Kawah Burung Pangalengan (Kawah Tersembunyi yang Anti Mainstream di Pangalengan)

Kawah Burung Pangalengan

Kawah Burung Pangalengan adalah salah satu kawah yang masih aktif dan berada di kawasan Pangalengan. Kawah ini berbeda dengan Kawah Putih Ciwidey yang memiliki danau luas, di kawah ini hanya terdapat kawah dari Gunung Windu dengan beberapa titik yang masih mengeluarkan asap dan bau belerang yang menyengat.

Kawah Burung ini berada di kaki Gunung Windu yang berada pada ketinggian 1.450 mdpl, dan memiliki temperature udara antara 23-25 derajat celcius. Dari Gunung Windu inilah yang menjadi sumber air panas bagi Pemandian Air Panas Cibolang/Cibolang Hot Spring. Jika dilihat, Kawah Burung ini seperti miniatur dari kawah Gunung Papandayan. Meskipun ukurannya yang kecil dan tak luas, Kawah Burung ini masih aktif mengeluarkan sumber belerang dengan baunya yang menyengat.

1466999110385

20160626_140533

20160626_134028

Kawah Tersembunyi yang Anti Mainstream di Pangalengan

Kawah Burung ini sangat unik karena letaknya yang sangat tersembunyi di rimbunnya hutan Gunung Windu Pangalengan. Meskipun letaknya yang bersebelahan dengan Pemandian Air Panas Cibolang/Cibolang Hot Spring, tapi tempat ini masih belum banyak diketahui orang, sehingga banyak yang menyebut tempat ini sebagai hidden places di Malabar Pangalengan.

Selain tempatnya yang tersembunyi, keunikan dari tempat ini adalah pemandangannya yang sangat indah. Bila kamu berada di atas puncak dari kawah ini, maka pemandangan Perkebunan Teh Malabar yang berbaur dengan uniknya Kawah Burung menjadikan komposisi foto semakin indah dan anti mainstream.

20160626_134729

20160626_135822

Fasilitas Kawah Burung Pangalengan

Berbeda dengan tempat wisata yang berada di sebelahnya, Kawah Burung ini tak memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan. Hanya jalan setapak menuju area kawah saja yang menjadi prasarana ditempat ini. Meskipun hanya jalan setapak, tapi rute menuju kawah sangat jelas karena memiliki single track, sehingga kamu tidak akan tersesat menuju area Kawah Burung.

Tiket Masuk Kawah Burung Pangalengan

Untuk bisa sampai di area Kawah Burung, satu-satunya akses jalan adalah dengan masuk lebih dulu ke area Pemandian Air Panas Cibolang/Cibolang Hot Spring. Dan tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung adalah Rp. 10.000/orang. Tiket tersebut belum termasuk tiket parkir kendaraan motor Rp. 2.000/motor, serta Rp. 5.000/mobil.

Lokasi / Alamat Kawah Burung Pangalengan

Secara administratif kawasan Kawah Burung berada di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Kawah Burung Pangalengan

Untuk bisa melihat keunikan dari Kawah Burung Pangalengan ini, rute yang harus ditempuh adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Perkebunan Teh Malabar Pangalengan, Kab. Bandung. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat.

Secara garis besar, berikut adalah rute singkat yang bisa diakses bila bertolak dari Kota Bandung : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Warung Lobak – Soreang – Banjaran – Cimaung – Jalan Raya Pangalengan – Perkebunan Teh Malabar – Cibolang.

Saat berada di Kota Pangalengan yang terdapat bundaran, ambil arah kiri menuju Cibolang/Malabar. Dari bundaran ini perjalanan masih berlanjut sekitar 8 km hingga menemukan pintu masuk Perkebunan Teh Malabar. Dari Malabar kembali arahkan perjalanan menyusuri jalan beraspal di kebun teh hingga menemukan pintu masuk Pemandian Air Panas Cibolang. Dari pintu masuk inilah kamu diharuskan membayar tiket masuk, setelah itu parkirkan kendaraan di tempat parkir yang tersedia. Karena dari Pemandian Air Panas Cibolang ini perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Kawah Burung.

Nahh guys itu dia sedikit review mengenai keunikan pemandangan alam dari Kawah Burung Pangalengan. Gimana tertarik untuk datang kesini? Yuk siapkan kendaraan dan kamera terbaikmu.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: