Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi (Air Terjun Purba ala Jurrasic World)

Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi

Curug Cimarinjung adalah salah satu wisata andalan yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dekat dengan Pantai Palangpang. Meskipun tak terlalu tinggi, tapi air terjun ini sangatlah indah dan memiliki debit air yang sangat deras jika musim penghujan. Dan danau yang terbentuk dari tumpahan air terjun ini juga sangat luas dan dalam.

Penamaan Curug Cimarinjung didasarkan pada Sungai Cimarinjung yang menjadi aliran dari air terjun ini. Karena hal itu pula air terjun ini dinamai sebagai Curug Cimarinjung. Dibawah Curug Cimarinjung ini terdapat dua aliran air terjun lainnya yang lebih kecil tapi sulit untuk dijangkau, yaitu Curug Dogdog (bentuknya panjang seperti dogdog alat musik tabuh), dan Curug Nyelempet (aliran airnya sempit-sempit atau dalam bahasa sunda nyelempet).

20160707_111251

20150614_132454

20150614_132444

Air Terjun Purba ala Jurrasic World

Curug Cimarinjung ini sangatlah unik karena berada ditengah lereng perbukitan batuan tertua di Pulau Jawa. Di Curug Cimarinjung ini banyak bersebaran bebatuan besar. Selain itu air terjun ini seperti dikelilingi oleh tebing dan pepohonan yang hijau. Berada ditempat ini layaknya seperti berada di dunia Jurassic World yang penuh dengan bebatuan purba.

Selain banyaknya batu yang bersebaran di sekitar danau dan air terjun. Saat hendak memasuki areal Curug Cimarinjung, kamu harus melewati dinding tebing batu yang berhimpit layaknya sebuah pintu gerbang yang akan membawamu masuk ke dunia baru, dunia Jurassic World.

20160707_112123

img20150614133844

img20150614133924

Fasilitas Curug Cimarinjung Geopark Sukabumi

Sebagai salah satu tempat andalan yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Cimarinjung sudah cukup dilengkapi oleh beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan secara bebas oleh pengunjung. Mulai dari lahan parkir yang luas, toilet, mushola, pos penjagaan tiket dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman kecil.

Tiket Masuk Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan keunikan dari Curug Cimarinjung ini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi / Alamat Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara administratif, Curug Cimarinjung ini berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: 7° 10′ 11.35″ S  106° 28′ 24.58″ E.

Rute Menuju Curug Cimarinjung Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Perjalanan yang harus dilalui apabila bertolak dari Kota Jakarta atau Bandung adalah sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan.

Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu –Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju Desa Ciwaru dimana Curug Cimarinjung ini berada. Dari Desa Tamanjaya yang terdapat kantor sekretariat PAPSI menuju Desa Ciwaru berjarak sekitar 7 km dengan akses yang menurun dan menanjak, serta di beberapa titik perjalanan jalan masih kurang mulus dan berbatu.

Gimana tertarik untuk datang ke Curug Cimarinjung yang mirip dengan dunia Jurassic Park ini? Jangan lupa ajak partner travelingmu agar perjalanan yang kamu lalui semakin menyenangkan!.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: