Tempat Traveling

Curug Mega Pangalengan (Air Terjun Tersembunyi di Tengah Perkebunan Sayur)

Curug Mega Pangalengan

Air terjun ini bernama Curug Mega dan berlokasi di kawasan Pangalengan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Bentuk dari air terjun ini cukup unik karena berbentuk lebar dan mengembang pada bagian bawah saat air jatuh ke dasar tanah, dan mirip seperti sebuah selendang yang sedang digeraikan.

Air terjun ini memiliki nama yang banyak. Mulai dari Curug Alit (bahasa sunda: kecil), hal itu karena ukuran air terjun ini yang kecil. Ada juga beberapa warga sekitar yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Sasak (bahasa sunda: jembatan), hal itu karena sebelum tiba di air terjun ini kamu harus melewati jembatan kayu yang dibawahnya terdapat sungai dari hasil aliran air terjun ini.

Dari sebagian banyaknya penamaan air terjun ini, yang paling terkenal adalah Curug Mega. Tak ada yang tahu pasti kenapa air terjun ini bernama Curug Mega. Usul punya usul, nama tersebut disematkan oleh seorang traveler yang datang ke tempat ini dan mengunggahnya di instagram untuk pertama kali dengan sebutan Curug Mega. Hingga akhirnya menyebarlah di sosial media, dan hingga kini air terjun ini terkenal dengan sebutan Curug Mega.

IMG_20170604_123816_HDR

IMG_20170604_123829_HDR

Air Terjun Tersembunyi di Tengah Perkebunan Sayur

Selain bentuk dan namanya yang unik, air terjun ini memiliki keunikan lainnya yaitu tempatnya yang sangat tersembunyi. Sebelum kamu tiba di Curug Mega ini, kamu harus melewati perkebunan sayur yang berada diatas sebuah bukit. Perkebunan tersebut banyak ditumbuhi oleh sayuran seperti, wortel, tomat, selada, kentang dan sayuran lainnya. Dan keberadaan dari air terjun ini terutupi oleh bukit, pohon tinggi, dan tumbuhan yang berada disekitarnya.

Selain tempatnya yang sangat tersembunyi dibalik sebuah bukit. Curug Mega ini juga masih anti mainstream, karena belum ada orang yang mengulasnya di blog. Informasi yang bisa kamu temui hanya melalui sosial media khususnya instagram. Dan saking anti mainstream-nya, air terjun ini belum terdaftar di google maps.

IMG_20170605_203124

1496583439179

Fasilitas Curug Mega Pangalengan

Karena tempat ini belum menjadi tempat wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah dan pengurus desa, maka fasilitas umum belum terdapat ditempat ini. Bahkan untuk lahan parkir kendaraan saja tidak tersedia. Kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu dipinggir jalan yang berjarak sekitar 1 km dari Curug Mega. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati dalam memarkirkan kendaraan kamu. Jangan sampai kendaraan kamu diambil orang, atau bahkan keserempet mobil/truk sayur yang sedang lewat.

Tiket Masuk Curug Mega Pangalengan

Karena belum dikelola oleh pihak mana pun, maka tidak ada pungutan tiket masuk untuk pengunjung alias gratis. Dan untuk parkir pun kamu tidak perlu membayar, karena belum ada petugas parkir yang menjaganya.

Lokasi/Alamat Curug Mega Pangalengan

Secara administratif, Curug Mega ini berlokasi di Desa, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Mega Pangalengan

Untuk bisa sampai ke Curug Mega ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun saat hampir tiba dan menuju pertigaan jalan menuju Curug Mega, jalanan akan semakin sempit dan hanya cukup untuk satu mobil. Jadi disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua untuk bisa mengunjungi Curug Mega ini.

Karena masih sangat anti mainstream dan belum terdaftar di google maps, maka Curug Mega ini cukup sulit ditemukan, dan warga sekitar pun belum banyak yang tak mengetahui bahwa air terjun ini bernama Curug Mega.

Untuk bisa tiba di Curug Mega, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pangalengan tepatnya Perkebunan Teh Kertamanah milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Dari pertigaan Perkebunan Teh Kertamanah ambil jalur kanan menuju kebun teh yang menghampar luas.

Lanjutkan perjalanan sekitar 5 km hingga menemukan sebuah perkampungan warga yang didepannya terdapat lapangan luas. Dari lapangan ini kembali lanjutkan perjalanan hingga menemukan sebuah bangunan kosong yang dipenuhi oleh coretan piloks.

Disebelah bangunan kosong tersebut terdapat jalan berbatu yang cukup untuk satu mobil, ikuti jalan tersebut hingga menemukan persimpangan jalan setapak yang berada disebelah kanan. Parkirkan kendaraan kamu disana dan mulailah berjalan kaki menuju Curug Mega dengan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar.

IMG_20170604_101908_HDR

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Mega yang masih sangat anti mainstream ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s