Tempat Traveling

Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey (Kawah Tersembunyi yang Anti Mainstream di Ciwidey)

Ciwidey adalah salah satu kawasan yang paling terkenal di Bandung. Ciwidey yang letaknya berada di dataran tinggi dan berada pada jalur pegunungan Bandung Selatan menyebabkan tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tak hanya pemandangan alamnya saja yang indah serta cuacanya yang sejuk, Ciwidey juga memiliki wisata alam andalan yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Ditempat ini terdapat Kawah Putih yang lahir akibat dari letusan Gunung Patuha yang membentuk kawah yang indah dan berwarna putih kehijauan. Selain Kawah Putih, ditempat ini juga terdapat danau romantis bernama Situ Patenggang. Selain itu ditempat ini juga banyak terdapat pemandian air panas yang sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Selain memiliki wisata alam yang sudah terkenal seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan kolam renang pemandian air panas, ternyata Ciwidey banyak menyimpan wisata alam yang masih belum terpublikasikan secara luas. Bahkan diantaranya masih belum banyak diketahui alias hidden paradise. Salah satu tempat hidden paradise di kawasan Ciwidey adalah sebuah kawah yang berada ditengah kebun teh, nama tempat itu adalah KAWAH KENENG CIWIDEY.

20160619_135101

Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey

Kawah Keneng adalah sebuah kawah yang berada di kaki Gunung Tilu Ciwidey. Kawah ini terbentuk akibat letusan dari Gunung Patuha yang kemudian membentuk perbukitan baru yang kini disebut sebagai Gunung Tilu. Dinamakan sebagai Kawah Keneng karena kawah ini berada di desa Keneng, Rancabolang, Kecamatan Ciwidey.

Berbeda dengan Kawah Putih yang memiliki danau yang luas, Kawah Keneng ini memiliki ukuran danau yang kecil. Yang unik dari tempat ini adalah kawahnya yang masih aktif dan menyemburkan air panas yang keluar dari tanah. Melalui kolam semburan air panas ini kamu bisa merebus sebuah telur hingga matang. Selain itu kamu juga bisa berendam di kolam kecil yang dibuat oleh warga sekitar Desa Keneng. Warga sekitar percaya bahwa dengan berendam di kolam ini akan menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

20160619_143549

20160619_135359

Kawah Tersembunyi yang Anti Mainstream di Ciwidey

Kawah Keneng ini adalah sebuah kawah yang masih sangat tersembunyi dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Jika dibandingkan dengan Kawah Putih dan Kawah Rengganis, Kawah Keneng ini masih kurang populer serta memiliki ukuran yang lebih kecil. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, tapi kawah ini menjadi sangat unik karena keasrian dan tingkat ke-anti mainstream-an diantara para traveler Bandung.

Untuk bisa sampai ditempat ini kamu harus melewati hutan tropis yang sejuk serta perkebunan teh yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Kawah Keneng ini juga sangat unik dan menarik karena berada di lembah hutan tropis yang sejuk.

20160619_141936(0)

20160619_142404

Fasilitas Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey

Karena letaknya yang masih tersembunyi dan belum dikelola oleh pemerintah daerah atau desa, maka fasilitas yang ada ditempat ini juga masih belum tersedia. Tak ada toilet, musholla, kamar ganti seperti yang ada di Kawah Putih atau pun Kawa Rengganis. Di tempat ini hanya ada kolam-kolam kecil yang dibuat oleh warga untuk berendam, merendam kaki, hingga kolam kecil yang terdapat semburan air panas yang digunakan warga untuk merebus telur.

Untuk fasilitas umum seperti toilet dan musholla kamu bisa menggunakannya saat berada di desa yang tak jauh dari lokasi Kawah Keneng ini. Di desa ini pula terdapat warung-warung kecil yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Tiket Masuk Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey

Karena wisata alam Kawah Keneng ini belum dikelola oleh pemerintah daereah, atau pun pemerintah desa, maka tempat ini belum diberlakukan sistem retribusi tiket alias gratis. Jadi, untuk bisa tiba dan menikmati keindahan alam dari Kawah Keneng ini kamu hanya perlu merogoh kocek untuk bensin kendaraan saja.

Lokasi/Alamat Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey

Secara administratif Kawah Keneng ini berada di Dusun Keneng, Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Kawah Keneng Rancabolang Ciwidey

Untuk bisa tiba di Kawah Keneng ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun disarankan agar menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu karena saat ini akses jalan menuju Desa Keneng sedang diperbaiki, sehingga di beberapa titik masih terdapat jalanan berbatu dan rusak parah.

Patokan yang paling mudah untuk mengunjungi tempat ini adalah dengan menuju kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey. Berikut adalah rute tercepat jika bertolak dari Kota Bandung : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul – Rancabolang – Desa Keneng.

Untuk bisa masuk ke kawasan Desa Rancabolang, patokan yang paling mudah adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju kawasan Ciwidey. Belokan menuju arah Desa Rancabolang berada sesudah Alfamart dan di arah kiri sebelum Kolam Renang The Valley Resort. Jadi Saat ketika kamu telah melewati kawasan Kolam Renang The Valley Resort, maka kamu jangan meneruskan perjalanan, tapi berbalik arah dan menuju Desa Rancabolang.

Dari belokan tersebut kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Baru Tunggul. Setelah berada di Baru Tunggul kembali arahkan kendaraan menuju Desa Rancabolang, selanjutnya Desa Keneng. Dan Kawah Keneng ini berada tak jauh dari pertigaan jalan yang terdapat portal menuju Desa Keneng yang dekat dengan PLTU. Geodipa Energi.

Gimana tertarik untuk mengunjungi dan berendam di Kawah Keneng Rancabolang yang anti mainstream ini? Yuk siapkan properti foto dan ajak temanmu agar petualangannya semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s