Tempat Traveling

Curug Cibareubeuy Subang (Air Terjun Tersembunyi yang Hijau di Subang)

Wisata alam di Indonesia sangatlah banyak dan beragam, mulai dari laut, pantai, danau, sungai, air terjun, gunung hingga hutan. Dan semua itu tersaji lengkap di tanah Indonesia yang indah ini. Karena keindahan alamnya yang begitu memesona, banyak beberapa film lokal Indonesia maupun pihak asing yang menggelar shooting mereka di Indonesia dengan latar pemandangan alamnya yang indah. Salah satu yang paling sering muncul di judul film adalah mengenai air terjun.

Indonesia yang dikelilingi oleh pegunungan serta perbukitan banyak menyimpan air terjun tersembunyi yang sangat indah. Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang banyak dianugerahi persebaran air terjun yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan pemandangan alamnya adalah di kawasan Subang, selain terkenal dengan pemandian air panasnya, ternyata tempat ini juga menyimpan potensi wisata air terjun yang tersembunyi. Nama tempat itu adalah CURUG CIBAREUBEUY SUBANG.

20150726_133433

Curug Cibareubeuy Subang

Curug Cibareubeuy adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Subang dan dekat dengan pemandian air panas yang sudah lama lebih dulu terkenal oleh masyarakat di luar Subang atau Bandung. Curug Cibareubeuy ini memiliki ketinggian sekitar 40 m. Bentuk dari air terjun ini juga unik karena berbentuk zig-zag.

Dibawah air terjun ini terdapat kolam kecil sebagai hasil dari tampungan air yang jatuh, di kolam ini kamu bisa mandi dan merasakan airnya yang dingin. Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan mandi dan berdiri dibawah air terjunnya akan menyembuhkan beberapa penyakit.

20150602_144128

20150602_144246

1437965723619

Air Terjun Hijau dan Si “Kampung Senyum”

Selain bentuknya yang unik, air terjun ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Curug Cibareubeuy ini berada disebuah tebing yang ditumbuhi oleh tumbuhan yang hijau. Banyaknya pepohonan yang rindang, serta banyaknya tumbuhan yang menempel disekitar tebing menjadikan pemandangan Curug Cibareubeuy ini semakin hijau dan menyegarkan mata.

Keunikan lainnya dari tempat ini adalah terdapatnya “Kampung Senyum”. Kampung Senyum adalah tempat beristirahat bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini. Meski namanya Kampung Senyum, tapi ditempat ini tak terdapat penduduk tinggal dan menetap secara permanen. Yang ada hanyalah saung-saung bilik bambu yang bisa dijadikan tempat beristirahat dan makan-makan.

Karena saung yang berada ditempat ini cukup banyak dan menyerupai sebuah kampung, maka tempat ini dinamakan Kampung Senyum. Alasan kenapa nama tempat ini dinamai Kampung Senyum adalah agar para pengunjung senantiasa tersenyum dan tak mengeluh karena telah lelah berjalan untuk menemui air terjun ini. Selain bisa dijadikan tempat beristirahat, Kampung Senyum ini juga bisa dijadikan tempat menginap bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menginap ditengah hutan yang hening dan jauh dari suasana bising perkotaan.

1437921338804

1437966007907

Fasilitas Curug Cibareubeuy Subang

Jika dilihat dari segi fasilitas sarana dan prasarana, Curug Cibareubeuy ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai lahan parkir, akses jalan setapak yang jelas meskipun tanpa plang penunjuk arah. Fasilitas umum lainnya tersedia lengkap di kawasan Kampung Senyum. Di Kampung Senyum ini terdapat saung bilik bambu yang bisa dijadikan tempat istirahat dan menginap, warung yang menyediakan minuman dan camilan, toilet dan mushola. Selain fasilitas umum yang ada di Kampung Senyum, dikampung ini kamu bisa memesan makanan berat seperti nasi liwet komplit untuk group atau kelompok.

Tiket Masuk Curug Cibareubeuy Subang

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari Curug Cibareubeuy ini, kamu hanya dipungut biaya tiket masuk sebesar 7.500 rupiah/orang. Gimana, wisata alam yang murah meriah kan?

Lokasi/Alamat Curug Cibareubeuy Subang

Secara administratif, kawasan Curug Cibareubeuy ini dikelola oleh pemerintah dibawah pengawsaan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. Curug Cibareubeuy ini berlokasi di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: -6° 45′ 41.44″, +107° 40′ 20.71″

Rute Menuju Curug Cibareubeuy Subang

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Cibareubeuy ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah hampir sampai menuju lokasi dan dekat dengan pemukiman, kendaraan harus diparkirkan di tempat parkir yang telah disediakan. Dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Sariater yang sudah banyak orang tahu.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Cibareubeuy Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Cibeusi.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemadian air panas Sariater. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian air panas Sariater, ambil arah kanan yang menuju Desa Cibeusi. Dari pintu masuk Sariater menuju Desa Cibeusi sekitar 3 Km, dan dari tempat parkir Desa Cibeusi kamu harus berjalan kaki sekitar 2 Km menuju bukit kecil dimana air terjun ini berada.

1437966078081

1437966026722

Gimana tertarik untuk datang mengunjungi Curug Cibareubeuy Subang yang anti mainstream ini? Jangan lupa susun rencana perjalanan kamu dan ajak teman, sahabat atau pacar agar perjalanan kamu semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s