Tempat Traveling

Curug Cileat Subang (Air Terjun Bertingkat 5 yang Tersembunyi di Subang)

Jika membicarakan mengenai tempat wisata yang ada di Indonesia tidak akan bisa dibahas dalam satu hari. Jangankan membahas secara keseluruhan se-Indonesia. Membahas mengenai satu kota saja sudah memerlukan waktu yang banyak. Indonesia ini sangat kaya, mulai dari wisata alam, city tour, hingga wisata kuliner yang bisa dilakukan saat traveling di suatu kota.

Jika kamu mencari kota yang lengkap, dan cocok untuk dijadikan tempat traveling, kamu bisa memilih Bandung sebagai list yang mesti kamu kunjungi di Indonesia. Bandung yang secara geografis dikelilingi pegunungan menyimpan potensi wisata yang sangat beragam. Tak hanya di Bandung, beberapa kota di sekitar Bandung pun menyimpan potensi wisata yang tak kalah indahnya. Contohnya adalah Subang, kota ini menyimpan tempat wisata alam yang masih asri dan belum terlalu terjamah sehingga masih anti mainstream. Di kota ini terdapat suatu tempat yang terdapat air terjun bertingkat 5 yang setiap air terjunnya memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Nama tempat itu adalah CURUG CILEAT SUBANG.

1461754607269

Curug Cileat Subang

Curug Cileat adalah air terjun tertinggi yang berada di Kabupaten Subang, ditempat ini terdapat 5 buah air terjun yang berbeda dan bisa dijumpai selama perjalanan. Curug Cileat ini memiliki ketinggian ± 100 m dan berada di kawasan Gunung Canggah. Karena letaknya yang berada di kaki gunung, maka untuk bisa menemui air terjun ini kamu harus sedikit menyiapkan tenaga untuk hiking ke kaki Gunung Canggah. Meskipun sedikit sulit untuk bisa mencapai air terjun ini karena akses jalan yang cukup ekstrim, tapi hal itu akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang indah dan bisa melihat beberapa air terjun pembuka sebelum tiba pada Curug Cileat.

1461508192287

1461508133162

Air Terjun Bertingkat 5 yang Tersembunyi di Subang

Curug Cileat ini memiliki banyak keistimewaan, selain pemandangan alamnya yang indah air terjun ini memiliki keunikan yaitu debit airnya yang deras dan besasr, selain itu hembusan dari air terjun ini juga sangat besar. Jika kamu berada di sekitar Curug Cileat, hembusan airnya bisa mencapai radius hampir 50 m, semakin kamu mendekat ke air terjun, maka pakaianmu akan semakin basah.

Yang menjadikan Curug Cileat ini sangat istimewa adalah terdapatnya 5 rangkaian air terjun dan bisa kita jumpai selama perjalanan. Setiap air terjun memiliki karakteristik yang berbeda dengan air terjun lainnya. Bila diruntut satu persatu, berikut adalah urutan air terjun pertama hingga terakhir yang berada di kawasan Curug Cileat;

  1. Curug Citorok

Curug Citorok ini adalah air terjun pertama yang bisa kita jumpai saat memasuki kawasan Curg Cileat. Letak dari Curug Citorok ini adalah berada diatas bukit dan memiliki ketinggian sekitar 70 m. Cukup sulit untuk bisa mencapai Curug Citorok ini karena letaknya yang berada diatas dan medannya yang cukup sulit. Jadi, untuk kamu yang ingin mengambil foto di Curug Citorok ini, kamu bisa mengambilnya dari bawah yang tak terlalu berbahaya.

20160424_142620

  1. Curug Cimuncang

Curug Cimuncang adalah air terjun kedua yang memiliki ketinggian sekitar 80 m. Curug Cimuncang ini berbeda dengan air terjun pertama yang dijumpai sebelumnya. Di Curug Cimuncang ini kamu bisa berfoto dibawah air terjunnya, atau mandi dan menikmati dinginnya dari Curug Cimuncang ini.

20160424_101807

  1. Curug Cimuncang Pasir

Curug Cimuncang Pasir ini adalah air terjun ketiga yang berada di kawasan Curug Cileat. Curug Cimuncang Pasir ini memiliki ketinggian sekitar 90 m. Curug Cimuncang Pasir ini memiliki pemandangan yang sangat hijau, dan bentuk dari air terjunnya pun unik dan berbeda dengan air terjun sebelumnya.

20160424_104514

  1. Curug Anak Cileat

Curug Anak Cileat ini adalah air terjun kecil yang berada disamping Curug Cileat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 m. Keberadaan dari Curug Anak Cileat ini menjadi pemanis Curug Cileat dan menambah keindahan apabila berfoto didepan Curug Cileat.

  1. Curug Cileat

Curug Cileat adalah air terjun utama yang berada di kawasan Gunung Canggah. Belum ada informasi yang jelas kenapa air terjun ini dinamakan Curug Cileat. Curug Cileat ini memiliki ketinggian sekitar 150 m. Curug Cileat ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh air terjun lainnya yang berada di kawasan Subang. Hembusan air dari air terjun ini sangat kuat, sehingga bisa membasahi pakaian para pengunjung yang berada di dekat Curug Cileat ini.

1461754530147

Fasilitas Curug Cileat Subang

Jika dilihat dari segi fasilitas, Curug Cileat ini tidak memiliki fasilitas apapun selain 5 rangkaian air terjun yang bisa kita jumpai. Di tempat ini hanya terdapat plang penunjuk arah saja. Tapi, di tengah perjalanan menuju Curug Cileat, kamu akan menemui lapangan luas yang terdapat sawah. Ditempat ini terdapat beberapa warung dan toilet umum milik warga setempat yang bisa kamu gunakan untuk membeli makanan dan minuman serta keperluan MCK.

Tiket Curug Cileat Subang

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan 5 rangkaian air terjun yang ada di kawasan wisata Curug Cileat, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket sebesar 7.000 rupiah/orang. Gimana, wisata alam yang murah meriah kan?

Lokasi/Alamat Curug Cileat Subang

Secara administratif Curug Cileat ini berada di Kampung Cibago, Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cileat Subang

Curug Cileat ini berada sekitar ± 36 Km dari arah Kota Subang kea rah Selatan atau sekitar ± 63 Km dari Kota Bandung ke arah utara. Berikut adalah rutenya; Kota Bandung – Subang (melewati kawasan Pemandian Air Panas Sariater) – Jalan Cagak (Monumen Nanas) – Desa Kasomalang (melewati Pabrik Aqua) – Desa Cisalak – Desa Gardu Sayang – Desa Mayang – Desa Cibago.

Jika bertolak dari Kota Bandung, rute yang harus diambil adalah mengarahkan kendaraan ke kawasan Subang, dengan sebelumnya melewati kawasan Pemandian Air Panas Sariater. Dari Sariater kembali arahkan kendaraan menuju kawasan bundaran Jalan Cagak yang terdapat monumen buah nanas. Setelah tiba di Jalan Cagak arahkan kendaraanmu menuju kawasan Desa Kasomalang. Setelah tiba di Desa Kasomalang, arahkan kendaraan menuju Desa Cisalak, setelah itu desa terakhir, Desa Gardu Sayang.

Di desa Gardu Sayang ini terdapat belokan yang terdapat plang kecil dan menunjukan arah menuju Curug Cileat. Ikuti jalan tersebut sampai melewati Kantor Kelurahan Desa Mayang. Dari Desa Mayang ini lanjutkan perjalanan menuju Desa Cibago. Desa Cibago ini adalah desa terakhir dimana Curug Cileat ini berada. Setelah tiba di Desa Mayang, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di tempat parkir kendaraan yang tersedia di kawasan wisala alam Curug Cileat. Dari tempat parkir ini kamu hanya bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 5 Km menuju Curug Cileat dengan menyusuri kaki Gunung Canggah.

Gimana tertarik untuk datang dan bermain di kawasan wisata alam Curug Cileat ini? Jangan lupa ajak teman atau partner traveling agar perjalananmu tak membosankan dan semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

8 thoughts on “Curug Cileat Subang (Air Terjun Bertingkat 5 yang Tersembunyi di Subang)

  1. Sedikit mengoreksi rute dari jalan cagak tidak melewati tanjung siang melainkan melewati kasomalang dan cisalak baru desa gardusayang 🙂

  2. Wah…jadi teringat masa muda… Waktu SMA pernah rame-rame ke Curug Cileat bareng teman-teman sekelas. Dulu sih belum ada tiket masuk, secara lokasinya belum banyak dikenal orang. Kapan ya bisa hiking ke sana lagi. Maklum udah emak-emak mah repot

  3. Jadi inget waktu sekolah, bareng temen2 dari kampung. sayang sekali waktu dulu tidak diabadikan di hp soalnya belum seperti saat ini. Hasil Kodak pun tidak ada karena foto nya pada rusak gegara lawas. Someday will come again!!

  4. yach …saya mah ga kesampaian nyampe curugnya keburu kemaleman jadi balik lg maklum bawa anak istri kesian mereka , tp alhamdulilah terobati sudah rasa penasarannya setelah ngeliatnya , thank gan fhoto -fhotonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s