Tempat Traveling

Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang (Niagara Mini dari Sumedang)

Curug Buhud/Curug Bu’ud ini adalah salah satu wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Sumedang. Sumedang adalah salah satu kabupaten yang bersebelahan langsung dengan Bandung. Dan Curug Buhud/Curug Bu’ud ini juga letaknya tak jauh dari pusat kota/Alun-alun Kota Sumedang. Curug Buhud/Curug Bu’ud ini tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 6 meter. Namun, air terjun ini memiliki panjang yang cukup lebar, yaitu panjang sekitar 35 meter.

Asal usul dari penamaan air terjun ini memiliki cerita yang unik. Kebanyakan dari tempat wisata alam seperti danau dan air terjun memiliki nama karena memiliki cerita rakyat atau karena diambil dari nama daerah tersebut. Sebut saja Situ Bagendit yang berasal dari cerita rakyata atau Curug Cimahi yang berasal dari nama daerah dimana air terjun itu berada. Hal lain dari air terjun ini. Curug Bu’ud ini memiliki singkatan, yaitu “Badan Usaha Unit Desa”, yang disingkat menjadi Bu’ud. Hal itu karena air terjun ini berada tepat dibelakang sebuah kantor usaha unit desa yang berada di Desa Sukatani. Lambat laun karena pelafalan yang berbeda, banyak masyarakat yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Buhud.

20161023_124326

Niagara Mini dari Sumedang

Jika Kanada memiliki Air Terjun Niagara yang lebar, maka Sumedang pun memiliki Curug Bu’ud yang memiliki keunikan yaitu bentuknya yang melebar dan luas. Karena kesamaannya yang memiliki ukuran yang lebar dan luas, maka banyak yang menyebut air terjun ini sebagai “Niagara from Sumedang”.

Saat musim kemarau sekalipun, air terjun masih bisa terlihat luas oleh aliran airnya yang deras. Dan hal itu akan semakin terlihat megah saat musim penghujan tiba. Saat musim hujan seluruh tebing dari air terjun ini akan tertutup oleh terjunan air yang indah layaknya sebuah Air Terjun Niagara mini dari negeri tahu ini. Namun saat musim penghujan, air terjun dan danau kecil yang terbentuk dari tumpahan Curug Bu’ud ini akan berwarna sedikit coklat. Hal itu karena air akan bercampur dengan tanah dan lumpur akibat dari derasnya debit air sungai. Meskipun terlihat coklat, namun keeksotisan dari Curug Bu’ud ini menjadi hal yang sangat untuk dilewatkan bagi setiap traveler yang hendak berkunjung ke Sumedang, Si Kota Tahu.

20161023_125613

20161023_124310

Fasilitas Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang

Sebagai salah satu tempat wisata alam yang ada di Sumedang, Curug Bu’ud ini masih memiliki fasilitas yang sangat minim. Terlihat bahwa pemerintah kabupaten/swasta masih belum mengelola tempat ini secara maksimal. Fasilitas yang ada masih dikelola secara swasembada oleh pengurus desa dan dari hasil pungutan tiket masuk dari para pengunjung. Fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini adalah hanya sebuah lahan parkir untuk kendaraan serta beberapa saung yang dibangun sebagai tempat berteduh.

Selain fasilitas umum tersebut, tak jauh dari Curug Bu’ud ini dan dekat dengan lahan parkir terdapat kedai surabi yang hanya menjual surabi dengan rasa plain/polos serta oncom. Di sekitar tempat ini juga terdapat beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman.

Tiket Masuk Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang

Sangat murah meriah untuk bisa menikmati semua keindahan dari air terjun yang berpredikat sebagai “Niagara” ini. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 2.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir sebesar 2.000 rupiah/motor, serta 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi/Alamat Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang

Secara administratif, Curug Buhud/Curug Bu’ud ini berlokasi di Desa Sukatani, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang

Untuk bisa sampai ke Curug Buhud/Curug Bu’ud ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Berikut ini adalah lokasi yang diambil dari google maps dan bisa dijadikan patokan dalam berkendara :

https://goo.gl/maps/hrGJMe6wMD42

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berfoto di Curug Buhud/Curug Bu’ud ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

3 thoughts on “Curug Buhud/Curug Bu’ud Sumedang (Niagara Mini dari Sumedang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s