Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang (Air Terjun Rahasia di Tengah Kebun Teh)

Banyak sekali pilihan wisata yang bisa dikunjungi di Bandung. Mulai dari wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner. Bagi yang menyukai alam bebas kamu bisa memilih wisata alam seperti danau, gunung atau hutan. Bagi kamu yang menyukai wisata air, kamu bisa memilih untuk mengunjungi waterboom, wisata arung jeram atau pantai.

Bandung dan sekitarnya begitu indah dan menyimpan potensi wisata yang unik dan anti mainstream. Beberapa dari tempat tersebut belum terpublikasikan secara luas, sehingga masih terjaga keasriannya. Subang adalah salah satu kawasan yang berada tak jauh dari Bandung. Subang sudah sejak lama terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah yaitu Tangkuban Perahu dan pemandian air panasnya. Tapi tempat ini juga ternyata menyimpan puluhan air terjun yang sangat indah dan masih asri. Salah satu air terjun yang tersembunyi dan masih asri itu adalah CURUG CIPEUREU SUBANG.

img_20161017_161448

Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang

Curug Cipeureu adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Subang. Dalam bahasa sunda Curug Peureu berarti “Air terjun yang memiliki kandungan zat seperti karat”. Konon bahwa material besi yang terkena air dari air terjun ini akan dengan mudah menjadi berkarat. Selain dikenal dengan sebutan Curug Cipeureu, ternyata air terjun ini memiliki nama lain, yaitu Curug Kembar dan Curug Dawuan.

Dinamakan Curug Kembar adalah karena pada zaman dahulu air terjun ini memiliki kembaran, yaitu aliran lainnya yang serupa dan berada disebelahnya. Dikarenakan disekitar Subang telah banyak pembangunan, maka lambat laun aliran sungai yang menjadi sumber dari air terjun ini semakin lama semakin mengecil debit airnya, sehingga aliran air yang dahulu besar dan bercabang, kini hanya menyisakan satu aliran air yang menjadi aliran Curug Cipeureu ini. Sisa dari bekas Curug Kembar itu masih bisa kita lihat saat ini, disamping Curug Cipeureu ini terdapat tebing yang terkikis oleh air dan tak ditumbuhi oleh rumput atau pepohonan.

Nama lain dari air terjun ini adalah Curug Dawuan. Dinamakan Curug Dawuan karena air terjun ini berada di Kampung Dawuan. Tak hanya kampung dan air terjun ini saja yang bernama Dawuan. Perkebunan teh ditempat ini juga bernama Perkebunan Teh Dawuan. Dan masyakarat sekitar tempat ini lebih mengenal air terjun ini sebagai Curug Dawuan ketimbang Curug Cipeureu.

1476853228934

Air Terjun Rahasia di Tengah Kebun Teh yang Diselimuti Mitos

Air terjun ini sangat unik karena letaknya yang sangat rahasia. Air terjun ini berada tersembunyi ditengah hijaunya perkebunan teh Subang. Tak ada yang mengira bahwa dibalik luasnya Kebun Teh Dawuan Subang ternyata tersimpan dinginnya air dari Curug Cipeureu ini.

Dibalik keunikan dari air terjun ini yang letaknya yang sangat rahasia, ternyata Curug Cipeureu menyimpan sebuah cerita mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat yang ada di daerah ini. Konon ditempat ini ketika malam hari sering terlihat penampakan wanita cantik dengan pakaian kuno ala kerajaan lengkap dengan mahkotanya yang berkilau. Beberapa masyarakat percaya bahwa sosok wanita tersebut adalah putri dari kerajaan yang dulu sempat berdiri di tanah pasundan yang kemudian diasingkan ditempat ini. Masyarakat pun percaya bahwa sosok wanita tersebut kini menjadi penunggu yang menjaga air terjun ini.

1476616404016

1476853218108

1476853205700

Fasilitas Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang

Sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Subang, Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya adalah terdapatnya lapangan parkir untuk kendaraan motor, warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan, toilet, mushola dan beberapa saung kecil untuk beristirahat dan menyimpan tas.

Tiket Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang

Cukup murah meriah untuk bisa menikmati semua keindahan yang tersaji dalam area kawasan Curug Cipeureu ini. Tiket masuk dari air terjun ini adalah sebesar 5.000 rupiah/orang. Sedangkan biaya lain yang harus dikeluarkan adalah tiket parkir sebesar 2.000 rupiah/motor.

Lokasi/Alamat Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang

Secara administratif, Curug Cipeureu ini berlokasi di Kampung Dawuan, Desa Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Cipeureu ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah hampir sampai menuju lokasi, dan dekat dengan perkebunan teh, kendaraan roda empat harus diparkirkan di pertigaan jalan menuju Curug Cipeureu, dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sampai tempat parkir Curug Peureu.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Gracia Subang yang sudah banyak orang tahu.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Ciangin Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Ciater – Kampung Dawuan.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemandian air panas Gracia. Dan Curug Cipeureu ini berada sekitar 500 meter dari pintu masuk Gracia dan berada di sebelah kanan jalan menuju Perkebunan Teh Dawuan.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Cipeureu yang tersembunyi dan rahasia ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

One thought on “Curug Cipeureu/Curug Dawuan/Curug Kembar Subang (Air Terjun Rahasia di Tengah Kebun Teh)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: