Rute Menuju Curug Ngebul Cianjur Selatan

Untuk bisa sampai ke Curug Ngebul ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, hal itu karena letaknya yang sangat terpencil, jalannya sangat sempit dan berbatu. Dengan menggunakan kendaraan roda dua pun harus berhati-hati apalagi bagi kamu yang menggunakan kendaraan matic. Jalanan yang sangat sempit, menanjak dan berbatu bisa membahayakan kamu yang membonceng seseorang.

Rute yang harus ditempuh adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pagelaran. Setelah sampai di daerah Cipari, ambil jalur kanan yang menuju Desa Bunijaya. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan persimpangan menuju arah Cilameta, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Kampung Rawa Soro. Dari kampong ini kamu sudah sampai dan selanjutnya perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Curug Ngebul yang eksotis dan indah ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

2 thoughts on “Curug Ngebul Cianjur Selatan (Air Terjun Tersembunyi yang Bikin Lupa Pulang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s