Tempat Traveling

Curug Cisalada Subang (Air Terjun Privat yang Menyegarkan)

Siapa yang tak kenal dengan Bandung? Kota tua yang telah berusia lebih dari 200 tahun dan kini menjelma sebagai kota kreatif yang setiap minggunya dibanjiri oleh pengunjung wisatawan domestik dan mancanegara. Tak hanya wisata kuliner dan wisata belanja saja yang hadir di tempat ini. Wisata alam yang ada di sekitaran kota ini juga salah satu yang terbaik dan terunik yang ada di Indonesia.

Subang adalah salah satu kawasan yang berada tak jauh dari Bandung. Subang sudah sejak lama terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah yaitu Tangkuban Perahu dan pemandian air panasnya. Tapi tempat ini juga ternyata menyimpan puluhan air terjun yang sangat indah dan masih asri.Salah satu air terjun unik yang ada di kota ini adalah CURUG CISALADA SUBANG.

1476853242122

Curug Cisalada Subang

Curug Cisalada ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya sekitar 5 meter. Belum ada informasi yang jelas mengenai penamaan dari air terjun ini. Jika diterjemahkan secara kata per-kata. Curug Cisalada berasal dari bahasa sunda. Curug yang berarti “air terjun”. Sedangkan Cisalada berasal dari dua suku kata, yaitu Ci yang berarti “air”, dan salada yang berarti “tanaman selada”. Jika diartikan secara harfiah maka air terjun ini tidak memiliki arti yang jelas karena arti dari nama air terjun ini memiliki konotasi yang berbeda. Namun, menurut warga sekitar penamaan dari air terjun ini adalah karena dahulu di sekitar air terjun ini banyak terdapat perkebunan selada.

Dan beberapa perkebunan tersebut menggunakan air dari air terjun ini sebagai sumber pengairan perkebunan mereka. Maka dari itu, air terjun ini sangat akrab dengan tanaman selada, sehingga air terjun ini pun dinamai sebagai Curug Cisalada.

1476853232794

1476853243948

Air Terjun Privat yang Menyegarkan

Yang membuat air terjun ini nampak unik adalah kehadirannya yang berada dibelakang sebuah villa pribadi. Jadi air terjun ini lebih terasa privat bagi kamu yang mengunjungi air terjun ini. Pemandangan disekitar air terjun ini juga sangat asri dan hijau. Berada ditempat ini akan menambah mood dan menyegarkan pikiran kamu. Selain bisa menikmati air terjun yang unik ini. Kamu juga bisa menyewa villa kecil yang dekat dengan Curug Cisalada ini.

Fasilitas Curug Cisalada Subang

Karena Curug Cisalada ini berada dibelakang sebuah villa pribadi milik warga sekitar, dan pemerintah desa pun belum mengelola air terjun ini secara maksimal, maka belum ada fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini seperti toilet atau mushola. Ditempat ini hanya tersedia lahan parkir yang terbatas serta toilet yang berada diluar dan milik penghuni villa.

Tiket Masuk Curug Cisalada Subang

Belum ada retribusi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah desa untuk bisa masuk ke kawasan Curug Cisalada ini. Namun pemilik villa mengenakan biaya sebesar 5.000 rupiah/orang. Serta retribusi untuk parkir kendaraan sebesar 5.000/motor.

Lokasi/Alamat Curug Cisalada Subang

Secara administratif, Curug Cisalada ini berlokasi di Desa Nagrak, Kecamtan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Cisalada Subang

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Cisalada ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah sampai di lokasi, kendaraan harus diparkirkan dilahan parkir sebuah villa berwarna kuning. Dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuju Curug Cisalada.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Sariater Subang yang sudah banyak orang tahu.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Cisalada Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Desa Nagrak.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemadian air panas Sariater. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian air panas Sariater, ambil arah kanan yang menuju Desa Nagrak. Kurang lebih sekitar 3 Km dari Sariater kamu akan mendapatkan pintu masuk dari Curug Cisalada yang terdapat sebuah vila berwarna kuning.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Cisalada yang unik ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s