Tempat Traveling

Curug Kaliangkak Subang (Air Terjun yang Cocok untuk Bersantai)

Indonesia sangat kaya dengan pesona keindahan alamnya. Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki tempat wisata alam andalannya yang bisa memikat kedatangan para wisatawan domestik dan mancanegara. Tak terkecuali Bandung, sebagai salah satu ibukota Jawa Barat banyak menyimpan potensi wisata alam yang melimpak. Tak hanya dikawasan Bandung saja, tetapi juga banyak tersebar di beberapa kota dan provinsi yang berada di sekitar Bandung. Sebut saja Ciwidey, Lembang, atau pun Subang.

Subang adalah salah satu kabupaten yang letaknya tak jauh dari kawasan Bandung. Di tempat ini banyak tersebar wisata alam yang unik dan menarik. Mulai dari perkebunan tehnya yang terhampar luas, hingga wisata pemandian air panasnya yang sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Selain itu semua, ternyata Subang banyak menyimpan wisata alam air terjunnya yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata air terjun unik yang bisa dijumpai di Subang adalah CURUG KALIANGKAK SUBANG.

1476853718510

Curug Kaliangkak Subang

Curug Kaliangkak adalah salah satu air terjun yang berada di Subang dan letaknya dekat dengan Curug Cisaladah karena masih dalam satu aliran yang sama. Sebelas duabelas dengan Curug Cisaladah, Curug Kaliangkak ini juga berada didalam kawasan sebuah villa pribadi yang bisa disewakan oleh pengungjung kapan saja.

Curug Kaliangkak ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter, dengan kedalaman kolam yang menjadi tumpahan air terjunnya yang berkisar dari 1-2 meter. Didalam kolam ini kamu bisa bermain air atau pun berenang, tapi saat curah hujan tinggi tidak disarankan untuk berenang hingga dasar air terjun karena di beberapa titik terdapat kedalaman yang berbeda, dan arus air terjun akan semakin kuat dan mengurungmu dalam pusarannya.

1473598618903

1476853711989

Air Terjun yang Cocok untuk Bersantai

Keunikan dari air terjun ini adalah airnya yang bisa berubah menjadi warna biru ketika musim kemarau tiba. Saat musim kemarau tumpahan air yang ada didanau akan terlihat berwarna biru sebagai akibat jernihnya air dan pantulan cahaya matahari yang sempurna. Namun saat musim penghujan danau kecil yang berada dibawah air terjun ini akan berwarna coklat yang diakibatkan oleh derasnya aliran sungai yang bercampur dengan pasir dan lumpur. Meskipun warna air berubah menjadi coklat, tapi keindahan air terjunnya akan semakin bertambah karena debit air terjun akan menjadi lebih besar dan lebar.

Disamping Curug Kaliangkak ini berdiri sebuah villa pribadi yang bisa disewakan kapan pun jika kamu mau. Jadi saat menginap di villa ini kamu bisa kapan pun mengunjungi air terjun ini untuk sedikit bersantai dan me-refresh otak setelah selama seminggu menghirup udara perkotaan yang penuh dengan polusi. Pepohonan hijau yang berada disekitar air terjun, serta suara deru air terjun yang jatuh dari atas tebing seperti alunan musik alam yang mampu membuat pikiran dan hati menjadi tenang.

1476853654907

1476853656439

Fasilitas Curug Kaliangkak Subang

Karena Curug Kaliangkak ini berada disamping sebuah villa pribadi milik warga sekitar, dan pemerintah desa pun belum mengelola air terjun ini secara maksimal, maka belum ada fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini seperti toilet atau mushola. Ditempat ini hanya tersedia lahan parkir yang terbatas serta sebuah warung kecil yang menjual beberapa macam makanan dan minuman ringan.

Tiket Masuk Curug Kaliangkak Subang

Belum ada retribusi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah desa untuk bisa masuk ke kawasan Curug Kaliangkak ini. Namun pemilik villa mengenakan biaya sebesar 5.000 rupiah/orang. Serta retribusi untuk parkir kendaraan sebesar 5.000/motor.

Lokasi/Alamat Curug Kaliangkak Subang

Secara administratif, Curug Cisalada ini berlokasi di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Kaliangkak Subang

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Kaliangkak ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah sampai di lokasi, kendaraan harus diparkirkan dilahan parkir sebuah villa yang terdapat plang “Curug Kaliangkak” dengan ukuran yang kecil. Dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni tangga sekitar 100 meter menuju Curug Kaliangkak.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Sariater Subang yang sudah banyak orang tahu.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Kaliangkak Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Desa Nagrak.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemadian air panas Sariater. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian air panas Sariater, ambil arah kanan yang menuju Desa Nagrak. Kurang lebih sekitar 3 Km dari Sariater kamu akan mendapatkan pintu masuk dari Curug Kaliangkak yang terdapat sebuah villa.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Kaliangkak yang menyejukkan ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

9 thoughts on “Curug Kaliangkak Subang (Air Terjun yang Cocok untuk Bersantai)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s