Tempat Traveling

Curug Cipanji Ciwidey (Air Terjun Bertingkat 3 dan Waterboom Alam)

Banyak sekali pilihan wisata yang bisa dikunjungi di Bandung. Mulai dari wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner. Bagi yang menyukai alam bebas kamu bisa memilih wisata alam seperti danau, gunung atau hutan. Bagi kamu yang menyukai wisata air, kamu bisa memilih untuk mengunjungi waterboom, wisata arung jeram atau pantai.

Bandung dan sekitarnya begitu indah dan menyimpan potensi wisata yang unik dan anti mainstream. Beberapa dari tempat tersebut belum terpublikasikan secara luas, sehingga masih terjaga keasriannya. Ciwidey adalah salah satu kecamatan yang berada di wilayah Bandung Selatan. Ciwidey sudah sejak lama terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah yaitu Kawah Putih, Perkebunan Teh dan pemandian air panasnya. Tapi tempat ini juga ternyata menyimpan tempat wisata alam yang tersembunyi dan unik. Ditempat ini terdapat air terjun bertingkat dan waterboom alam. Nama tempat itu adalah CURUG CIPANJI CIWIDEY.

20151129_105618

Curug Cipanji Ciwidey

Curug Cipanji adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciwidey. Curug Cipanji ini letaknya cukup tersembunyi dan masih belum terlalu dikenal secara luas. Maka dari itu, air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata hidden paradise di Ciwidey. Keunikan dari Curug Cipanji ini salah satunya adalah terletak di tengah perkebunan teh yang sangat luas. Sebelum tiba di Curug Cipanji ini, kamu akan melewati hamparan perkebunan teh yang indah pemandangannya.

Alasan kenapa air terjun ini dinamai sebagai Curug Cipanji adalah karena air terjun ini berada di kaki Gunung Cipanji. Sebenarnya di kaki Gunung Cipanji ini banyak terdapat air terjun, namun karena letaknya yang tersembunyi dan akses jalan yang sangat sulit, maka baru Curug Cipanji ini yang bisa dikunjungi.

1449043697115

Air Terjun Bertingkat 3 dan Waterboom Alam

Jika dibandingkan dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu aliran air terjun. Curug Cipanji ini sangat unik, karena memiliki 4 aliran air terjun yang salah satunya berbentuk batu datar halus sepanjang 5 m, dan bisa dijadikan seluncur layaknya seluncuran air pada waterboom.

20151129_115147

Curug Cipanji ini memiliki ketinggian yang berbeda antara satu air terjun dengan air terjun lainnya. Yang paling tinggi memiliki ketinggian sekitar 25 m dan berada pada tangga yang paling tinggi. Air terjun yang tertinggi inilah yang dinamakan sebagai Curug Cipanji. Keunikan lainnya dari air terjun ini adalah kejernihan air yang jatuh dari atas tebing dan sangat dingin, hal itu yang menjadikan magnet bagi para pengunjung untuk datang ke tempat yang tersembunyi ini.

20151129_095846

20151129_101431

20151129_112751

Fasilitas Curug Cipanji Ciwidey

Dari segi fasilitas, Curug Cipanji ini bisa dibilang minim fasilitas umum. Hal itu karena kawasan Curug Cipanji ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pun pengurus desa. Di kawasan Curug Cipanji ini belum tersedia fasilitas umum seperti toilet, saung, mushola atau pun tempat parkir.

Untuk kamu yang membawa kendaraan, kamu bisa memarkirkan kendaraan di rumah warga yang terdapat sebuah warung. Ditempat ini pula kamu bisa menumpang untuk pergi ke toilet. Namun, saat hampir sampai dengan Curug Cipanji dan ditengah hutan, terdapat warung kecil yang menjual beberapa macam makanan dan minuman ringan.

Tiket Masuk Curug Cipanji Ciwidey

Karena kawasan wisata alam Curug Cipanji ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pun pengurus desa. Maka tempat ini belum diberlakukan sistem retribusi tiket alias gratis. Jadi, untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada ditempat ini, kamu hanya perlu bermodal kendaraan dan bensin saja. Selain gratis, tempat ini juga masih sangat anti mainstream.

Lokasi/Alamat Curug Cipanji Ciwidey

Secara administratif, Curug Cipanji ini berlokasi di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Cipanji Ciwidey

Curug Cipanji ini berjarak sekitar 35 Km dari Kota Bandung. Untuk bisa mencapai Curug Cipanji bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Namun, di beberapa tempat saat hampir sampai di Curug Cipanji jalanan akan semakin rusak parah dan berbatu. Jadi, jika ingin menggunakan kendaraan roda empat atau mobil agar tak menggunakan mobil pendek atau sedan.

Rute menuju Curug Cipanji bisa diambil dari arah kota Bandung menuju kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Berikut adalah rute singkat yang bisa dijadikan sebagai patokan : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu (Melewati Rumah Makan Sindang Reret).

Patokan yang paling mudah untuk mengunjungi Curug Cipanji ini adalah dengan mengarahkan kendaraan ke arah Alun-alun Ciwidey. Sebelum Alun-alun Ciwidey terdapat Rumah Makan Sindang Reret. Tak jauh dari rumah makan tersebut terdapat persimpangan sebelah kiri menuju kawasan Curug Cipanji. Dan di persimpangan tersebut terdapat plang penunjuk arah yang berukuran kecil yang menunjukan arah menuju Curug Cipanji.

Setelah menyusuri jalan dari persimpangan jalan raya utama, selanjutnya kamu akan menemukan jalan berbatu menuju Desa Tenjolaya. Dari Desa tersebut carilah sebuah rumah yang terdapat warung kecil untuk memarkirkan kendaraan. Selanjutnya, perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 3,5 Km, dengan melewati perkebunan teh dan hutan pinus yang indah pemandangannya.

20151129_130522

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Cipanji yang tersembunyi dan anti mainstream ini? Jangan lupa untuk ajak teman, sahabat atau partner traveling kamu agar perjalanan yang kamu lalui semakin terasa menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

3 thoughts on “Curug Cipanji Ciwidey (Air Terjun Bertingkat 3 dan Waterboom Alam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s