Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi (Mega Amfiteater Terbesar di Indonesia)

Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara etimologi Bukit Panenjoan berasal dari kata bahasa sunda “tenjo” yang artinya melihat. Jadi bila diartikan secara menyeluruh Bukit Panenjoan berarti “bukit tempat untuk melihat”. Tak salah, memang Bukit Panenjoan ini berada di dataran tinggi Ciletuh Geopark. Dan dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan alam dan seluruh isi dari peta Ciletuh Geopark, yang terdiri dari tebing, laut, pantai, hutan, air terjun, perumahan dan persawahan.

Dari Bukit Panenjoan ini kamu bisa melihat 3 desa, yaitu desa Ciwaru, desa Mandra Jaya, dan desa Mekar Sakti. Secara morfologi Bukit Panenjoan ini berbentuk seperti tapal kuda dan mirip sebuah mangkuk dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

20160522_144927-01

img20150614170053

img20150614170102

Mega Amfiteater Terbesar di Indonesia

Bukit Panenjoan ini terlihat layaknya sebuah mega amfiteater alam raksasa yang menampilkan pertunjukan alam yang menakjubkan. Disebut sebagai mega amfiteater karena kawasan Ciletuh Geopark memiliki wilayah yang sangat luas dan lengkap. Selain itu nama “mega” disematkan pada tempat ini karena orang yang mempromosikan tempat ini untuk pertama kali sehingga seterkenal ini adalah Ibu Mega Fatimah Rosana, beliau adalah Dosen Geologi UNPAD yang sebelumnya melakukan penelitian ditempat ini, dan kemudian di promosikan kepada masyarakat luas sehingga Ciletuh disahkan sebagai Geopark Nasional.

Dari tempat ini sangat terlihat luasnya Samudera Hindia dan terlihat lekukan indah dari pesisir Pantai Palangpang lengkap dengan pulau-pulau kecil yang menghiasi di sekitarnya. Jika cuaca sedang cerah dan bersahabat, kamu bisa melihat lukisan air terjun yang tergambar pada tebing tinggi di kawasan Geopark Ciletuh, air terjun yang paling terlihat adalah Curug Cikanteh.

20160522_152351

20160522_151311

20160522_152503

1434372024880-01

Fasilitas Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebagai tempat wisata yang ada di kawasan Ciletuh Geopark, Bukit Panenjoan memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Selain itu, Bukit Panenjoan juga sangat dekat pusat desa Tamanjaya, serta berhadapan langsung dengan kantor PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) Ciletuh Geopark. Di PAPSI ini kamu bisa mendapat segudang informasi yang berkaitan dengan wisata alam Ciletuh Geopark. Jadi kamu tak akan tersesat dan bahkan bisa mendapat spot yang masih tersembunyi dari PAPSI ini.

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola Ciletuh Geopark ini antara lain adalah tempat parkir yang luas, toilet, musholla, serta tempat duduk untuk melihat pemandangan Ciletuh Geopark. Selain itu ditempat ini juga terdapat penginapan homestay yang disewakan kepada para wisatawan yang ingin bermalam dengan pemandangan alam Ciletuh Geopark, serta ditempat ini juga terdapat aula sebagai tempat berkumpul atau melakukan pertemuan group/kelompok.

Tiket Masuk Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi

Saat ini Bukit Panenjoan belum dikelola secara resmi oleh pemerintah dan masih milik perseorangan. Untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada disini, para wisatawan belum dikenakan biaya tiket masuk. Biaya yang harus dikeluarkan ditempat ini hanya untuk biaya parkir kendaraan. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua yaitu 3.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat yaitu 5.000 rupiah.

Lokasi / Alamat Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara administratif, kawasan Ciletuh Geopark berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Bukit Panenjoan Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Perjalanan yang harus dilalui apabila bertolak dari Kota Jakarta atau Bandung adalah sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan.

Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu – Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciletuh Geopark. Dan Bukit Panenjoan ini berada di pinggir jalan sebelah kanan yang berhadapan dengan kantor sekretariat PAPSI Ciletuh, dan tak jauh dari plang utama Ciletuh Geopark.

Gimana tertarik untuk datang ke Bukit Panenjoan yang berada di kawasan wisata alam Ciletuh Geopark? Jangan lupa ajak partner travelingmu agar perjalanan yang kamu lalui semakin menyenangkan!.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: