Tempat Traveling

Kastil Hogwarts Selabintana Sukabumi (Kastil Terbengkalai di Sukabumi)

Kastil Hogwarts, Selabintana Sukabumi

Sebenarnya tempat ini bukanlah merupakan sebuah kastil yang berhubungan dengan sebuah kerajaan, melainkan hanya sebuah gerbang yang mirip dengan pintu masuk suatu kawasan atau tempat. Awalnya tempat ini akan dibangun sebuah waterpark dengan skala yang besar, dan tahap pembangunan awalnya adalah mulai dari gerbang pintu masuknya dahulu yang akan dibangun layaknya sebuah kastil atau istana kerajaan. Karena tidak adanya modal maka pembangunan dari waterpark ini menjadi terhenti dan hanya menyisakan pintu masuk dari kastil waterpark ini saja.

Karena bentuknya yang unik dan menyerupai sebuah kastil kerajaan maka banyak yang menyangkut-pautkan tempat ini dengan suasana pada film Harry Potter yang senada dengan suasana di sekolah Hogwarts, karena hal itu pula banyak pengunjung yang menyebut tempat ini sebagai Kastil Hogwarts.

DCIM101MEDIA

Kastil Terbengkalai yang Instagramable

Kastil Hogwarts ini dibangun diatas lahan komplek perumahan elit Selabintana. Awalnya perumahan ini dibangun untuk kalangan menengah keatas, dan kastil ini akan menjadi sarana penunjang yang nantinya akan dibangun waterpark. Namun karena banyaknya perumahan yang ada disini tak laku terjual, maka seiring waktu bangunan yang ada termasuk bangunan kastil ini menjadi terbengkalai dan dibiarkan rusak dimakan cuaca dan zaman. Hal lain yang menyebabkan terbengkalainya bangunan-bangunan ini adalah tersebarnya rumor mistis dan kesan angker dari kawasan ini.

Meskipun bangunan kastil ini dibiarkan terbengkalai, namun tempat ini menjadi sedikit photogenic dan instagramable. Banyak dari pemburu foto berlomba-lomba datang ke tempat ini dan mencari spot terbaik. Tak sedikit pula yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding dan lokasi pembuatan video. Suasana β€œabandoned” sangat begitu terasa dari tempat ini, karena banyaknya tumbuhan rumput liar yang hidup disekitar bangunan kastil dan hingga tumbuh pada bangunan kastil ini.

DCIM101MEDIA

DCIM101MEDIA

Fasilitas Kastil Hogwarts, Selabintana Sukabumi

Karena tempat ini bukanlah merupakan sebuah tempat wisata, maka tidak ada satu fasilitas umum yang dapat digunakan. Namun, beberapa fasilitas umum seperti masjid, toilet dan beberapa kedai warung bisa kamu jumpai di kawasan wisata alam Pondok Halimun Selabintana Sukabumi.

Tiket Masuk Kastil Hogwarts, Selabintana Sukabumi

Meskipun tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata resmi yang berada di kawasan Selabintana Sukabumi, untuk bisa dapat masuk dan berfoto dikastil ini para pengunjung akan dikenakan biaya retribusi tanpa tiket sejumlah 10.000 rupiah/motor. Dan biaya itu akan berbeda sesuai dengan tujuan kita. Untuk pre-wedding, pengelola tempat ini mengenakan tarif sebesar 100.000 rupiah.

Lokasi/Alamat Kastil Hogwarts, Selabintana Sukabumi

Kastil Hogwarts ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango, dan berada tak jauh dari kawasan wisata alam Pondok Halimun Selabintana. Secara administratif, Kastil Hogwarts ini berlokasi di desa Sundajaya Girang, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Kastil Hogwarts, Selabintana Sukabumi

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan Kastil Hogwarts ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Sukabumi sudah sangat baik. Bahkan Kastil Hogwarts ini dekat sekali dengan wisata alam Pondok Halimun Selabintana yang sudah banyak orang tahu.

Berikut adalah lokasi yang diambil dari google maps :

Patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pondok Halimun Selabintana, karena Kastil Hogwarts ini berada di kawasan Perumahan Pondok Halimun, atau berada kurang lebih 1,5 Km sebelum kawasan wisata alam Pondok Halimun Selabintana.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Kastil Hogwarts yang unik ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

2 thoughts on “Kastil Hogwarts Selabintana Sukabumi (Kastil Terbengkalai di Sukabumi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s