Tempat Traveling

Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi (Spot Puncak Tertinggi & Terbaik di Ciletuh Geopark)

Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi

Puncak Darma merupakan salah satu spot tertinggi yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Puncak Darma memiliki ketinggian sekitar 230 mdpl. Kawasan Ciletuh Geopark jika dilihat bagaikan sebuah tapal kuda yang berbentuk setengah lingkaran. Dan dari Puncak Darma inilah Teluk Ciletuh dan Pantai Palangpang terlihat jelas membentuk sebuah setengah lingkaran yang cantik.

Tak hanya pemandangan laut dan samudera yang bisa kita lihat dari tempat ini, barisan rumah dan sawah terlihat membentuk sebuah petak-petak kecil layaknya sebuah diorama mini. Sebelum tiba di Puncak Darma, kamu akan menemukan spot tersembunyi yang bernama Puncak Bunga Manik. Tempat ini tak kalah indahnya dengan pemandangan di Puncak Darma.

20160707_121507

Puncak Bunga Manik, Spot untuk Beristirahat dan Berfoto

Puncak Bunga Manik adalah spot yang bisa kita jumpai saat setengah perjalanan menuju Puncak Darma. Ditempat ini terdapat sebuah taman yang ditumbuhi oleh beberapa tanaman bunga yang indah. Ditempat ini pula terdapat sebuah saung untuk tempat beristirahat setelah setengah perjalanan berjalan kaki menuju Puncak Darma.

Bisa dibilang bahwa tempat ini merupakan sebuah pos istirahat dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya dan tak kalah dengan Puncak Darma. Jadi jika kamu tak kuat melanjutkan perjalanan menuju Puncak Darma, tempat ini bisa menjadi tujuan utama sebagai pengganti Puncak Darma yang masih setengah perjalanan lagi.

20160707_120948

20160707_120938

Puncak Darma, Spot Terbaik di Ciletuh Geopark

Puncak Darma menjadi spot terbaik dan paling banyak dicari untuk menikmati keindahan Pantai Palangpang dari atas sebuah bukit. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Ciletuh Geopark dari Puncak Darma adalah saat matahari terbit atau saat matahari terbenam. Tak mudah untuk bisa tiba ditempat ini, kamu harus rela berjalanan kaki menanjak bukit sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan dengan berjalanan kaki. Perjalanan yang sulit dan lelah, semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang indah diatas Puncak Darma.

Berhubungan dengan penamaan Puncak Darma terdapat sebuah cerita mitos menyeramkan yang berkembang di masyarakat sekitar. Diceritakan dahulu pada saat maghrib atau menuju malam sering terlihat sesosok Kuntilanak dengan baju putih dan rambutnya yang panjang sedang duduk disebuah batu dengan menggoyang-goyangkan kakinya. Posisi duduk dengan menggoyang-goyangkan kaki tersebut disebut sebagai posisi “darma”. Maka dari itu tempat ini dinamai sebagai “Puncak Darma”, atau spot untuk duduk dan bersantai diatas bukit dengan menggoyang-goyangkan kaki.

20160707_134945

20160707_135001

Fasilitas Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Geopark Sukabumi

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Puncak Darma dan Puncak Manik ini bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir yang tersedia di kaki gunung Puncak Darma maupun lahan parkir yang tersedia di atas Puncak Darma. Di kawasan Puncak Darma juga terdapat beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman bagi kamu yang kelelahan dalam menanjak gunung. Ditempat ini pula terdapat toilet dan mushola yang bisa digunakan kapan pun. Selain itu, ditempat ini terdapat beberapa spot untuk berfoto dan beristirahat, mulai dari tempat duduk bambu hingga spot foto speedboat.

Tiket Masuk Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi

Untuk bisa menikmati keunikan dan keindahan alam dari Puncak Bunga Manik, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Sedangkan tiket masuk untuk Puncak Darma adalah sebesar 5.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi / Alamat Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara administratif, Curug Cimarinjung ini berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Perjalanan yang harus dilalui apabila bertolak dari Kota Jakarta atau Bandung adalah sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan.

Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu – Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju Desa Ciwaru dimana Curug Cimarinjung ini berada. Dari Desa Tamanjaya yang terdapat kantor sekretariat PAPSI menuju Desa Ciwaru berjarak sekitar 7 km dengan akses yang menurun dan menanjak, serta di beberapa titik perjalanan jalan masih kurang mulus dan berbatu.

Gimana tertarik untuk datang ke Curug Cimarinjung yang mirip dengan dunia Jurassic Park ini? Jangan lupa ajak partner travelingmu agar perjalanan yang kamu lalui semakin menyenangkan!.

Happy wonderful traveling!

Iklan

One thought on “Puncak Darma & Puncak Bunga Manik Ciletuh Geopark Sukabumi (Spot Puncak Tertinggi & Terbaik di Ciletuh Geopark)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s