Curug Panganten Pangalengan (Air Terjun Kembar yang Eksotis di Pangalengan)

Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia dikenal banyak menyimpan tempat menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata saat berlibur. Jawa Barat memiliki potensi wisata yang beragam mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja.

Tak dapat dipungkiri dengan adanya beberapa aplikasi sosial media di smartphone mampu membantu promosi beberapa potensi wisata. Telah banyak beberapa tempat wisata yang semula sepi, kini berubah menjadi sangat ramai karena banyak yang penasaaran dari melihat foto di twitter atau instagram. Salah satu tempat wisata yang instagramable salah satunya berada di Pangalengan. Nama tempat itu adalah CURUG PANGANTEN PANGALENGAN.

20160501_105133

Curug Panganten Pangalengan

Curug Panganten adalah salah satu air terjun yang berlokasi di Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung. Dinamai Curug Panganten adalah karena bentuknya yang memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan. Karena bentuknya yang berpasangan dan mirip dengan sepasang pengantin di sebuah pelaminan, maka air terjun ini pun dinamai sebagai Curug Panganten.

20160501_103634

20160501_103530

Air Terjun Kembar yang Eksotis di Pangalengan

Selain bentuknya yang unik karena memiliki dua aliran air yang saling berdampingan, air terjun ini juga eksotis, serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Curug Panganten ini berada di balik rimbunnya hutan tropis yang hijau dan berlumut. Untuk mencapai tempat ini kamu akan melewati perkebunan sayur milik warga, lalu melewati hutan tropis yang sejuk.

Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, cuaca disekitar Curug Panganten ini juga sejuk dan menyegarkan. Aliran sungai yang berasal dari Curug Panganten ini juga airnya sangat jernih. Saat memasuki kawasan Curug Panganten, kamu sudah bisa mendengar suara gemuruh dari sungai yang menambah keeksotisan tempat ini.

1462115797966

Fasilitas Curug Panganten Pangalengan

Tak seperti wana wisata alam yang ada di sekitar Pangalengan seperti kawasan Situ Cileunca, Curug Pangalengan ini sangat minim fasilitas umum. Ditempat ini hanya terdapat saung sebagai tempat beristirahat, namun keberadaan dari saung ini pun sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Buat kamu yang ingin pergi ke toilet atau warung, kamu bisa menggunakan toilet di warung kecil milik warga yang berada tak jauh dari Curug Panganten Pangalengan ini.

Tiket Masuk Curug Panganten Pangalengan

Kawasan wisata alam Curug Panganten ini secara administratif belum dikelola secara resmi oleh pihak manapun, baik itu pemerintah negeri, swasta atau pun lembaga Karang Taruna desa setempat. Jadi, untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di kawasan Curug Panganten ini, kamu tidak dikenakan tiket masuk. Cukup bermodal bensin saja untuk kendaraanmu, serta berbekal makanan berat atau makanan kecil yang bisa dimakan selama perjalanan menuju Curug Panganten Pangalengan. Gimana, traveling yang murah meriah bukan?

Lokasi/Alamat Curug Panganten Pangalengan

Secara administratif, Curug Panganten ini berlokasi di Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Panganten Pangalengan

Cukup sulit untuk menemukan Curug Panganten ini karena sepanjang perjalanan menuju kawasan Pangalengan tak ada plang penunjuk arah menuju Curug Panganten. Di GPS atau google maps pun belum tersedia rute menuju Curug Panganten. Walaupun sulit, kamu bisa menuju Curug Panganten Pangalengan ini dengan bermodal patokan tempat khusus atau dengan bertanya kepada warga sekitar.

Patokan yang paling mudah untuk bisa ditempat ini adalah dengan berkendara menuju kawasan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. Star Energy Geothermal ini berada di kawasan Perkebunan Teh Kertamanah, dan Curug Panganten ini berada tak jauh dari Star Energy Geothermal dan masih berada di kawasan Perkebunan Teh Kertamanah.

Jika kamu bertolak dari Kota Bandung, berikut ini adalah rute yang bisa dilalui untuk bisa tiba di Curug Panganten Pangalengan; Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Banjaran – Pangalengan. Selain rute tersebut, kamu juga bisa memilih jalan tanpa melewati kawasan Kopo Sayati yang sering macet, yaitu dengan menyusuri kawasan Moh. Toha yang nantinya akan tembus melewati kawasan Daeyuh Kolot serta Banjaran. Dari Banjaran, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju kawasan Pangalengan.

Setelah berada di kawasan Pangalengan, kamu hanya perlu mencari persimpangan menuju arah Perkebunan Teh Kertamanah. Dari Kertamanah ini kamu hanya perlu meneruskan perjalanan menuju Star Energy Geothermal. Karena Curug Panganten ini berada dekat dengan Star Energy Geothermal, jadi kamu tak perlu sampai tiba di Star Energy Geothermal. Agar tak tersesat selama perjalanan, disarankan saat hampir sampai di kawasan Star Energy Geothermal agar bertanya-tanya kepada warga sekitar menuju arah Curug Panganten, karena di kawasan Kertamanah tidak terdapat satu pun plang penunjuk arah menuju Curug Panganten.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Panganten yang unik dan eksotis ini? Jangan lupa untuk mengajak teman atau travelmate kamu agar perjalanan travelingnya semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: