Candi Tridharma Cianjur (Satu-satunya Candi yang ada di Cianjur)

Candi Tridharma/Vihara Bumi Tridharma Cianjur

Candi Tridharma ini berbeda dengan kebanyakan candi yang ada di Indonesia. Kebanyakan candi yang ada di Indonesia dibangun pada awal masehi dan berlangsung pada abad kerajaan hindu-budha yang saat itu merebak di Indonesia. Berbeda dengan Candi Tridharma ini karena dibangun pada zaman milenium sekitar tahun 2000-an dan tanpa adanya pengaruh dari sebuah kerajaan. Pada awalnya bangunan ini dimaksudkan untuk tempat ibadah umat budha atau vihara yang berbentuk candi. Bangunan ini pun tadinya akan dinamai sebagai Vihara Bumi Tridharma.

Alasan dihentikannya pembangunan candi yang baru rampung sekitar 70% ini adalah karena tidak adanya izin resmi dari pemerintah daerah, serta adanya penolakan dari warga sekitar yang menolak dibangunnya candi dikawasan tersebut. Karena hal itu pula yang menyebabkan candi ini menjadi terbengkalai dan dibiarkan berlumut.

DCIM101MEDIA

DCIM101MEDIA

Candi Unik dan Satu-satunya di Cianjur

Dilihat dari bentuknya bangunan Candi Tridharma ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan bangunan candi yang ada di Indonesia. Rata-rata bangunan candi di Indonesia dibangun dari tumpukan batu dengan ukuran yang besar dan memiliki ruangan kecil di dalamnya, serta dibangun tanpa adanya materi modern seperti kayu, payu dan semen. Berbeda dengan Candi Tridharma ini yang dibangun dengan peralatan dan bahan modern, dan batu yang digunakan pun berukuran kecil. Selain itu pada bagian dalam candi ini terlihat seperti bangunan rumah yang memiliki ruangan besar yang menyerupai sebuah vihara.

Meskipun Candi Tridharma ini belum selesai 100% dikerjakan dan dibiarkan terbengkalai, namun keberadaan dari Candi Tridharma ini mampu menyedot wisatawan Cianjur dan dari luar Cianjur untuk datang mengunjungi tempat ini. Keberadaan dari Candi Tridharma ini jadi lebih unik karena menjadi satu-satunya bangunan candi yang ada di Cianjur. Dan kini Vihara Bumi Tridharma ini menjelma menjadi tempat wisata candi di Cianjur.

DCIM101MEDIA

DCIM101MEDIA

DCIM101MEDIA

Fasilitas Candi Tridharma/Vihara Bumi Tridharma Cianjur

Karena tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata alam seperti yang ada di kawasan Cipanas Cianjur, maka fasilitas umum belum terdapat ditempat ini. Dikawasan Candi Tridharma ini hanya terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat saja.

Tiket Masuk Candi Tridharma/Vihara Bumi Tridharma Cianjur

Meskipun tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata resmi yang berada di kawasan Cianjur, untuk bisa dapat masuk dan berfoto dikastil ini para pengunjung akan dikenakan biaya retribusi tanpa tiket sejumlah 5.000 rupiah/motor.

Lokasi/Alamat Candi Tridharma/Vihara Bumi Tridharma Cianjur

Secara administratif, Candi Tridharma ini berlokasi di Kampung Gunung Putri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Candi Tridharma/Vihara Bumi Tridharma Cianjur

Untuk bisa sampai ke Candi Tridharma ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Tak terlalu sulit untuk menemukan tempat ini, karena Candi Tridharma berada di kawasan Cipanas Cianjur yang notabene hampir semua orang sudah tahu karena di kawasan ini banyak terdapat tempat wisata alam dan keluarga yang sudah sangat terkenal.

Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara : 

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Candi Tridharma ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

2 thoughts on “Candi Tridharma Cianjur (Satu-satunya Candi yang ada di Cianjur)

Add yours

  1. Saya luruskan bahwa candi tersebut sebetulnya dibangun bukan untuk candi, sejak awal perencanaan pembangunan itu diperuntukan untuk gedung pertemuan, di bestek dan permohonan tidak ada yang namanya pemasangan stupa sebagai simbol sebuah candi. hanya si pemilik bangunan meneyelahi dari aturan perijinan dan gambar awal. ketika melihat hasil pembangunan yang memakai stupa, masyarakat sekitar bereaksi dan menyetop pembangunan bangunan tersebut. dan namanya juga bukan Tri Dharma, sebab ada bangunan Bumi Tri Dharma di sebelah timur bangunan tersebut, itupun bukan pura ataupun vihara, hanya merupakan gedung pertemuan bagi para Umat Hindu di wilayah Cianjur di bawah naungan Yayasan Tri Dharma. sedangkan lokasi “candi” dulunya adalah sebuah villa peristirahatan dengan nama Devi’s, sehingga orang menyebutnya banguna eks Devi’s saja. adapun jadi sebutan candi, setelah ramai – ramai orang berselfi-ria aja menyebutnya “candi”. Demikian yang dapat saya luruskan, sebab saya tahu persis proses awal pembangunan sampai akhi9rnya seperti itu, sebab saya sehari-hari kerja di Pemerintah Desa Sukatani yang membawahi lokasi tersebut.
    Kalau air terjun itu namanya “Curug Dendeng” yang artinya air terjun yang airnya suka tiba tiba banjir. Dendeng asal kata caah dendeng (Indo = banjir tiba – tiba karena dihulu ada hujan besar )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: